[Fakta atau Hoax] Mencukur rambut dapat melebatkan rambut?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Masyarakat awam biasanya memiliki keinginan untuk melebatkan rambut, salah satu contohnya selain dari menggunakan obat-obatan herbal penyubur rambut, yaitu dengan cara mencukurnya. Apakah benar mencukur rambut dapat melebatkan?

1 Like

Faktanya, mencukur bulu tidak akan membuat bulu tumbuh lebat atau tumbuh lebih cepat. Hal ini telah dibuktikan sejak lama oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 1928.

Akan tetapi, mitos mencukur bulu menjadikan bulu tumbuh lebat dan lebih cepat masih dipercaya hingga lebih dari 100 tahun. Mitos ini kemungkinan berasal dari pertumbuhan bulu yang baru.

pertumbuhan rambut yang baru juga akan terlihat lebih gelap karena belum terpapar bahan-bahan dari luar, seperti sinar matahari, sabun, atau bahan kimia lain yang dapat membuat rambut terlihat lebih terang. Oleh karena itu, bulu rambut yang tumbuh akan terlihat lebih lebat karena warnanya yang lebih gelap.

Proses cukur bulu tidak menghilangkan rambut di bawah kulit seperti metode menghilangkan rambut lainnya. Jadi, tidak mungkin mencukur bulu dapat memengaruhi warna rambut, ketebalan, dan kecepatan pertumbuhan rambut.

Jadi, Hoax Ya!
Sumber : Klikdokter