Faktor Apa Saja yang Dapat Memelihara Keseimbangan Hubungan Interpersonal?

hubungan interpersonal
Faktor Apa Saja yang Dapat Memelihara Keseimbangan Hubungan Interpersonal ?

Ada empat faktor yang dapat memelihara keseimbangan hubungan interpersonal:

  • Keakraban. Keakraban adalah pemenuhan kebutuhan akan kasih sayang, hubungan interpersonal akan terpelihara apabila kedua belah pihak sepakat tentang tingkat keakraban yang diperlukan. Menurut Argyle jika dua orang melakukan tingkat keakraban yang berbeda akan terjai ketidakserasian dan kejanggalan. Keakraban bisa terjadi apabila kedua belah pihhak sepakat tentang tingkat keakraban yang diperlukan.

  • Kontrol. Kesepakatan tentang siapa yang akan mengontrol siapa, dan jika dua orang mempunyai pendapat yang berbeda sebelum mengambil keputusan untuk siapa yang lebih dominan dalam suatu kelompok. Konflik terjadi pada umumnya dikarenakan jika masing-masing ingin berkuasa dan tidak ada pihak yang mau mengalah.

  • Ketepatan respons. Respons adalah ketetapan dalam memberikan tanggapan, hukum alam mengatakan kalau ada aksi pasti ada reaksi. Dalam percakapan misalnya pertanyaan harus disambut dengan jawaban, bercanda harus disambut dengan tertawa. Karena jika tidak tepat dalam merespons akan mengakibatkan keretakan huubungan interpersonal.

  • Keserasian suasana emosional. Ketika dua orang melakukan komunikasi dengan suasana yang berbeda besar kemungkinan salah satu pihak mengakhiri interaksi atau mengubah suasana emosi. Ketika berlangsungnya komunikasi adalah faktor berikutnya yang diperlukan dalam memelihara hubungan interpersonal.

Terdapat lima domain kompetensi interpersonal yang digunakan untuk mempertahankan hubungan dalam jangka waktu lama menurut Burhmeister:

  • Initiative. Initiative adalah usaha untuk memulai suatu bentuk interaksi dengan orang lain atau dengan lingkungan sosial yang lebih besar, dengan demikian pengertian inisiatif selalu diarahkan baik kepada penciptaan hubungan interpersonal yang baru dengan seseorang yang belum atau baru dikenal maupun tindakan-tindakan yang dapat membantu mempertahankan hubungan yang telah dibina.

  • Negative assertion. Negative assertion adalah kemampuan untuk mempertahankan diri dari tuduhan yang tidak benar, atau tidak adil, kemampuan untuk mengatakan tidak terhadap permintaan-permintaan yang tidak masuk akal, dan kemampuan untuk meminta pertolongan atau bantuan saat diperlukan.

  • Disclosure. Disclosure adalah pengungkapan bagian dalam diri yaitu berupa ide-ide, pendapat, minat, pengalaman-pengalaman dan perasaannya kepada orang lain. dengan hanya menumpan ide-ide yang kita miliki maka akan membuat hubungan semakin tidak berkembang. Self disclosure dapat merubah suatu perkenalan yang awalnya tidak mendalam menjadi akrab.

  • Emotional support. Emotional support adalah ekspresi perasaan yang memperlihatkan adanya perhatian, simpati, dan penghargaan bagi orang lain. kompetisi ini juga menyangkut kemampuan untuk menenangkan dan memberikan perasaan nyaman kepada orang lain yang sedang dalam kondisi tertekan dan bermasalah. Kemampuan ini erat kaitannya dengan afeksi dan empati.

  • Conflict management. Conflict management adalah cara atau strategi untuk menyelesaikan adanya pertentangan dengan orang lain yang mungkin terjadi saat melakukan hubungan interpersonal. Walaupun konflik dapat merusak hubungan interpersonal, tapi ada cara-cara yang dapat digunakan untuk mengendalikan hal-hal tersebut. Konflik dapat disalurkan dan dibangun secara konstruktif sehingga meningkatkan hubungan antar pribadi.