[Fakta atau Hoax] apakah benar menggunakan kipas angin dapat menyebabkan masuk angin?

image

suasana saat siang bolong di Indonesia terkadang membuat kita tidak betah karena kepanasan. bermacam-macam cara untuk mengurangi rasa tidak betah tersebut, seperti menyalakan air conditioner, mandi, hingga menyalakan kipas angin. tapi, kata orang tua kita kalo menyalakan kipas angin kita akan masuk. jadi bener gak sih fakta tersebut?

Ini adalah fakta. Tidur pakai kipas angin bisa membuat Anda rentan terkena masuk angin di pagi hari. Menurut American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAAI), tungau debu adalah pemicu alergi yang paling umum. Nah, putaran kencang dari kipas angin dapat mengumpulkan tungau debu dengan mudah.
Semakin sering kipas angin digunakan, maka semakin banyak debu dan kotoran yang menumpuk di bagian kipasnya. Jika kipas angin ini terus menerus digunakan saat tidur tanpa dibersihkan dulu, maka debunya akan beterbangan dan tanpa disadari terhirup oleh Anda.

Alhasil, Anda dapat mengalami badan pegal, pilek, atau bersin-bersin saat bangun tidur.
persis seperti gejala masuk angin.

sumber :
(https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-bersin-saat-bangun-tidur/?amp), (https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/gejala-masuk-angin-anak/?amp).