[Fakta atau Hoax] Tidur Dengan Lampu Menyala Mengganggu Kesehatan, Benarkah?

Sebagian besar orang mungkin lebih nyaman tidur dengan lampu padam. Namun, ada sejumlah orang yang takut dengan kegelapan, sehingga mereka lebih nyaman tidur dengan lampu menyala. Namun, banyak yang mengatakan tidur dengan lampu yang menyala bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti kanker. Apakah informasi tersebut berupa fakta atau hoax?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Melansir dari Sleep foundation, paparan cahaya merangsang jalur saraf dari mata ke bagian otak yang mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lain yang berperan untuk membuat kamu merasa mengantuk atau terjaga. Akibatnya, tidur dengan lampu menyala mempersulit kamu untuk tidur nyenyak. Selain itu, tidur dengan lampu menyala mendatangkan masalah kesehatan berikut ini. Efek Samping dari Tidur dengan Lampu Menyala
Paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Selain dari mempengaruhi otak, kurang tidur nyenyak akibat lampu menyala dikaitkan dengan efek samping berikut ini:

Depresi
Tidur dengan lampu menyala berkaitan langsung dengan depresi. Alasannya, cahaya biru dari perangkat elektronik menimbulkan efek negatif untuk suasana hati. Kurang tidur dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah pada orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak, kurang tidur bisa membuat mereka lebih hiperaktif.
Obesitas
Studi yang dipublikasikan dalam National Institutes of Health menunjukan, obesitas cenderung dialami oleh wanita yang kerap tidur dengan televisi atau lampu menyala. Sebanyak 17 persen partisipan studi juga menunjukkan, berat badan bisa meningkat hampir lima kilo dalam satu tahun. Namun, lampu di luar ruangan tidak menimbulkan efek yang signifikan seperti lampu yang ada di dalam kamar.

Salah satu penyebab obesitas yang disebabkan oleh kurang tidur adalah asupan makanan. Semakin sedikit tidur yang didapatkan, maka semakin banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat memengaruhi waktu makan, di mana seseorang cenderung makan larut malam yang otomatis dapat menambah berat badan.
Kurang Waspada
Tidak mendapatkan tidur yang berkualitas juga bisa membuat seseorang kurang waspada. Hal ini tentu berbahaya jika seseorang perlu mengendarai mobil atau menggunakan jenis mesin lainnya. Pada lansia, mereka rentan terjatuh apabila kurang mendapatkan tidur yang berkualitas.

Peningkatan Risiko Penyakit Kronis
Tidur dengan lampu menyala dalam jangka panjang bisa menempatkan seseorang pada risiko penyakit kronis. Ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes melitus.
Referensi :https://www.halodoc.com/artikel/dampak-kesehatan-akibat-tidur-dengan-lampu-menyala