[Fakta atau Hoax] Klarifikasi Berita Hoax dan Fitnah Masyarakat!

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Fenomena berita hoax kalau ditarik benang merahnya, substansinya sama dengan fitnah dajjal. Salah satunya yang brsama Dajjal ada air dan api. Sejatinya air adalah api dan api adalah air. Maka beruntunglah yang memilih api, karena sesungguhnya ia akan selamat. Sebaliknya, yang memilih air maka ia akan terbakar.

Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam

Dari 'Uqbah bin 'Amr radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata tentang Dajjal:

“Sungguh Dajjal akan keluar dan bersamanya ada air dan api. Apa yang dilihat manusia air sebenarnya adalah api yang membakar. Apa yang dilihat manusia api sesungguhnya adalah air minum dingin yang segar.
Barangsiapa di antara kalian yang mendapatinya hendaknya memilih yang dilihatnya api, karena itu adalah air segar yang baik.” [HR. Muslim No. 2935
]

Tersebarnya berita hoax atau bohong sebetulnya juga kebalikan, yang benar menjadi salah dan yang salah menjadi benar. Pemutar balikan fakta seringkali ada dalam berita tersebut. Maka berhati-hatilah dengan berita Hoax. Logikanya, menghadapi berita hoax atau bohong saja kita tidak bisa atau terbawa dengan berita tersebut, bagaimana nanti kalau seandainya menghadapi fitnah dajjal.

Perkembangan media saat ini seringkali ibarat dua sisi mata pisau, perlu cerdas dan bijak. Dua hal yang bisa membawa kebaikan dan kemudhorotan. Pisau bisa digunakan untuk mengiris bawang, buah dan sebagainya, begitu juga bisa untuk mengancam orang atau bahkan melukai orang lain. Sehingga dalam hal ini mestinya kita pintar memilah milih mana yang baik dan mana yang buruk.

Perlu cerdas menyikapi media, jangan asal share atau bagikan informasi yang belum tentu kebenarannya. Seringkali karena kita terbawa emosi dan seolah berita itu mewakili pendapat atau perasaan kita, langsung share saja tanpa filter. Apalagi ternyata berita itu adalah berita bohong yang akhirnya bisa merugikan orang lain.

Bukankah Allah sudah memberikan rambu-rambu dalam menyikapi berita agar brtabayyun terlebih dahulu ketika mendapatkan berita

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Al-Hujurat: 6)

Sumber : tribunnews