[Fakta atau Hoax] Pasta Gigi Dapat Hilangkan Komedo

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Banyak orang di luaran sana yang meyakini bahwa komedo dapat dihilangkan dengan mudah dengan menggunakan pasta gigi. Kamu hanya perlu memoleskan pasta gigi ke area yang berkomedo dan tunggu beberapa saat hingga mengering lalu bersihkan. Benarkah metode sederhana seperti itu dapat menghilangkan komedo? Dan apakah hal tersebut aman untuk kulit?

1 Like

Pada kenyataannya, pasta gigi cukup ampuh untuk mengatasi komedo yang membandel. Melansir Derm Collective , pasta gigi membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasta gigi memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa jadi andalan. Namun, cara ini tidaklah disarankan. Beberapa bahan aktif dalam pasta gigi bisa mengiritasi kulit dan efek samping lain yang merugikan. Terdapat bahan pasta gigi yang menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, yakni:

  • Triclosan. Senyawa ini adalah agen antibakteri dan antijamur yang kuat dengan sifat anti-inflamasi ringan. Namun, penggunaannya dalam produk perawatan kulit dianggap kontroversial.
  • Hidrogen Peroksida. Sama halnya dengan triclosan, hidrogen peroksida bersifat antibakteri. Ia mampu membunuh sel melalui proses yang disebut stres oksidatif. Sayangnya, stres oksidatif juga dapat merusak sel-sel sehat sehingga menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo.
  • Sodium Bikarbonat. Soda bikarbonat bertindak sebagai pengelupas yang ringan. Sayangnya, natrium bikarbonat dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan.

Jadi Hoax ya!
Sumber : Halodoc