[Fakta atau Hoax] Apakah Matahari dapat Menyebabkan Kanker Kulit?

Sinar Matahari

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

Matahari adalah bagian penting dari semua kehidupan, ada sisi buruk serta sisi baiknya. Namun akhir-akhir ini banyak artikel yang mengeluarkan informasi mengenai matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Apakah hal ini benar atau hoax?

Setelah membaca artikel dari beberapa website yang secara khusus membahas tentang kesehatan. Saya mem-vote fakta untuk topik ini. Berikut penjelasan dari website tersebut: Kanker kulit disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel kulit. Penyebab perubahan itu sendiri belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan memicu pertumbuhan yang tidak normal pada sel kulit. Kondisi ini berpotensi berkembang menjadi kanker.

Sumber :
https://www.alodokter.com/kanker-kulit#:~:text=Kanker%20kulit%20disebabkan%20oleh%20perubahan,tidak%20normal%20pada%20sel%20kulit.

1 Like

Menurut sumber yang saya baca jika terlalu sering terpapar sinar UV maka kemungkinan dapat terkena kanker kulit, tetapi tidak dipungkiri bahwa sinar matahari juga sangat berguna bagi kulit pada waktu tertentu contohnya sinar matahari di pagi hari.

https://health.kompas.com/read/2020/01/14/100000768/waspada-paparan-sinar-uv-dari-matahari-bisa-picu-kanker-kulit?page=all