Evan Sharp : Otak Cerdas Dibalik Pinterest Kreativitas Setajam Namanya

Biografi Evan Sharp

Evan Sharp adalah seorang pengusaha Internet yang berbasis di Amerika. Dia adalah co-founder dan Chief Creative Officer di Pinterest . Sharp adalah seorang mahasiswa arsitektur ketika ia memulai Pinterest sebagai proyek sampingan bersama dengan dua temannya di tahun 2009. Pinterest adalah salah satu jaringan sosial media terbesar di internet, setelah Twitter dan Facebook .

Nama : Evan Sharp

Tempat dan Tanggal Lahir : 1 Januari 1982 York, Pennsylvania, Amerika

Zodiak : Capricorn

Kewarganegaraan : US, Amerika

Tempat Tinggal : San Fransisco

Total Kekayaan : $ 1050000000 US Dollar

Pendidikan : Columbia School of Architecture, University of Chicago

Pekerjaan : CA / Ex- Architect

Situs Resmi Sharp : Headerfooter.com

Marker Awal : Menciptakan Pinterest sebagai wadah saat ia masih menjadi mahasiswa untuk memajang gambar sejarah arsitektur nya

Ide Besar : Menjaga aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan berbagi foto favorit mereka secara sederhana dan elegan

Riwayat Hidup

Sharp lahir dan dibesarkan di Pennsylvania. Ayahnya memiliki Macintosh, dan hobi Sharp adalah sangat antusias pada komputer. Selama masa kanak-kanak, Evan menghabiskan banyak waktu bermain dengan ayahnya Mac IIci. Ia juga bermain Lego yang melatih naluri kreatifnya. Mulai dari pengaturan ikon untuk program-program seperti MS Word, ia melanjutkan dalam hal MP3 player. Di sinilah ia menyadari keterampilan merancang nya. Ia menerima gelar sarjana Sejarah dari Universitas Chicago, dan kemudian Columbia Graduate School of Architecture, Perencanaan & Pelestarian Arsitektur.

RIwayat Karir

Awal karir


Saat belajar arsitektur, Evan bertemu Ben Silbermann yang kemudian menjadi CEO dari Pinterest. Saat itu, ia merancang Pinterest untuk penunjuk gambar arsitektur sejarah. Kemudian ia bergabung dengan Facebook sebagai desainer produk, dan kemudian bergabung dengan Paul Sciarra dan Silbermann untuk fokus penuh pada situs Pinterest. Di sini, Evan bertanggung jawab untuk coding, merancang situs, dan mengawasi desain.

Karir Highlights

Pinterest menjadi salah satu situs bookmark visual yang paling populer di seluruh dunia. Sekarang bernilai sekitar 11 miliar. Pada 2015, ia mengangkat 550.000.000 dari investor. Ini memiliki 100 juta pengguna aktif per bulan. Baru-baru ini juga meluncurkan tombol ‘Beli’, di mana pengguna dapat dengan cepat memesan bahan, furniture atau pakaian hanya dalam beberapa klik, itu juga tanpa perlu meninggalkan aplikasi. Sharp juga terus menghasilkan pendapatan melalui pin yang dipromosikan, bentuk asli dari iklan. versi desktop pertama diluncurkan oleh co-pendiri pada tahun 2010.

Reputasi

Evan Sharp populer tidak hanya untuk keterampilan teknis yang tinggi dan teknik merancang. Dia memiliki kepribadian yang menyenangkan yang membuat orang lain menghargainya. Orang-orang sangat senang mendengarkan dia, karena dia adalah pembicara yang baik.

Penghargaan dan Medali

Pinterest adalah salah satu situs paling populer di internet, setelah Facebook dan Twitter. Evan Sharp merupakan salah satu di antara pengusaha terkaya di Amerika termasuk top 40.

Fakta-Fakta

  • Pada tahun 2014, Evan menikah Christina McBride, yang dijumpainya saat ia masih duduk di perguruan tinggi.
  • Pasangan ini suka bepergian, dan mereka hidup bahagia di San Francisco, CA.
  • Evan Sharp memiliki kepribadian yang dinamis, tapi sangat rendah hati.
  • Lebih sering bertindak daripada berbicara

Quotes

“We didn’t build this company to build a really hot tech startup; what we wanted to do is building a product that people actually use and that enhances their lives. It’s part of our philosophy — we want to build something that everybody finds useful.” - Evan Sharp

Referensi

https://successstory.com/people/evan-sharp
http://www.businessinsider.co.id/pinterest-cofounder-evan-sharp-interview-2015-5/?r=US&IR=T#RMLSIBTVt6BMZPl0.97



http://dolody.com/pro-tip/evan-sharp-quote.html

image

Riwayat Hidup

Evan Sharp adalah Pengusaha Internet yang bebasis di Amerika. Evan Sharp lahir dan besar di Pennsylvania dan dia adalah penggemar hobi komputer yang antusias. Pada saat masih kecil, Evan menghabiskan banyak waktu bermain dengan Mac IIci ayahnya, selain itu dia juga bisa bermain LEGO. Evan Sharp memulai kemampuan Designnya pada saat kecil hingga dia menerima gelar sarjana di bidang Sejarah dari University of Chicago. Setelah itu Evan Sharp bergabung dengan Columbia Graduate School of Architecture, Planning dan Preservation untuk belajar arsitektur.

Evan Sharp adalah pengusaha internet yang berbasis di Amerika. Evan Sharp tinggal di San Fransisco, Evan Sharp menjadi populer karena menjadi co-founder dan Chief Creative Officer di Pinterest. Evan adalah seorang mahasiswa arsitektur saat memulai Pinterest sebagai sampingan bersama dua teman lagi di tahun 2009. Saat ini, ini adalah salah satu jejaring sosial terbesar di Internet, hanya setelah Twitter dan Facebook.

Riwayat Karir

Evan Sharp, salah satu pendiri dan perancang utama Pinterest, setelah mempelajari arsitektur di GSAPP Columbia. Evan Sharp menjadi populer karena menjadi co-founder dan Chief Creative Officer di Pinterest. Evan adalah seorang mahasiswa arsitektur dengan memulai Pinterest sebagai sampingan bersama dua temannya di tahun 2009. Saat belajar arsitektur, Evan bertemu Ben Silbermann yang nantinya akan menjadi CEO Pinterest. Saat itu, ia merancang Pinterest untuk menandai gambar arsitektur historisnya. Kemudian dia bergabung dengan FaceBook sebagai perancang produk, dan kemudian bergabung dengan Paul Sciarra dan Silbermann untuk fokus penuh waktu di Pinterest. Di sini, Evan bertanggung jawab untuk mengkodekan dan merancang situs, dan mengawasi upaya perancangannya.

Evan Sharp populer tidak hanya untuk keterampilan teknis dan teknik perancangannya yang tinggi, namun penampilannya yang hebat dan mata biru juga. Dia memiliki kepribadian yang menyenangkan yang membuat orang lain terikat padanya. Orang suka mendengarkannya, dan dia memang pembicara yang baik dan Saat ini, Sharp’s Pinterest telah menjadi salah satu situs bookmark visual terpopuler di seluruh dunia. Sekarang bernilai sekitar 11 miliar. Pada tahun 2015, ia mengumpulkan 550 juta dari para investornya. Ini memiliki 100 juta pengguna aktif per bulan. Sharp juga terus menghasilkan pendapatan melalui pin yang dipromosikan, bentuk iklan aslinya. Versi desktop pertamanya diluncurkan oleh para pendiri pada tahun 2010.Evan’s Pinterest adalah salah satu situs paling populer di Internet, hanya dikerdilkan oleh Facebook dan Twitter. Dia telah terhitung di antara pengusaha terkaya di Amerika di bawah usia 40 tahun.

Quotes
“Kami tidak membangun perusahaan ini untuk membangun startup teknologi yang sangat panas, apa yang ingin kami lakukan adalah membangun produk yang benar-benar digunakan orang dan itu meningkatkan kehidupan mereka. Ini adalah bagian dari filosofi kami - kami ingin membangun sesuatu yang setiap orang anggap berguna"

Referensi :
https://successstory.com/people/evan-sharp

Sumber Gambar : businessinsider.com

Pinterest merupakan sebuah situs dan aplikasi terobosan berupa search engine yang secara khusus menampilkan foto-foto dari seluruh pengguna di dunia. Pengguna Pinterest dapat berbagi atau juga menyimpan portofolio mereka yang berupa foto di akun masing-masing. Pada awalnya Pinterest diperuntukkan bagi para desainer, fotografer maupun arsitek di seluruh dunia agar memudahkan mereka menyimpan juga menampilkan karya-karya mereka. Namun seiring berjalannya waktu, kegunaan Pinterest semakin meluas. Penggunanya pun tidak hanya dari kalangan desainer, fotografer, dan arsitek.

Lalu siapa sih otak di balik search engine ini?

Dia adalah Evan Sharp. Pengusaha dan milyarder muda asal Amerika Serikat. Lahir di York, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 1 Januari 1982. Dengan kekayaan $1.05 Milyar per April 2017 di saat usianya baru 35 tahun.

Evan Sharp kecil sudah sangat akrab dengan dunia computer walaupun hanya sebatas bermain game saja. Di sisi lain, Evan Sharp juga menggemari LEGO serta seni desain yang kemudian membawanya menjadi salah satu lulusan dari Columbia Graduate School of Architecture, Planning & Preservation jurusan Arsitektur. Justru dari sinilah ide Pinterest itu muncul.

Evan Sharp dan rekannya, Ben Silberman, bertemu ketika mereka kuliah di jurusan Arsitektur. Keduanya memiliki kesamaan seperti sama-sama menyukai dunia teknologi, dan sama-sama suka mengkoleksi barang-barang tertentu seperti pensil, stiker hingga foto. Dari kegemaran fotorgrafi itulah, Evan Sharp menemui kendala. Yakni bagaimana caranya agar dia bisa menyimpan dan melihat kembali hasil-hasil jepretannya dengan mudah. Hingga munculah ide menciptakan sebuah prototype yang nantinya berkembang menjadi Pinterest itu sendiri.

Mengambil jurusan Arsitek ternyata memberikan pengalaman-pengalaman yang sangat berguna bagi Evan Sharp untuk mengembangkan Pinterest. Dengan kuliah di jurusan tersebut, Evan Sharp menemukan ide Pinterest, dan dengan mempelajari arsitektur di mana membutuhkan analisis yang sama kuatnya dengan menciptakan sebuah program computer, Evan Sharp melihat bahwa perkuliahannya berkontribusi banyak pada apa yang ia raih saat ini. Dia tidak mempermasalahkan titel yang ia dapat dengan pekerjaan yang saat ini ia geluti. Karena seluruh soft skill tersebut telah membantunya untuk mempelajari secara otodidak bagaimana mendesain sebuah situs dan bagaimana mengerjakan kode-kode untuk membangunnya.

Berbasis di Amerika Serikat, Pinterest memiliki karyawan-karyawan yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Pun dengan cara pandang yang kemudian dimanfaatkan oleh Evan Sharp, selaku Co-Founder dan pemimpin bidang desain dan engineering, untuk mengasah kreatifitas karyawannya. Bagi Evan Sharp, hanya pandai dalam satu bidang, misalnya teknik, tidak akan cukup untuk menjadi modal bekerja di Pinterest. Karena dia lebih menyukai pegawai yang tak hanya menguasai keteknikan tapi juga kreatif sebagai modal dalam berkontribusi untuk mengembangkan Pinterest. Maka dari itu, Evan Sharp juga terus berupaya untuk meningkatkan kreatifitas pegawai dengan melakukan satu sesi yang terbilang unik. Yakni berbagi sesuatu dan mengambil nilai-nilai tersebut antar pegawai.

Jadi dalam event tersebut, semua pegawai berkumpul dan mereka akan berbagi pengalaman dan pandangan masing-masing. Namun, kegiatan tersebut jauh dari kesan kaku dan formal. Justru terkesan sangat santai dan intim. Bisa saja yang mereka mengajarkan bahasa-bahasa ibu dari pekerja masing-masing. Selain bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, bisa dikatakan kegiatan ini juga berfungsi untuk mengakrabkan satu pegawai dengan pegawai lain.

Evan Sharp secara tidak langsung memberikan pelajaran bagi kita bahwa hanya pandai dalam kelas saja tidak cukup untuk membawa kita kepada kesuksesan. Padahal, apa yang kita dapat dalam kelas belum tentu akan kita terapkan seluruhnya pada pekerjaan kita nanti. Bisa saja hanya mengambil beberapa nilai atau pengalaman seperti yang dilakukan Evan Sharp yang bekerja di tempat yang sama sekali tidak berhubungan dengan titel yang diraihnya. Maka, pengalamanlah yang paling berperan. Juga sekreatif apa kita melihat peluang.

Quote :

“Images are really powerful in making us aware of what’s possible.” – Evan Sharp

Referensi :



http://quotes.motivateme.in/category/person/evan-sharp-american-internet-entrepreneur-quotes/


Sumber Gambar : techcrunch.com

Evan Sharp adalah co-founder dan Chief Creative Officier di Pinterest. Pinterest adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk berbagi dan menyimpan foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori tertentu sesuai dengan foto yang kita pilih. Pada mulanya, Pinterest hanya digunakan untuk para arsitektur dan desainer untuk mengabadikan dan menampilkan karya-karya mereka. Namun lama kelamaan, masyarakat non-desainer pun ikut aktif dalam menggunakan Pinterest untuk mengabadikan momennya.

Evan Sharp lahir dan dibesarkan di Pennsylvania. Ayahnya sangat tertarik pada dunia komputer dan komputer menjadi hobi sang ayah. Selama masa kecilnya, Evan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain dengan ayahnya. Evan sering bermain LEGO untuk meningkatkan insting kreatifnya. Selain itu Evan juga mendesain ikon untuk program-progam seperti Ms.Word dan dia juga mencoba untuk mendesain ulang tampilan dari MP3 Player. Dari sinilah Evan mendapatkan keterampilan untuk mendesain. Evan menerima gelar sarjana dari University of Chicago dan melanjutkan sekolah ke Columbia Graduate School of Architecture, Planning & Preservation untuk belajar Arsitektur.

Pada saat belajar di Arsitektur, Evan Sharp bertemu dengan Ben Silbermann yang mana Ben sekarang menjadi CEO dari Pinterest. Pada mulanya Evan Sharp kesulitan untuk mengumpulkan dan mengatur gambar-gambar dan foto-foto arsitektur miliknya. Karena hal tersebut, akhirnya Evan dan Ben mencoba membuat sebuah prototype yang akan menjadi cikal bakal Pinterest. Prototype ini digunakan Adam untuk membookmark gambar arsitektur miliknya agar tersusun dengan rapi dan mudah untuk mencarinya. Sebelum Adam bergabung dengan Paul Sciarra dan Ben Silbermann untuk fokus mengembangkan Pinterest, Adam bergabung dengan Facebook dan ditempatkan di desain produk Di Pinterest, Evan bertanggung jawab dibagian coding, mendesain situs dan mengawasi upaya desain.

Evan Sharp memiliki kepribadian yang menyenangkan yang membuat banyak orang senang ketika berada didekatnya. Evan Sharp juga baik dalam beberapa hal seperti sales, Marketing, Human Resource Information System, Leadership, Email Marketing, Online Advertising, SaaS, Digital Strategy, Lead generation, Benefits Administration, Cycling, Costumer Oriented, Costumer Retention, Business Development, Mobile Advertising, Advertising Sales, Strategic Partnership, Online Marketing, Human Capital Management, Financial Analysis, Building Relationship.

Pada mulanya, Pinterest tidak mampu mencapai target mereka untuk mendapatkan 10.000 pengguna. Mereka hanya mampu mendapat 5000 pengguna dalam jangka waktu 9 bulan. Akhirnya berbagai upaya dilakukan oleh Ben, Paul dan Adam dengan cara menghubungi secara pribadi 5000 pengguna untuk mendapatkan feedback. Usaha, kerja keras dan perbaikan kesalahan membawa Pinterest menuju papan atas. Pada tahun 2011 Pinterest mulai banyak dibicarakan dan banyak juga diliput oleh media. Salah satu yang membuat Pinterest banyak digemari adalah fitur pinboardnya yang dapat menandai foto atau gambar yang kita sukai. Pinterest sampai sekarang memiliki kurang lebih 20 juta pengguna dan diperkirakan penggunanya akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Quotes :

" I’m really not much of an entrepreneur. I hate to say it…I actually don’t hate to say it. I’m totally fine saying it. I fell into this thing, in a good way. "

~Evan Sharp

Referensi :

http://entrepreneur.wiki/Evan_Sharp
https://successstory.com/people/evan-sharp
https://www.linkedin.com/in/sharpevan/




Perjalanan karir :

Sejak kecil, Evan Sharp sudah tertarik dengan komputer. Mulai dari merubah rubah icon di Microsoft Word, dan mengganti tema software MP3. Dia mengetahui bakatnya ketika dirinya bermain LEGO bersama ayahnya, saat itu dia merasa dirinya ahli dalam mendesain dan merancang sesuatu. Lalu ketika beranjak dewasa, Evan mengambil program Arsitektur di Columbia Graduate School of Architecture, Planning and Preservation. Sebelumnya, dia mengambil program sarjana sejarah di University of Chicago. Dengan ilmu arsitekturnya dia merancang dan mendesain sesuatu secara proporsional.

Ketika dia belajar di Columbia Graduate School of Architecture, dia bertemu dengan Ben Silbermann pada tahun 2009. Siapa sangka bahwa pertemuannya dengan Ben yang membawanya ke puncak karir saat ini. Ben Silbermann adalah CEO dari Pinterest sekarang. Sebelum mendirikan Pinterest, Evan dan Ben awalnya bergabung dengan Facebook. Evan bergabung dengan Facebook sebagai Desain Produk. Lalu keduanya memutuskan untuk keluar dari Facebook dan memfokuskan dirinya untuk mengembangkan Pinterest.

Pinterest merupakan sebuah sosial media terbesar yang ada di dunia disamping Facebook dan Twitter. Pinterest lebih fokus dalam bidang ‘bookmarking’ sebuah foto atau karya. Pinterest juga telah mengalami perkembang dimana penggunanya saat ini bisa menggunakan fitur ‘buy’ seperti e-commerce kebanyakan. Pengguna aktif dari Pinterest pun sangat tinggi yaitu, 100 Juta pengguna aktif setiap bulannya dan senilai $ 11 Milyar.

Seperti kebanyakan CEO muda yang sukses, Evan bisa sukses seperti sekarangan karena Evan mngikuti jejek jejak pendahulunya dengan cara bergabung dengan lingkungan yang mendukung dan gemar berdiskusi.

Quotes Evan Sharp :

“I’m really not much of an entrepreneur. I hate to say it…I actually don’t hate to say it. I’m totally fine saying it. I fell into this thing, in a good way.” –Evan Sharp

Referensi :