[Hoax] Hewan Peliharaan Dapat Menyebabkan Covid-19

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

beberapa laporan yang mengatakan bahwa hewan peliharaan telah terinfeksi Covid-19 dan Banyak orang berpikir bahwa infeksi virus corona yang terjadi pada hewan serupa dengan Covid-19 yang terjadi pada manusia, sehingga masyarakat yang memelihara hewan peliharaan menjadi sangat takut dan mengakibatkan hewan tersebut tidak terurus dengan baik. Apakah Hal tersebut Fakta atau Hoax?

Dari informasi yang telah saya dapat dari website halodoc, hingga saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan belum terdapat bukti bahwa hewan peliharaan dapat tertular atau menyebarkan COVID-19. Kemudian menurut seorang profesor mikrobiologi klinis Shelley Rankin Ph.D dan kepala layanan diagnostik di Rumah Sakit Hewan Matthew J. Ryan di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pennsylvania, menyatakan bahwa belum terdapat penyebaran corona antara manusia dan hewan.

Hal ini masih belum benar karena Hewan domestikasi seperti kucing dan anjing merupakan hewan yang berbeda dari hewan yang disebut sebagai zoonosis COVID-19 yaitu kekelawar dan trenggiling sehingga tidak dapat menjangkiti dan menularkan virus COVID-19.