Faktor apa saja yang mempengaruhi ketahanan pangan suatu negara?

Ketahanan Pangan

Kak izin bertanya, faktor apa saja sih kak yang bisa mempengaruhi ketahanan pangan?
Terima kasih kak

1 Like

Faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan itu meliputi:

  • Cuaca Iklim
    Kondisi cuaca iklim sangat memengaruhi stok pangan nasional. Kadang saat kekeringan beberapa lahan padi gagal panen sehingga harga menjadi naik di pasaran karena stok menipis.

  • Rantai Distribusi
    Mata rantai distribusi pangan yang rumit menjadi salah satu faktor sering terjadinya kekosongan stok pangan saat hari-hari tertentu. Ini adalah ulah spekulan yang sengaja menimbun barang agar harga menjadi naik dan mendapat keuntungan.

  • Pendapatan
    Tingkat pendapatan masyarakat sangat memengaruhi kondisi ketahanan pangan. Masyarakat berpengasilan menengah ke atas tentu akan lebih mudah mengakses bahan pangan berkualitas setiap hari.

Sementara dalam penelitian yang dilakukan oleh Sulistyowati (2014) tentang faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan rumah tangga miskin menyatakan bahwa faktor jenis kelamin dan jenis pekerjaan tidak berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan pangan RTM antara lain umur kepala RTM, status perkawinan, jumlah anggota keluarga dan pendapatan. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi ketahanan pangan RTM yaitu jumlah anggota keluarga dan pendapatan rumah tangga.

1 Like

Sebenernya banyak aspek yang akan mempengaruhi ketahanan pangan sendiri,

  • Pertama kondisi ekonomi, politik, sosial dan keamanan. kalauu keempat aspek tersebut bisa berjalan baik, pasti baik juga untuk ketahanan pangan. namun jika sebaliknya, maka juga bisa merugikan bagi ketahanan pangan.

  • Kedua, yaitu sarana prasarana. Tanpa adanya sarana dan prasarana publik yang baik, proses pendistirbusian komoditas pangan tentu akan mengalami hambatan.

  • Ketiga ada teknologi, penggunaan teknologi dapat digunakan pada saat proses tanam hingga masa panen komoditas pangan. Teknologi dalam rekayasa pangan juga diperlukan dalam hal ini untuk mengembangkan varietas unggul dalam pengadaan komoditas pangan.

  • Keempat ada pengadaan lahan yg tepat karena juga menjadi faktor utama dalam menjaga ketahanan pangan. Jumlah lahan yang memadai dapat memungkinkan produktivitas komoditas pangan tercukupi. Sebaliknya, jika lahan ini semakin menurun maka stabilitas pangan juga dapat terganggu.

  • Terakhir ada iklim dan cuaca apabila keduanya dalam keadaan baik maka petani bisa menghasilkan produktivitas pertanian lebih dan persediaan pangan yang memadai. Namun, sebaliknya ketika cuaca dan iklim dalam keadaan buruk tentu hal ini akan merugikan petani dan mengganggu stabilitas ketahanan pangan.

Semoga bisa sedikit membantu:)

2 Likes

Izin membantu menjawab kak… faktor-faktor yang mempngaruhi ketahanan pangan suatu negara antara lain adalah :

  1. Luas lahan, semakin banyak luas lahan untuk pertanian maka ketahanan pangan suau negara itu akan semakin baik, hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan dan penyebaran penduduk

  2. cuaca dan iklim, kegiatan pertanian di suatu daerah sangat bergantung pada kondisi cuaca dan iklimnya, bisa menyebabkan gagal panen atau atau paceklik jika iklim dan cuacanya tidak sesuai

  3. Teknologi dan Sumber Daya Manusia, kemajuan teknologi yang canggih dan berkembangnya SDM akan mempengaruhi produktivitas pertanian, sehingga menghemat biaya dan waktu. sekian kak:)