[Fakta Atau Hoax] Apakah Obat Aman Disimpan Dikulkas?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

“Sudah sembuh obatnya disimpan, tapi ada yang disimpan di kulkas. Itu kesalahan. Di kemasan ada petunjuk disimpan pada suhu tertentu. Kalau di kulkas, di bawah 8 derajat bisa menggumpal,” . Begitu pula dengan obat tablet maupun kapsul. Bacalah petunjuk penyimpanan obat. Umumnya, penyimpanan obat tidak di tempat yang lembab, suhu tinggi atau panas, dan tidak pada suhu dingin.Sebaiknya, obat memang tidak disimpan terlalu lama karena ada masa kedaluwarsanya. ,Fakta atau hoax?

https://lifestyle.kompas.com/read/2016/11/02/090500723/amankah.simpan.obat.di.kulkas.#:~:text=Umumnya%2C%20penyimpanan%20obat%20tidak%20di,keefektifan%20obat%20dalam%20menyembuhkan%20penyakit.

Fakta. Meskipun hanya sedikit jenis obat yang dapat disimpan dalam suhu pendingin seperti kulkas, seperti obat injeksi vaksin dan hormon (https://www.healthxchange.sg/medicine-first-aid/medicine/should-medication-kept-fridge)
Preformatted textSelebihnya memang sebagian besar obat yang berbentuk pil, puyer, kapsul, ataupun sirup memang sangat tidak dianjurkan untuk disimpan dalan pendingin karena dapat mengurangi kualitas obat itu sendiri seperti dalam artikel doktersehat.com