[Hoax] Jerman Berhasil Menemukan Vaksin untuk COVID-19

image

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

Dengan semakin cemasnya warga dunia ini untuk menemukan sebuah obat untuk menyembuhkan COVID-19, beberapa outlet berita mengeluarkan informasi bahwa obat atau vaksin sudah dibuat di negara Jerman. Karena hal ini banyak warga yang menjadi ceroboh dan mulai tidak mengkhawatirkan virus ini karena sudah ada obatnya. Apakah Jerman berhasil menemukan vaksin untuk COVID-19 fakta atau hoax?

2 Likes
Menurut artikel yang saya baca, hingga saat ini belum diresmikan menjadi vaksin karena masih dalam tahap uji klinis.

BioNTech telah bekerja sama dengan raksasa farmasi Amerika Serikat, Pfizer, untuk mengembangkan vaksin corona. Sejauh ini, vaksin-vaksin tersebut tengah diujicobakan terhadap manusia.

Kedua perusahaan bahkan menuturkan jika vaksin berhasil dan lolos standar internasional, mereka sanggup memproduksi ratusan juta vaksin pada 2021.

Sumber:

Yang saya ketahui sejauh ini Jerman belum sama sekali menemukan vaksin yang mengarah kepada upaya untuk menghilangkan atau memusnahkan virus corona.

Berdasarkan sumber tersebut, Pemerintah Jerman sendiri mengatakan bahwa penemuan vaksin tidak mungkin dapat selesai hingga sebelum pertengahan tahun 2021.
“Germany’s government has given grants to three biotech companies to help speed up the development of a coronavirus vaccine. But Berlin warned it was unlikely any vaccine will be available before the middle of next year.”

Jadi jika dikatakan Jerman telah berhasil menemukan vaksin COVID-19, maka hal tersebut adalah hoax.