Faktor apa saja penyebab seseorang memiliki kepribadian ganda?

Kepribadian ganda

Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif adalah kondisi di mana seorang individu memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya gangguan ini disebabkan oleh kejadian traumatis yang dialami individu tersebut di masa kecilnya.

Apa penyebab seseorang memiliki kepribadian ganda ?

1 Like

Dissociative identity disorder atau pemecahan kepribadian atau yang lebih dikenal dengan kepribadian ganda, adalah adanya dua atau lebih kepribadian yang terpisah dan berbeda pada seseorang. Setiap kepribadian memiliki pola perilaku, hubungan dan memori masing-masing. Kepribadian yang asli dan pecahannya terkadang dapat menyadari adanya periode waktu yang hilang dan adanya kepribadian yang lain. Suara dari kepribadian yang lain sering bergema masuk ke kesadaran mereka tapi tidak diketahui milik siapa. Jarak dalam memori mungkin terjadi jika suatu kepribadian tidak berkaitan dengan kepribadian yang lain. Biasanya muncul di awal masa kanak-kanak karena adanya trauma berat yang terjadi pada masa kanak-kanak tersebut (Zulkaida, 2004).

Dalam kasus dissociative identity disorder , kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus.

Penyebab Kepribadian Ganda


Kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur dirinya sendiri dari sesuatu yang menyakitkan dengan cara menciptakan kepribadian lain untuk menampung semua perasaannya. Ada kepribadian yang tahu tentang peristiwa traumatiknya dan ada juga kepribadian yang sama sekali tidak mengetahui peristiwa traumatik itu. Akhirnya mereka terbiasa untuk saling melindungi diri dari masalah dengan cara menggonta-ganti kepribadiannya hingga mereka tumbuh dewasa. Jika ada masalah baru, itu artinya ada kepribadian yang baru juga.

Tanda-tanda awal penyakit ini dapat muncul sejak remaja atau pada usia 20 tahun. Gejala-gejala dari kepribadian ganda adalah Beberapa tingkah laku atau sikap yang tidak mirip satu sama lain, hilang ingatan, depresi, trauma, fobia, marah tanpa sebab, sering panik, tertutup dan jarang bersosialisasi dengan orang sekitar.

Faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya kepribadian ganda atau dissociative identity disorder adalah kekerasan fisik atau pelecehan seksual dimasa kecil atau trauma masa kecil, kemampuan bawaan untuk memisahkan antara kenangan atau pengalaman dari kesadaran, proses yang terjadi berulang kali pada waktu yang berbeda sehingga mengembangkan kepribadian yang berbeda yang berisi berbagai memori dan melakukan fungsi yang berbeda, dan Menurut Universitas kedokteran Hanover di Jerman, bermain game di internet secara berlebihan dengan menggunakan personalitas rekaan juga dapat menyebabkan gangguan kepribadian ganda karena permainan tersebut dapat menimbulkan depresi dan kegelisahan yang merupakan salah satu dari gejala-gejala terjadinya kepribadian ganda atau dissociative identity disorder .

Universitas tersebut memperlihatkan satu contoh pada seorang pasien wanita yang telah bermain games di Internet selama beberapa jam sehari dengan periode lebih dari tiga bulan dan menggunakan berbagai personalitas yang berbeda. Menurut Bert de Wildt (2007), Selama waktu itu tokoh-tokoh rekaan secara lambat laun mengambil alih personalitas yang telah diabaikan. Pasien tersebut kehilangan kendali atas identitas dan kehidupan sosial miliknya sendiri.