© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan protein pada ikan?

Protein

Protein adalah salah satu zat makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan senyawa organik kompleks polipeptida yang disusun oleh senyawa sederhana yang disebut asam amino.

1 Like

Protein merupakan suatu zat makanan yang memegang peranan sangat penting di dalam tubuh makhluk hidup. Selain berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh, protein juga berfungsi sebagai zat pembangun dan pembentuk sel-sel baru, sumber energi, pengganti sel maupun jaringan yang rusak, menjaga keseimbangan asam dan basa, serta bahan pembentuk enzim, hormon, dan zat pigmentasi.

Ikan membutuhkan protein dalam kadar yang sangat tinggi sebagaimana mahluk vertebrata lainnya. Kebutuhan protein tersebut berbeda-beda untuk masing-masing ikan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan ikan akan protein antara lain suhu, umur, spesies, kandungan asam amino, dan kecernaan.

Suhu perairan yang lebih tinggi dari pada suhu tubuh ikan menyebabkan ikan memerlukan energi yang lebih sedikit, tetapi memerlukan protein yang lebih banyak.

Faktor umur juga mempengaruhi jumlah konsumsi protein dimana ikan muda memerlukan protein untuk pertumbuhan yang lebih banyak dibanding ikan yang lebih tua.

Perbedaan kebutuhan protein juga berbeda pada tiap spesies ikan, kandungan asam amino dalam protein, kecernaan protein hewani yang lebih mudah dicerna dibandingkan dengan protein nabati.