Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesuksesan Quantitatvie Risk Analysis?

analisisi risiko

Perform Quantitatvie Risk Analysis merupakan proses analisa risiko numerik terhadap dampak secara keseluruhan yang didapat dari keseluruhan proyek. Dalam penerapannya, untuk mencapai kesuksesan dalam proses analisis risiko kuantitatif tentu ada hal-hal yang harus dilakukan. Hal tersebut, nantinya dapat mempengaruhi kesuksesan.

Lalu, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesuksesan Perform Quantitatvie Risk Analysis?

1 Like

Faktor yang mempengaruhi pencapaian kesuskesan dalam proses Perform Quantitative Risk Analysis ada enam, yaitu :

  1. Prior risk identification and qualitative risk analysis (Identifikasi risiko sebelumnya dan analisis risiko kualitatif)

    Pada tahap ini, dilakukan Perform Quantitative Risk Analysis Process (proses analisis risiko kuantitatif) yang dikerjakan setelah mengidentifikasi risiko dan melakukan proses analisis risiko secara kualitatif. Dimana hal tersebut dilakukan berdasarkan referensi pada daftar prioritas risiko yang telah diidentifikasi kemudian memastikan bahwa dalam melakukan proses analisis risiko kuantitatif maka harus mempertimbangkan semua risiko yang signifikan pada saat melakukan analisis.

  2. Appropriate project model (Model proyek yang tepat)

    Model proyek yang sering digunakan mencakup jadwal proyek, cost estimates of line items, pohon keputusan (decision trees) dan model proyek total lainnya. Untuk membuat model proyek yang tepat dibutuhkan rasa sensitif terhadap kelengkapan dan kebenaran model proyek.

  3. Commitment to collecting high-quality risk data (Komitmen untuk mengumpulkan data risiko berkualitas tinggi)

    Biasanya, data yang berkualitas tinggi yang terkait dengan risiko tidak tersedia dalam historis basis data apapun dan harus dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, lokakarya (workshop), dan dengan menggunakan penilaian ahli. Dimana dalam mengumpulan data risiko maka dibutuhkan waktu yang cukup dan adanya dukungan manajemen.

  4. Unbiased Data (Data Tidak Rinci)

    Untuk melakukan pengumpulan data agar mendapatkan data yang rinci dan dapat mencapai keberhasilan pada proyek maka harus dilakukan wawancara, lokakarya, dan penilaian ahli (expert judgements).

  5. Overall project risk derived from individual risks (Risiko proyek secara keseluruhan berasal dari risiko individu)

    Untuk melakukan analisis kuantitatif risiko maka harus didasarkan pada metodologi yang tepat, dengan mengambil keseluruhan risiko proyek dari risiko individu yang telah didapatkan.

  6. Interrelationships between risks in quantitative risk analysis (Hubungan timbal balik antara risiko dalam analisis risiko kuantitatif)

    Penyebab umum dari risiko bersama dapat diatasi dengan menghubungkan risiko yang terkait dengan menggunakan daftar risiko dan melampirkannya ke beberapa elemen proyek.

Sumber :
Chapter 11 - Perform Quantitative Risk Analysis
Perform Quantitative Risk Analysis
Practice Standard for Project Risk Management

1 Like

Adapun beberapa faktor yang menjadi penentu kesuksesan atau keberhasilan dalam melakukan proses analisis risiko secara kuantitatif, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Identifikasi risiko sebelumnya dan menganalisis risiko
    Beberapa hal yang dilakukan diantaranya adalah :

    • melakukan proses analisis risiko setelah mengidentifikasi risiko tersebut
    • mereferensi ke daftar prioritas risiko yang teridentifikasi serta memastikan bahwa proses analisis risiko kuantitatif akan mempertimbangkan semua risiko tersebut
  2. Model proyek yang tepat
    Model yang sering digunakan adalah project schedule, perkiraan biaya item-line, decision tree, dan model yang lain

  3. Data yang tidak bias
    Pengumpulan data mengenai risiko saat melakukan proses wawancara dan pertimangan dari ahli.

  4. Risiko proyek berasal dari risiko individu
    Proses analisis risiko kuantitatif didasarkan pada metodologi yang benar dalam mengambil risiko proyek secara keseluruhan dari suatu risiko individu.

  5. Hubungan timbal balik antara risiko dalam analisis risiko kuantitatif

    • tentukan akar penyebab risiko yang mungkin terjadi dengan menghubungkan risiko yang terkait
    • menggunakan daftar risiko dan melampirkannya ke beberapa elemen proyek

Perform quantitative risk analysis