Eric Schmidt : Dari Dewan Direksi Apple Inc. sampai CEO Google

Biografi, Eric Schmidt


Pekerjaan
American Software Engineer, A Businessperson, and The Executive Chairman of Alphabet, Inc.

Tempat Tanggal Lahir
Falls Church,Virginia, Amerika Serikat, 27 April, 1955

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Pendidikan
Princeton University
University of California, Berkeley

Total Kekayaan
US$10.1 billion

Peringkat Berdasarkan Forbes

  • 36 Forbes 400 (2016)

  • 48 in 2015

  • 19 Richest In Tech (2016)

  • 100 Billionaires (2016)

  • 40 in United States

Riwayat Hidup


Eric Schmidt memiliki nama asli Eric Emerson Schmidt, ia lahir pada 27 April 1955 di FallsChurch, Virginia, dan dibesarkan di Falls Church dan Blacksburg, Virginia. Eric Schmidt merupakan anak dari Eleanor, ahli psikologi, dan Wilson Emerson Schmidt, seorang profesor ekonomi internasional di Virginia Tech dan Johns Hopkins University, yang bekerja di Departemen Keuangan AS selama NixonAdministrasi. Dan ia adalah salah satu dari tiga bersaudara.

Pada tahun 1972, Schmidt lulus dari Sekolah Tinggi Yorktown di lingkungan Yorktown dari Arlington County, Virginia. Setelah mendapatkan delapan surat penghargaan lari jarak jauh dari universitas. Ia kemudian diterima di Universitas Princeton, di mana ia mulai sebagai arsitektur besar tapi kemudian beralih dan memperoleh gelar BS di teknik listrik pada tahun 1976.

Dari tahun 1976 sampai 1980, Schmidt tinggal di International HouseBerkeley,di mana ia bertemu dengan calon istrinya, WendyBoyle.

Pada tahun 1979, di University of California,Berkeley, Schmidt kemudian meraih gelar MS untuk merancang dan melaksanakan jaringan (Berknet) yang menghubungkan pusat komputer kampus dengan CS dan EECS. Di sana, ia juga mendapatkan gelar Ph.D. di tahun 1982 di EECS, dengan membuat alat untuk menyelesaikan masalah tentang menjalankan roda manajemen pendistribusian dan pengembangan perangkat lunak.

Riwayat Karier


Pada awal karirnya, Schmidt mengadakan serangkaian posisi teknis dengan Perusahaan IT termasuk Byzromotti Desain, Bell Labs (dalam penelitian dan pengembangan), Zilog,dan Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Pada musim panas di BellLabs,ia dan Mike Lesk menulis Lex, program yang menghasilkan leksikal-analisis dari reguler deskripsi ekspresi. Ini adalah alat penting untuk konstruksi compiler.

Pada tahun 1983, Schmidt bergabung Sun Microsystems sebagai manajer perangkat lunak pertama.Dia naik jabatan menjadi direktur rekayasa perangkat lunak, wakil presiden dan general manager dari divisi produk perangkat lunak, wakil presiden kelompok sistem umum, dan presiden Sun Technology Enterprises.

Pada bulan April 1997, Schmidt menjadi CEO dan ketua dewan Novell.Dia memimpin sebuah periode penurunan di Novell mana protokol IPX yang sedang digantikan oleh produk-produk open TCP / IP, sementara pada saat yang sama Microsoft telah pengiriman gratis tumpukan TCP / IP di Windows 95, membuat Novell apalagi menguntungkan. Pada tahun 2001, ia berangkat setelah akuisisi Cambridge MitraTeknologi.

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin diwawancarai Schmidt. Terkesan dengan dia,[25] mereka merekrut Schmidt untuk menjalankan perusahaan mereka pada tahun 2001 di bawah bimbingan pemodal ventura John Doerr dan MichaelMoritz.

Pada bulan Maret 2001, Schmidt bergabung Google dewan direksi sebagai ketua, dan menjadi CEO perusahaan pada bulan Agustus 2001. Pada Google, Schmidt berbagi tanggung jawab untuk operasi sehari-hari Google dengan pendiri Page dan Brin. Setelah yang dipekerjakan di Google, Eric Schmidt dibayar gaji 250.000 dan bonus kinerja tahunan. Dia diberikan 14.331.703 saham Kelas B saham biasa pada 0,30 per saham dan 426.892 saham dari saham preferen Seri C dengan harga pembelian $ 2,34.
Pada tahun 2007, PC World peringkat Schmidt sebagai yang pertama pada daftar dari 50 orang paling penting di Web, bersama dengan pendiri Google Page dan Brin.

Dalam daftar ‘dunia Billionaires’ tahun 2011, Forbes peringkat Schmidt sebagai 136 orang terkaya di dunia, dengan kekayaan diperkirakan sebesar 7 miliar. Google memberinya penghargaan ekuitas 100 juta dalam 2011 ketika ia mengundurkan diri sebagai CEO.

Pada 20 Januari 2011, Google mengumumkan bahwa Schmidt akan mundur sebagai CEO Google tetapi terus sebagai ketua eksekutif perusahaan dan bertindak sebagai penasihat untuk bersama-pendiri Page dan Brin.

Pada 4 April 2011, Page menggantikan Schmidt sebagai CEO.

Pada tanggal 28 Agustus 2006, Schmidt terpilih menjadi dewan direksi Apple Inc’s.

Pada tanggal 3 Agustus 2009, itu diumumkan bahwa Schmidt akan mengundurkan diri dari dewan direksi Apple karena konflik kepentingan di tengah meningkatnya persaingan antara Google dan Apple.

Fakta-fakta


  1. Schmidt memulai karir profesionalnya dengan perusahaan sistem operasi komputer UNIX. Pada tahun 1997, ia menjadi CEO Novell, ia mengundurkan diri dari sana pada tahun 2001. Pada tahun yang sama, ia mulai bekerja di Google.

  2. Ketika Eric Schmidt direkrut di Google, dia dibayar gaji kotor dua puluh lima ribu dolar sudah termasuk kinerja tahunan. Ketika di tahun 2011 Schmidt meninggalkan posisi CEO di Google, perusahaan membayarnya total ratusan juta dolar.

  3. Ketika ada perang yang sedang berlangsung antara Google dan Apple Inc., Eric Schmidt beranggapan sudah jelas bahwa Google memiliki keberhasilan yang baik sebagai search engine yang memiliki pasar 72 persen sementara Apple Inc memiliki pasar hanya 14 persen. Eric Schmidt juga mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa setiap hari, 1,3 juta perangkat Android diaktifkan dan jumlah ini terus meningkat.

  4. Eric Schmidt gemar mengoleksi barang seni

  5. Eric Schmidt terdaftar sebagai anggota aktif dari Bilderberg Group dan menghadiri konferensi pada 2011 yang digelar di St. Moritz, Swiss.

  6. Eric Schmidt suka menerbangkan pesawat dan sangat bersemangat tentang hal itu. Dia adalah pemilik Gulfstream V, yang merupakan salah satu pesawat jet pribadi. Schmidt sendiri adalah pilot bersertifikat tapi setiap kali ia terbang, ia memastikan bahwa kru yang terbang bersamanya adalah kru yang profesional. Tujuan favoritnya adalah Eropa dan Pantai Timur.

  7. Mobil favorit Eric Schmidt adalah Toyota Prius. Mobil ini adalah mobil yang unik karena mobil tersebut adalah mobil Hybrid.

  8. Eric Schmidt telah membeli real estate di lingkungan mewah di negara bagian California. Properti ini bernilai 3,7 juta dolar dan ia tinggal bersama keluarganya di rumah besar ini.

Quotes


“We know where you are. We know where you’ve been. We can more or less know what you’re thinking about” - Eric Schmidt


“If you have something that you don’t want anyone to know maybe you shouldn’t be doing it in the first place” - Eric Schmidt


“Every young person one day will be entitled automatically to change his or her name on reaching adulthood in order to disown youthful hijinks stored on their friends’ social media sites” - Eric Schmidt


“You can trust us with your data” - Eric Schmidt


Referensi

Pediri Google yang berengaruh tidak hanya Larry Page dan Sergey Brin, namun juga Eric Schmidt. Ia merupakan salah satu tokoh kunci yang sudah lama menahkodai Google. Pria ini lumayan lama menjabat sebagai CEO Google, hal yang unik bahwa ia juga seorang pentinggi perusahaan Apple. Padahal, Apple dan Google adalah rival yang sama – sama bergerak di bidang teknologi.

Eric Emerson Schmidt lahir di Washington pada 27 April 1955, ia lahir dari keluarga yang sanagt menjunjung tinggiakademisi. Ibunya, Eleanor adalah sarjana psikologi. Sedangkan ayahnya Wilson Schmidt, seorang profesor di bidang ekonomi. Karena ia tumbuh dalam keluarga yang mementingkan akademik, ia pun tumbuh menjadi anak pintar. Setelah lulus dari Yorktown Highschool, ia lanjut ke Princenton University. Ia lulus sarjana teknik elektro pada tahun 1976, kemudian melanjutkan ke University of California, Berkley dan selesai pada 1979. Ia meneruskan kembali sampai meraih gelar sarjana S3 di universitas yang sama. Akhirnya mendapatkan gelar Dr.Eric Schmidt.

Setelah menempuh pendidikan, ia pun mulai merajut karir. Sesuai dengan jurusannya, ia berada dalam bidang teknologi. Ia berpindah-pindah ke berbagai perusahaan IT, berawal dari Bell Labs, Zilog, dan Xerox hingga menjadi pimpinan pengembangan teknologi Java pada tahun 1983, di sini ia menempati posisi puncak sebagai Chief Technology Officer. Pada tahun 1997, ia menjadi CEO perusahaan teknologi Novell. Setelah Novell diakuisisi oleh Cambridge Technology Partner, ia memutuskan meninggalkan perusahaan. Disinilah titik dimana Google akan berdiri.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin berada dalam level yang sama dengan Schmidt. Ia bergabung untuk menjadi Board of Directors Google pada Maret 2001, sebelum kemudian ditunjuk menjadi CEO pada Agustus 2001. Di bawah kepemimpinannya, Google sedikit demi sedikit berubah menjadi perusahaan raksasa. Ia sukses menembangkan berbagai layanan Google dan meraup banyak uang, misalnya saja layanan AdSense yang hadir sejak tahun 2003 yang memudahkan para website untuk mendulang pendapatan. Di sisi lain, layanan ini juga jadi mesin uang bagi Google. Sebanyak 30% pendapatan total Google di kuartal empat 2010 berasal dari AdSense, juga keputusan untuk mengakuisisi YouTube di tahun 2006 seharga USD1,65 miliar berbuah hasil manis. Pendiri Google, Larry Page kemudian kembali mengambil alih tampuk tertinggi kekuasaan di raksasa internet tersebut pada 4 April 2011. Sementara ia masuk dalam jajaran chairman executive Google dan akan memfokuskan diri untuk urusan perjanjian kerja sama, partnership, serta menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemerintah.

Ia pernah menduduki dewan direksi Apple pada 2006 hingga 2009, namun mengundurkan diri. Keluarnya Schmidt lantas disusul dengan peluncuran Android, tak ayal Google pun berhadapan langsung dengan Apple dalam bisnis smartphone. Pada 10 Agustus 2015, Google mengumumkan bahwa mereka membentuk anak perusahaan bernama Alphabet yang menduduki sebagai ketua ekesekutif adalah Eric Schmidt. Eric Schmidt menjadi ketua eksekutif Alphabet hingga sekarang.

“We run this company on question not answer”
~ Eric Schmidt

Sumber:
http://edition.cnn.com/2013/05/14/us/eric-schmidt-fast-facts/index.html (dikutip pada 5 September 2017)
https://en.wikipedia.org/wiki/Eric_Schmidt (dikutip pada 5 September 2017)
https://www.theguardian.com/technology/2016/may/25/alphabets-eric-schmidt-admits-he-uses-an-iphone (dikutip pada 5 September 2015)
http://www.plimbi.com/article/115871/eric-schmidt-mantan-petinggi-apple-yang-membelot-k (dikutip pada 6 September 2017)
https://www.forbes.com/profile/eric-schmidt/ (dikutip pada 6 September 2017)

Eric Schmidt yang mempunyai nama asli Eric Emerson Schmidt lahir pada 27 April 1955. Sekarang, ia menjabat sebagai CEO Google dan menempati posisi chairman. Namun, Eric Schmidt ini juga merupakan mantan petinggi Apple yang merupakan musuh dari Google. Bahkan, ia disebut-sebut seseorang yang menjadi pemicu pertarungan antara Google dan Apple.

Erick Schmidt yang berperan sebagai Chief Executive Officer Google, berperan dalam mengubah google yang awalnya hanya mesin pencari data, menjadi mesin penghasil uang. Majalah Forbes mendudukkan Erick Schmidt menjadi orang terkaya rangking 142 di dunia pada tahun 2008. Sedangkan, tahun lalu ia berada di peringkat 50 orang terpenting di dunia.

Erick Schmidt menempuh pendidikan menengahnya di Yorktown High School, Virginia. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Princeton University. Di Princeton University ia mendapatkan gelar Bachelor of Science. Ia juga mendapat gelar master ilmu komputer pada tahun 1979 dan mendapatkan gelar Ph. D. pada tahun 1982. Pada awal karirnya, ia memilih serius di bidang teknik pada perusahaan IT. Ia pernah bekerja pada Bell Laboratories dan Zilog serta pernah bekerja sebagai staf penelitian di laboratorium.

Pada Maret 2001, Schmidt melamar ke Google. Ia mempunyai pekerjaan yang tak mudah menjadi Chief Executive Officer (CEO) Google. Eric juga menggagas budaya kerja unik di Google. la pun membangun Googleplex, markas besar Google, sebagai tempat kerja yang nyaman. Namun, Eric terkenal sebagai orang yang sangat tertutup. Jika Larry Page dan Sergey Brin terlibat perbedaan pendapat, maka Erick lah yang akan berdiri di antara mereka dan menyatukan pendapat. Pada 10 Oktober 2006, google mengakuisisi situs youtube. Pada tahun 2006, Erick mendapat penghargaan dari National Academy of Engineering karena sukses mengembangkan strategi bagi mesin pencari paling sukses sedunia dan Apple Inc. memasukkan Eric ke dalam jajaran direkturnya. Tidak banyak orang tahu bagaimana kehidupan pribadi Erick, karena ia sangat berhati-hati menjaga masalah pribadinya.

Hal yang dapat diinspirasikan dari Erick yaitu ia berkata bahwa selalu bersenantiasalah untuk berpikiran terbuka. Jangan menutup diri diluar zona nyamanmu, lakukanlah hal-hal yang baru, orang-orang yang baru, dan buatlah perbedaan dalam kehidupanmu yang baru. Berkatalah “Ya” karena itu merupakan kata sederhana yang dapat mengubah hidupmu.

Erick mempunyai skill untuk memecahkan permasalahan yang terjadi diantara Larry Page dan Sergey Brin. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk berkoordinasi, mengantur orang dan berpikir kritis untuk membuat google menjadi sebuah mesin pencari data nomer 1 di dunia.

Salah satu quotes dari Erick Schmidt adalah “Fast learners win.” Yang artinya siapa yang cepat dalam mempelajari, maka dialah yang menang.

Sumber:
(http://olahraga.kompas.com/read/2008/10/20/07065598/eric.e.schmidt.satu.dari.tiga.aktor.google)
(http://dimbleweb.com/blog/read/5-inspirasi-dari-pengusaha-sukses-dunia/50)
(https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/e/ericschmid460809.html)

Eric Emerson Schmidt lahir pada 27 April 1955 di Washington, D.C. Ia merupakan eksekutif teknologi informasi Amerika yang menjabat sebagai chairman dan CEO Google Inc. pada tahun 2001-2011 yang bertugas mengawasi perluasan aktivitas perusahaan secara luas. Ia juga pembuat pendamping perangkat lunak penganalisis leksikal lex untuk Unix.

Schmidt tumbuh di Blacksburg, Virginia, di mana ayahnya adalah seorang profesor ekonomi di Virginia Tech. Dia memasuki Universitas Princeton sebagai mahasiswa arsitektur namun kemudian beralih jurusan teknik elektro sebelum lulus pada tahun 1976. Dia kemudian belajar ilmu komputer (M.S., 1979; Ph.D., 1982) di University of California, Berkeley.

Dari tahun 1979 sampai 1983, Schmidt bekerja untuk Xerox Corporation di instalasi Xerox PARC di Palo Alto, California. Ia menjadi manajer perangkat lunak di Sun Microsystems pada tahun 1983. Di Sun dia terlibat dalam pengembangan bahasa pemrograman Java, dan dia dengan antusias mempromosikan penggunaannya dalam kapasitasnya sebagai eksekutif perusahaan. Pada tahun 1997 Schmidt meninggalkan Sun untuk menjadi chairman dan CEO Novell, Inc. Perusahaan teknologi ini kemudian membutuhkan kepemimpinan yang inovatif, karena sistem operasi jaringan NetWare kehilangan pangsa pasarnya terhadap Microsoft NT. Schmidt berusaha menghidupkan kembali perusahaantapi tidak bisa membalikkan penurunan jangka panjang.

Pada bulan Maret 2001 Schmidt dipekerjakan oleh Google sebagai ketua dewan. Kurang dari lima bulan kemudian ia diberi jabatan tambahan sebagai CEO. Pada saat ini dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, menjadi presiden produk dan presiden teknologi. Sebenarnya, ketiganya menjalankan Google sebagai triumvirate. Schmidt dikreditkan dengan memperkenalkan elemen struktur bisnis konvensional ke dalam perusahaan. Dia mengawasi penawaran saham perdana publik Google pada Agustus 2004 dan juga menjabat sebagai juru bicara perusahaan.

Schmidt dan pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, meresmikan berbagai agenda pertemuan mereka, sehingga setiap karyawan tahu mereka akan mendapat kesempatan mingguan untuk mempresentasikan rencana yang dapat dipilih oleh tim kepemimpinan Google untuk bertindak atau tidak. Penekanan ditempatkan pada efisiensi. Di Google, Schmidt menjelaskan, jelas siapa tanggung jawabnya, dan keputusannya tidak terjebak dalam limbo birokratis.

Kini, Eric Schmidt adalah ketua eksekutif Alphabet, perusahaan induk Google dan salah satu konglomerat paling berpengaruh di dunia. Menurut forbes, total kekayaan Eric kini mencapai $12,6 B.

“Do not be afraid to fail, but also, do not be afraid to succeed.” – Eric Schmidt

Sumber :
(https://id.wikipedia.org/wiki/Eric_Schmidt)
(https://www.britannica.com/biography/Eric-Schmidt)
(http://www.businessinsider.com/alphabet-chairman-eric-schmidt-advice-for-managers-2017-6/?IR=T)
(http://edition.cnn.com/2013/05/14/us/eric-schmidt-fast-facts/index.html)
(http://www.azquotes.com/author/13112-Eric_Schmidt)
(https://www.forbes.com/profile/eric-schmidt/)