[Fakta atau Hoax] Radiasi Handphone Dapat Mengecilkan Otak?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Dikutip dari halodoc.com, di era yang serba digital seperti sekarang ini, tidak asing lagi kalau melihat anak-anak yang sudah mahir bermain gadget. Para orangtua jaman sekarang pun tidak ragu memfasilitasi handphone untuk anak-anak mereka. Sayangnya, dampak radiasi handphone masih sering diabaikan oleh para orangtua. Ini karena efek yang ditimbulkan mungkin tidak langsung terlihat maupun terasa seperti saat anak sudah kecanduan bermain handphone. Untuk meningkatkan awareness, orangtua mungkin perlu tahu lebih dalam efek radiasi handphone yang mampu memengaruhi perkembangan otak anak.
Belum lama ini tersiar kabar yang mengklaim bahwa efek radiasi handphone bisa menyebabkan pengecilan otak pada anak-anak. Klaim tersebut beredar di media sosial Facebook. Akun bernama Inur Inur Switiy menunggah foto dengan narasi sebagai berikut.
“Bagi yang punya anak, putra putrinya harus diawasi yang suka main handphone. Ini anak temen saya habis dioperasi pengecilan otak gara-gara kena radiasi sinar handphone. Mohon dibagikan ya, sampai sekarang anakya belum sadar…aamiinkan sejenak semoga anak ini cepat sadar Aamiin…Bagikan agar ibu bapak awasin anak2!!,” tulis narasi yang beredar. (https://depok.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-09654354/fakta-atau-hoaks-radiasi-ponsel-dikabarkan-berdampak-pengecilan-otak-pada-anak)

Nah, menurut kalian apa benar radiasi handphone dapat mengecilkan otak?

Dokter spesialis anak RS Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Achmad Rafli mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti bahwa radiasi sinar handphone dapat menyebabkan pengecilan pada otak anak.

Meski begitu, dokter sekaligus staf Divisi Neurologi Departemen IKA (Ilmu Kesehatan Anak) di RSCM tersebut mengingatkan bahwa anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan tubuh akibat radiasi handphone. Menurut teori, lanjutnya, anak-anak lebih mudah terpapar radiasi karena tengkorak anak lebih tipis, jaringan otak anak sensitif dan masih berkembang.

Menurut Rafli, pengecilan otak pada anak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, faktor genetik, lingkungan, infeksi, kelainan metabolik dan lain sebagainya.

sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/06/154500065/-hoaks-radiasi-sinar-handphone-sebabkan-pengecilan-otak-pada-anak?page=all#page2

1 Like