[Fakta atau Hoaks] Benarkah Pabrik di Malang Ini Memproduksi Beras Berbahan Kimia?


sumber: Tempo.co

Narasi yang berisi imbauan agar masyarakat mewaspadai beras yang mengandung bahan kimia beredar melalui pesan berantai di WhatsApp. Beras itu diklaim diproduksi oleh UD Widodo. Polres Malang pun telah menggerebek pabriknya yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Desa Pringu, Kecamatan Bululawang, Malang, Jawa Timur.

Dalam pesan berantai itu, terdapat pula daftar kemasan beras berzat kimia, yakni Jagung Mas, Beras Maju, Dewi Kunti, Empat Mata Merah, Empat Mata Biru, Empat Mata Hijau, Lele, Cendrawasih, Tomat, dan Dua Jago.

Berikut ini sepotong narasi dalam pesan berantai tersebut:

“Mohon perhatian, jangan beli beras merk ini, beras rusak yang dicuci dengan bahan kimia sebabkan kanker, sudah digerebek di Malang tapi beras sudah beredar di seluruh Jawa Timur. Beras berbahan kimia beredar di Malang Raya, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kediri, Surabaya, Jakarta, Batam, Palembang, Lampung, Sumatera, Pangkalan Bun, Maluku, Papua, dan sebagainya. Mohon dibantu share ke rekan-rekan keluarga kita, supaya tidak mengkonsumsi beras berbahan kimia tersebut terima kasih.”

Benarkah UD Widodo memproduksi beras yang mengandung bahan kimia?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters