[Fakta atau Hoax] COVID-19 Bisa Ditransmisikan Melalui Barang yang Dibeli dari Tiongkok?

image

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Aplikasi belanja online semakin naik daun semenjak social distancing dan self-quarantine diberlakukan. Seiring dengan berlangsungnya pandemi COVID-19, kenyamanan berbelanja online harus terusik dengan sebuah pernyataan di Facebook yang mengklaim bahwa virus Corona bisa ditransmisikian lewat barang atau paket yang berasal dari Tiongkok. Dilansir dari Kominfo, unggahan tersebut juga mengandung imbauan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan aplikasi Shopee dan Lazada untuk berbelanja.
Penyebaran COVID-19 yang saat ini diketahui adalah melalui droplets yang hanya bisa ditransmisikan jika berinteraksi secara langsung antar manusia. World Health Organization (WHO) dan The Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengatakan bahwa penyebaran COVID-19 lewat paket belanja online sangatlah kecil kemungkinannya. Ini disebabkan karena barang telah berpindah-pindah selama berhari-hari.

Nah, setelah membaca penjelasan diatas WHO mengatakan bahwa penyebaran COVID-19 lewat paket belanja online kecil kemungkinannya terjadi. Jadi menurut kalian fakta atau hoax sih kalau penyebaran COVID-19 bisa melalui paket belanja online dari luar negeri?

Sumber: https://merahputih.com/post/read/hoax-atau-fakta-covid-19-bisa-ditransmisikan-dari-barang-yang-dibeli-dari-tiongkok