Fakta Atau Mitos Anak Sulung Benar-Benar Berbakat Menjadi Pemimpin?

d85b28039a60941ae3ecff4f04451a6c

Semua orang tahu bahwa anak pertama adalah pemimpin alami, anak tengah adalah pemberontak, dan anak terakhir cenderung manja, tapi percaya diri. Ini kata orang-orang.

Tapi, apakah ini benar? Dan dari mana gagasan ini berasal?

(Apakah anak sulung benar-benar berbakat menjadi pemimpin?)

Fakta. Menurut saya, anak sulung lebih bisa menjadi pemimpin atau panutan untuk adik-adiknya. Sebab anak sulung kerap kali selalu mendapat didikan yang lebih keras dari kedua orang tuanya yang membentuk anak sulung menjadi pribadi yang tidak gampang menyerah dalam situasi dan kondisi apapun. Orang tua juga menjadi peran utama dalam pembentukan karakter anak sulung, dimana pola asuh orang tua sangat berpengaruh dan berpotensi untuk tumbuh kembangnya karakter seorang anak. Dengan begitu anak sulung yang menjadi panutan untuk adik-adiknya akan senantiasa mengikuti baik secara prestasi ataupun apapun yang ditonjolkan anak sulung. Tidak heran, terkadang anak sulung selalu menjadi ujung tombak untuk jadi panutan kepada adik-adiknya untuk mengikuti jenjangnya.

Menurutku bukan ke berbakat. Tapi lebih ke sudah mengalami atau berpengalaman sebagai leader, setidaknya untuk adik-adiknya. Jadi bisa saja menjadi seorang leader secara natural.

Karena untuk di dunia luar keluarga sendiri, saya sendiri hampir jarang menemukan bahwa seorang yang memiliki leadership yang baik itu merupakan seorang anak sulung, dan hampir selalu diabaikan faktor urutan kelahiran tersebut.