[Fakta] Virus Corona Menular Melalui Uang Tunai

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Virus Corona juga bisa bertahan hidup di permukaan benda dan menyebabkan kontaminasi silang pada orang yang menyentuh benda tersebut. Oleh karena itu, Organisasi kesehatan dunia (WHO) menghimbau kita agar menghindari benda yang sering disentuh oleh banyak orang, seperti gagang pintu dan meja. Kita juga dihimbau untuk mengurangi transaksi menggunakan uang tunai. Jika terpaksa melakukannya, kita harus segera mencuci tangan, termasuk setelah memegang uang. Apakah hal tersebut Hoax atau Fakta?

Menurut saya hal tersebut adalah Fakta

Berdasarkan informasi yang saya baca uang merupakan salah satu benda yang sering bersentuhan dengan manusia karena itu uang bisa saja membawa virus, maka ketika kita menyentuh uang yang terkontaminasi dengan virus kemudian menyentuh area hidung dan mulut kita maka kita bisa tertular virus dari uang tersebut.

Sumber : https://health.kompas.com/read/2020/04/13/080000368/bisakah-covid-19-menular-lewat-uang-tunai-?page=all

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan uang kertas berpotensi menyebarkan virus Corona baru atau COVID-19, sehingga orang harus mencoba pembayaran tanpa kontak fisik. Ia juga harus mencuci tangan setelah menyentuh uang kertas, karena COVID-19 yang infeksius dapat menempel di permukaan selama beberapa hari.

Baca selengkapnya di artikel “Benarkah Virus Corona COVID-19 Menyebar Lewat Uang Kertas?”, https://tirto.id/eJgT

WHO sudah memperingatkan untuk berhenti menggunakan uang kertas dan melakukan pembayaran dalam bentuk non kontak sebagai gantinya untuk mencegah penyebaran virus corona yang terus meningkat. WHO juga menyarankan orang-orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang tunai karena virus corona dapat hidup pada permukaan uang selama beberapa hari.

Sumber:https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-uang-tunai-jadi-media-penyebaran-virus-corona

Menurut saya iya, karena para ahli kesehatan percaya virus corona juga bisa ditularkan melalui permukaan benda yang sering disentuh, termasuk uang. Apalagi, virus asal Wuhan ini bisa bertahan di permukaan benda selama 10 hari.
baca: https://health.kompas.com/read/2020/04/13/080000368/bisakah-covid-19-menular-l