[ Fakta ] Coklat bisa memperbaiki mood

image

Cokelat atau Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao.
Banyak sekali orang yang gemar mengkonsumsi coklat, apalagi pada saat mood sedang hancur. Nah kebanyakan orang mempercayai bahwa mengkonsumsi coklat bisa memperbaiki mood. Apakah benar dengan mengkonsumsi coklat bisa memperbaiki mood ? :chocolate_bar:

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

Berdasarkan penelitian, coklat, terutama coklat hitam mampu merangsang produksi endorphin yaitu sebuah bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Selain itu, kandungan serotonin, dan antidepresan yang ada pada coklat dapat meningkatkan mood seseorang.

Penelitian terbaru dari University College London terhadap lebih dari 13.000 orang, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi coklat hitam dalam dua kali 24 jam, lebih kecil kemungkinannya untuk melaporkan gejala depresi yang relevan secara klinis dibandingkan mereka yang tidak makan cokelat sama sekali. Atau dalam bahasa non-riset, makan cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Hal tersebut terjadi karena cokelat hitam mengandung bahan psikoaktif yang memberikan hasil rasa-baik, yaitu dengan adanya phenylethylamine, sebuah neuromodulator yang membantu mengatur suasana hati.

Setau saya, coklat memiliki kandungan untuk meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh. Hormon endorphin adalah hormon yang dapat meningkatkan kebahagiaan, memperbaiki mood, dan memperbaiki suasana hati.

Hal itu termasuk FAKTA.

Di dalam cokelat, terdapat kandungan zat psyhcoactive, dimana zat ini dapat merangsang kinerja otak dan memberikan sensasi bahagia bagi yang megonsumsinya.
sumber : https://linisehat.com/kenapa-cokelat-bisa-jadi-mood-booster-ya/

Coklat terbukti dapat membuat perasaan dan suasana hati menjadi tenang bahkan hingga memperbaiki suasana hati seseorang. Berikut ulasan yang diberikan oleh Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Karena ada kandungan tertentu jadi bisa memicu hormon yang membuat rasa bahagia kalau gak salah. CMIIW

Beberapa kandungan atau fakta-fakta lain tentang coklat sudah dipaparkan oleh beberapa teman-teman yang ada. Sedikit testimoni saya sih membenarkan bahwa coklat bisa memperbaiki mood. Saya termasuk orang yang moodnya gampang berubah-ubah. Jika mood saya sedang buruk biasanya saya akan memakan beberapa coklat dan ini sudah menjadi kebiasaan bagi saya.

Fakta
Menurunnya tingkat kecemasan disebabkan oleh feniletilamin dan anandamide yang
terkandung dalam cokelat dapat merangsang otak untuk memproduksi dopamin dan
melepaskan lebih banyak senyawa β-endorphine yang mendorong timbulnya rasa senang.
Kandungan lain yang dimiliki cokelat adalah asam amino triptofan yang berkaitan dengan
kadar serotonin pada otak.
Triptofan merupakan prekursor neurotransmiter serotonin yang
mempengaruhi mood dan suasana hati

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/viewFile/18591/17671