Faktor Apa Saja yang Membentuk Perilaku Sosial?

perilaku sosial
Perilaku sosial adalah aktivitas fisik dan psikis seseorang terhadap orang lain atau sebaliknya dalam rangka memenuhi diri atau orang lain yangs yesuai dengan tuntutan sosial. Faktor Apa Saja yang Membentuk Perilaku Sosial ?

Faktor-faktor Pembentuk Perilaku Sosial


Baron dan Byrne (1991: 188) dalam Rusli Ibrahim, (2001:25) berpendapat bahwa ada empat kategori utama yang dapat membentuk perilaku sosial seseorang, yaitu :

  • Perilaku dan karakteristik orang lain
    Jika seseorang lebih sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter santun, ada kemungkinan besar ia akan berperilaku seperti kebanyakan orang-orang berkarakter santun dalam lingkungan pergaulannya. Sebaliknya, jika ia bergaul dengan orang-orang berkarakter sombong, maka ia akan terpengaruh oleh perilaku seperti itu. Pada aspek ini guru memegang peranan penting sebagai sosok yang akan dapat mempengaruhi pembentukan perilaku sosial siswa, karena ia akan memberi pengaruh yang cukup besar dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sesuatu perubahan.

  • Proses kognitif
    Ingatan dan pikiran yang memuat ide-ide, keyakinan dan pertimbangan yang menjadi dasar kesadaran sosial seseorang akan berpengaruh terhadap perilaku sosialnya.

  • Faktor lingkungan
    Lingkungan alam terkadang dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang. Misalnya orang yang berasal dari daerah pantai atau pegunungan yang terbiasa berkata keras, maka perilaku sosialnya seolah keras pula ketika berada di lingkungan masyarakat yang terbiasa lembut dan halus dalam bertutur kata.

  • Latar budaya sebagai tempat perilaku dan pemikiran sosial itu terjadi