Fakta-fakta apa saja yang menarik tentang planet Mars ?

planet Mars

Planet Mars sering disebut dengan “planet merah”, karena warna planet tersebut berwarna merah. Fakta-fakta apa saja yang menarik tentang planet Mars ?

Pernah terjadi Tsunami Dahsyat di Mars

tsunami di mars

Sudah banyak penelitian yang diperoleh oleh tim astronom dari pesawat robotika – seperti Curiosity dan Opportunity milik NASA. Mulai dari lembah, sungai, dan gletser yang tertimbun adalah segelintir temuan ilmiah yang mengindikasikan Mars dulunya mengandung air.

Belakangan tim peneliti mengatakan telah menemukan bukti bahwa dulunya pernah terjadi tsunami di Mars. Bukti itu diyakini bisa mendukung pemikiran mengenai lenyapnya lautan Mars, serta menjelaskan variabel garis pantai di sana.

“Kami sempat mencoba menemukan garis pantai di Mars seperti yang biasa kita lihat di Bumi. Namun tidak bisa ditemukan karena garis pantai di Mars tertimbun di bawah endapan tsunami,” ucap ilmuwan dari Planetary Science Institute di Tucson, Alexis Rodriguez, seperti dikutip dari Scientific American.

Rodriguez yang memimpin penelitian ini bersama timnya menggunakan citra satelit untuk mengidentifikasi endapan tebal batu besar dan lumpur yang diyakini sebagai sisa dua tsunami.

Tim Rodriguez meyakini, dua tsunami tersebut terjadi secara terpisah beberapa juta tahun. Keduanya juga dipercaya menyerang daratan Planet Merah sekitar 3,5 miliar tahun lalu.

Awal mula mereka bisa yakin bahwa itu adalah bekas dari tsunami berawal dari rasa penasaran terhadap banyaknya kawah yang tersebar di dataran rendah di bagian utara permukaan Mars.

“Temuan endapan tsunami ini semakin menguatkan bukti keberadaan lautan Mars di masa kuno. Tsunami yang terjadi di sana sangat besar. Kira-kira tingginya 50 meter, namun di sejumlah lokasi tsunami Mars bisa saja mencapai 120 meter,” terang Rodriguez.

Menurutnya, kawasan permukaan yang dilanda tsunami pada masa lampau juga sangat luas. “Tiap kawasan yang terkena gelombang tsunami secara kasar luasnya setara California, Nevada, dan Oregon digabungkan,” imbuhnya. Sebagai tambahan, tim Rodriguez juga menjelaskan bahwa penyebab “paling masuk akal” dari tsunami raksasa kala itu adalah hantaman asteroid dan komet ke lautan Mars. Penelitian ini pun dianggap penting sebab tsunami dianggap mampu memberikan informasi penting mengenai kondisi kelayakan huni Mars di masa lampau.

Sumber :