[Fakta atau Hoax] Apakah benar pasta gigi dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar?

image

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Pasta gigi menjadi barang yang selalu ada di setiap rumah. Saat terkena luka bakar, banyak orang bilang untuk menggunakan pasta gigi sebagai pertolongan pertama untuk mengobati luka bakar. Apakah benar pasta gigi aman digunakan untuk menyembuhkan luka bakar?

1 Like

Tentunya ini hoax. Dilansir dari laman halodoc, pasta gigi malah dapat mengiritasi luka bakar, juga menginfeksi daerah sekitaran luka. Pasta gigi bersifat lengket membuat bakteri mudah berkembang. Pasta gigi juga mengandung Calcium carbonate, potassium citrate, dan zat pemutih lainnya yang berbahaya bila dioleskan ke luka bakar sebagai pertolongan pertama.

1 Like

Informasi ini adalah hoax. Berdasarkan artikel yang saya baca, mengoleskan odol pada luka bakar justru merupakan hal yang salah, karena akan membuat kulit iritasi dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Tersedia di [https://www.halodoc.com/artikel/memakai-odol-dapat-sembuhkan-luka-bakar-mitos-atau-fakta]

1 Like

ternyata mengoleskan pasta gigi di kulit yang melepuh justru tidak boleh dilakukan, lo.

Mengoleskan pasta gigi di kulit yang terkena benda panas justru akan membuat luka lebih parah, teman-teman.

Alasannya adalah karena pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi ini mengandung berbagai bahan kimia di dalamnya.

Misalnya saja adalah pemutih dan zat yang bisa membuat napas kita menjadi lebih harum.

Nah, kandungan yang bermanfaat bagi gigi ini justru akan membuat jaringan kulit di sekitar luka semakin rusak, teman-teman.

Dikutip : Bobo.id