Fakta menarik apa saja yang terdapat dalam pembuatan Animasi Stop Motion ?

Animasi Stop motion

Animasi Stop motion adalah teknik animasi yang digunakan untuk membuat objek yang diam, dengan melakukan manipulasi secara fisik, agar terlihat sedang bergerak.

Fakta menarik apa saja yang terdapat dalam pembuatan Animasi Stop Motion ?

Berikut ini fakta-fakta menarik dalam pembuatan stop motion:

1. Setting Tempat

Set dibuat sedetail dan semirip mungkin dengan dunia nyata melalui penyesuaian skala, maka diperlukan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi demi menyempurnakan set yang diinginkan. Proses tersebut tentunya harus disesuaikan dengan skala karakter dalam film.

2. Teknologi 3D Printing

Teknologi ini berfungsi untuk memudahkan animator dalam menghidupkan karakter. 3D Printing ini dapat menghemat waktu pewarnaan dan memberikan kesan yang lebih hidup pada setiap karakter.

3. Boneka karakter yang berbeda

Setiap ekspresi memerlukan boneka karakter yang berbeda, jumlahnya bahkan bisa mencapai ratusan. Jumlah tersebut tergantung pada setiap ekspresi wajah karakter yang diinginkan.

4. Setiap karakter menggunakan kerangka besi

Beberapa karakter menggunakan kerangka besi yang dilengkapi engsel untuk memudahkan pergerakan.

5. Menggunakan teknik stop motion

Dengan memanfaatkan teknik stop motion, pengambilan gambar hanya dilakukan secara manual dengan menggunakan kamera dan tripod kecuali untuk efek visual tambahan.

6. Menggunakan format 24 Frame per Second

Dalam satu detik, seorang animator harus menggunakan 24 kali gerakan foto. Nah, tinggal kalikan saja jika film tersebut berdurasi 1-2 jam.

7. Karakter yang dibuat menggunakan ‘claymation’

Plastisin tersebut dicetak sehingga menghasilkan bentuk karakter yang diinginkan. Hal tersebut membuat banyak orang menyebut animasi stop motion 3D ini dengan sebutan “claymation” yang merupakan singkatan dari clay animation.