(FAKTA ATAU HOAX) Energi Listrik Bisa Didapatkan dari Bawang Merah dan Koin

image

Video yang terunggah di platform youtube yang sudah ditonton oleh 1.000 kali lebih, mengenai energi listrik bisa kita dapatkan dari bawang merah dan koin ini yang berdurasi 0.11 detik. Video ini memperlihatkan 2 bawang merah yang disatukan oleh sebuah uang logam. Lalu pada salah satu bawang merah tersebut dicolokkan charger HP, dan baterai HP langsung terlihat terisi.

Berdasarkan penelusuran, bahwa energi listrik tidak bisa didapatkan dari bawang merah dan koin. Video itu jelas sekali terjadi manipulasi dengan tidak memperlihatkan seluruh bagian video tersebut sehingga adanya pengambilan video yang sengaja tidak memperlihatkan kebel yang sudah terhubung dengan listrik. Hingga saat ini belum adanya penelitian ilmiah mengenai listrik yang berasal dari bawang merah dan koin.

Sumber : KOMINFO

Hoax, dilansir dari kominfo Berdasarkan penelusuran, video pada platform Youtube yang menjelaskan dimana energi listrik bisa didapatkan dari bawang merah dan koin adalah tidak benar.

Kominfo menjelaskan, jika diperhatikan dalam video tersebut, tidak terlihat jika itu adalah kabel yang sama, karena gambarnya memang sengaja tidak terlihat penuh. Bisa dikatakan bahwa 2 kabel charger tersebut merupakan kabel yang berbeda dan hingga saat ini belum ditemukan pembuktiannya secara ilmiah bahwa energi listrik bisa didapatkan dari bawang merah dan koin.

Sumber : https://kominfo.go.id/content/detail/28307/hoaks-energi-listrik-bisa-didapatkan-dari-bawang-merah-dan-koin/0/laporan_isu_hoaks).