Eric Friedman --- Co-Founder Fitbit

Pekerjaan : Co-Founder fitbit.com, CTO
Afiliasi lain : WindUp Labs .inc, CNET, Microsoft
Alamat asal: San Fransisco, California
Kewarganegaraan : Amerika Serikat
Pendidikan : Master of Science, Yale University, Bachelor of Arts / Science, Yale University
Total Kekayaan : US$ 660 Billion Dollar (2015)
Peringkat Kekayaan versi Forbes : 30 Kategori "“40 Under 40”

Riwayat Hidup


Dibesarkan di San Fransisco, Ayahnya merupakan seorang Professor Perangkat Biomedik yang memiliki alat-alat perangkat kedokteran pada umumnya. Meskipun begitu, ia merupakan anak Lelaki kebanyakan (bersama dengan James Park ketika perkuliahan dan pasca-kuliah) suka bermain game dengan Nintendo Wii yang selanjutnya akan menjadi inspirasi karirnya yang sangat penting bagi mereka berdua.

Riwayat Karir


Selepas lulus dengan mendapatkan gelar Master dan Bachelor nya dalam bidang Computer Sciences, ia langsung bekerja di Epesi Technologies sebagai Software Engineering di tahun 2000 sampai 2001. Ia juga bekerja sampingan sebagai Technical Team Microsoft kala itu namun hanya dalam waktu 6 bulan saja. Kemudian menjadi Salah satu Co-Founder WindUp Labs selama 2 tahun 9 bulan (berakhir pada April 2005) yang pada akhirnya perusahaan tersebut terbeli oleh CNET dikarenakan mengalami peningkatan yang impresif pada kinerja perusahaannya, khususnya terhadap Eric seorang. Setelah perusahaannya di akuisisi oleh CNET, ia dijadikan sebagai Engineer Manager di CNET. Tak lama juga, hanya berselang 2 tahun 1 bulan, ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya untuk mendirikan perusahaan starts-up nya buatannya sendiri

Bersama dengan James Park, awal mula fitbit dibangun dimulai ketika tahun 2007, ketika mereka mendirikan perusahaan, mereka berdua meminjam uang kepada orangtua beserta kerabatnya yang terhitung totalnya berjumlah 400.000 Dollar, yang mana mereka berdua juga sadar bahwa uang tersebut tidak cukup untuk membangun sebuah prototipe pertama perusahaan mereka.

Terinspirasi oleh Nintendo Wii, mereka berdua sadar bahwa sensor jarak jauh yang teraplikasi di dalam tools atau perangkat game Nintendo dapat membuat sesuatu yang berguna bagi kesehatan manusia, sehingga perancangan prototipe awal mereka terfokus bagaimana membuat sebuah alat yang berdasar sensor untuk mengukur sejumlah perhitungan-perhitungan kesehatan manusia, seperti sensor detak jantung manusia, pengukur denyut nadi, lemak kalori yang terbakar, serta sensor suhu tubuh dan sejenisnya.

Meskipun persaingan pasar cukup ketat, namun untuk bidang ini Fitbit selalu memimpin di pangsa pasarnya, dan telah dimasukkan ke salah satu list daftar perusahaan terinovatif di Amerika Serikat. Dengan nilai Pasar Modal perusahaannya sejumlah 6 Milliar Dollar, Fitbit sudah termasuk ke dalam perusahaan dengan valuasi modal yang besar dan kuat di NYSE. Perusahaannya terbukti bertumbuh sangat cepat dengan pendapatan di akhir tahun 2012 sejumlah 76 Juta Dollar, berakhir dengan 745 Juta Dollar pada puncaknya di penutup tahun 2014. Semua hal tersebut berakibat dengan meroketnya harga per saham perusahaannya (meningkat 50% dari harga awal) semula hanya 20 Dollar per lembar sahamnya, kini menjadi 30 Dollar, yang menjadikan 2 pendiri Fitbit (Eric sendiri dengan James Park) keluar sebagai list 40 orang Miliarder di Amerika Serikat versi Forbes di tahun 2015.

Fakta-Fakta


  • Eric pernah menjadi bagian dari Microsoft sebagai Technical Team

  • Menjadi Co-Founder WindUp Labs , yang kemudian perusahaan tersebut terbeli oleh CNET

  • Setelah memutuskan berhenti menjadi bagian dari Microsoft, ia melanjutkan karirnya menjadi bagian dari CNET sebagai salah satu Engineer Manager di perusahaannya

  • Fitbit merupakan perusahaan yang baru saja membuka untuk penjualan sahamnya di NYSE (New York Stock Exchange) pada tahun 2015 yang lalu

  • Pendapatan Fitbit dari tahun 2012 ke 2014 mengalami pelonjakan pendapatan yang sangat signifikan, yakni mulai dari 76 Juta Dollar di tahun 2012, kemudian melonjak 271 Juta Dollar di tahun 2013, dan meroket tajam sebanyak 745 Juta Dollar di tahun 2014.

Quotes


“Well, part of being an entrepreneur is you’re eternally optimistic”

“One of the things that made Fitbit was that we took multiple and disparate fields and made them greater than the sum of their parts.”

Referensi


https://www.linkedin.com/in/eric-friedman-b50772?authType=NAME_SEARCH&authToken=vGFP&locale=en_US&trk=tyah&trkInfo=clickedVertical%3Amynetwork%2CentityType%3AentityHistoryName%2CclickedEntityId%3Amynetwork_1892076%2Cidx%3A1
http://www.forbes.com/sites/briansolomon/2015/06/18/fitbit-ipo-pop-makes-founders-into-600-million-men/#4ac8b218390a
http://www.forbes.com/profile/eric-friedman/
http://news.yale.edu/2016/10/25/fitbit-founder-and-upcoming-tech-summit-speaker-eric-friedman-eternally-optimistic-entrep
http://www.fool.com/investing/general/2015/08/16/meet-the-fitbit-executive-team.aspx
http://www.express.co.uk/pictures/galleries/8968/America-s-Richest-Entrepreneurs-Under-40-Forbes-Facebook-Whatsapp-Snapchat-gallery-in-pictures/Eric-Friedman-is-the-co-founder-of-FitBit-His-networth-is-660M-182130

Riwayat Hidup


Eric N. Friedman adalah pengusaha teknologi asal Amerika Serikat. Beliau sekarang berusia 40 tahun. Eric Friedman adalah salah satu pendiri dan kepala bagian teknologi dari Fitbit Inc. Fitbit Inc. adalah perusahaan pembuat monitor kebugaran yang digunakan untuk melacak data kesehatan dan berbagi data antar penggunanya. Eric Friedman adalah pemegang gelar B.S. dan M.S. jurusan ilmu komputer dari Universitas Yale.

Perjalanan Karir

Saat ini, Eric Friedman juga menjabat sebagai manajer insinyur di jejaring CNET. Sebelum bekerja di jejaring CNET, Friedman mendirikan Wind-Up Labs, mendirikan Epesi Technologies, dan anggota teknis dari Real-Time Collaboration Group di Microsoft Corporation. Friedman terpilih untuk menjadi anggota dewan direksi karena perspektif dan pengalamannya sebagai pendiri dan kepala bagian teknologi salah satu raksasa teknologi dunia. Dia selalu rendah hati menganggap dirinya sebagai kepala teknologi sebuah perusahaan kecil.

Pada titik tertentu, beliau ingin bekerja menjadi seorang pengacara. Tetapi, beliau tidak yakin bahwa kedua bidang tersebut dapat menyatu. Tetapi, minat dan bakatnya pada dunia komputer menjadikan pekerjaannya di ”perusahaan kecil” itu terasa menyenangkan. Fitbit kini telah menjadi sedikit lebih besar dari sekadar sebuah perusahaan kecil dan telah menjadi sebuah pengalaman yang menakjubkan baginya. Bidang teknologi benar-benar menggairahkan bagi seorang Eric Friedman sehingga beliau melakukan apa yang dia impikan itu dan beliau merasa sangat beruntung dalam hal itu.

Keberhasilan Usaha

Perusahaan Fitbit memiliki nilai pada pasar saham sebesar 6 Milliar Dollar. Fitbit juga sudah termasuk ke dalam perusahaan dengan valuasi modal yang besar dan kuat di NYSE. Perusahaannya ini juga terbukti dapat tumbuh sangat cepat dengan pendapatan sejumlah 76 Juta dollar Amerika di akhir tahun 2012 dan berakhir pada 745 Juta dollar Amerika di penutupan tahun 2014. Semua hal tersebut berakibat dengan meroketnya harga per saham perusahaannya yang semula hanya 20 dollar Amerika per lembar saham, kini meningkat menjadi 30 dollar Amerika. Hal tersebut menjadikan 2 pendiri Fitbit, Eric Friedman sendiri bersama James Park masuk dalam daftar 40 orang miliarder terkaya di bawah usia 40 tahun Amerika Serikat versi Forbes di tahun 2015.

Filosofi Hidup


Berinovasi adalah hobi dari Eric Friendman, beliau terus melakukan hobinya tersebut kapan pun hingga kini. Kapan pun Eric Friendman dapat menciptakan suatu produk tertentu, beliau merasa bahwa seluruh dunia akan lenyap, dan beliau akan langsung fokus tentang apa yang sedang beliau bangun. Eric Friendman merasa gembira mengatakan “Oh, bagaimana cara mengatasi masalah ini ?” kemudian pemecahan masalah tersebut datang setelahnya.

Beliau merasa beruntung dapat lahir di zaman sekarang ini dimana beliau dapat membangun sebuah perangkat lunak dan rekayasa berkecepatan tinggi dan dapat melihat hasil produknya dengan cepat. Baginya, hal itu adalah sebuah kegembiraan yang besar.

Kata-kata Bijak Eric N Friedman

“Aku punya keleluasaan untuk hanya mengambil kerja satu jam di siang hari dan lalu pergi melakukan sesuatu, tetapi aku akan terus bekerja hingga semalaman.”

Referensi

Eric Friedman merupakan Co-Founder dan Eksekutif teknologi di Fitbit,Perusahaan alat olahraga dan kesehatan.

Awal Kesuksesan

Awal kesuksesannya dimulai dari idenya yang terinspirasi dari Nintendo yang mengkombinasi Sensor dan Software di konsol game nya,yaitu Wii. Friedman dan James Park melihat adanya celah usaha alat olahraga di pasaran, dimana saat itu hanya ada produk dengan teknologi rendah ,seperti pedometers dan Jam yang mahal. Dengan itu,mereka mulai mengkumpulkan uang 400 ribu USD dari keluarga dan temannya untuk memulai usahanya itu.

Sekitaran tahun 2015, 88% pengeluaran di Amerika Serikat yang berhubungan dengan pasar alat olahraga ada di Fitbit. Mereka menjual 13 juta alat hanya dalam jangka waktu 9 bulan pertamanya. Mereka memulai debutnya pada Juni 2015 dan pada akhir tahun,mereka berhasil menjual 18 juta produknya tanpa merilis produk baru.
Pada tahun 2016,mereka berhasil menyaingi perusahaan yang mengeluarkan alat kebugaran seperti Apple dan Xiaomi.

One of the things that made Fitbit was that we took multiple and disparate fields and made them greater than the sum of their parts.

Sumber :

http://entrepreneur.wiki/Eric_Friedman

PENGALAMAN KARIR

  1. Bekerja di Fitbit, Inc. Sebagai Co-Founder (2007-sekarang)
  2. Bekerja di CNET Networks sebagai Engineer Manager (2005-20017)
  3. Bekerja di Wind-Up Labs, Inc. sebagai Co-Founder (2002-2005)
  4. Bekerja di Epesi Technologies sebagai Software Engineer (2000-2001)

Bersama James Park, Eric Friedman mendirikan Fitbit. Dengan gelar Barchelor of Science dan Master of Science dari Yale University, Friedman menjadi pengajar senior di dalam grupnya. Sebelumnya, Friedman menjabat sebagai teknisi di CNET Networks dan menjadi peranan utama di Windup Laps dan di Epsei Technologies sama seperti James Park.

Eric Friedman dan James Park membuat Fitbit terinspirasi dari bagaimana Nintendo menggabungkan sensor dan software di Wii yang merupakan konsol game, kemudian mereka berdua menyadari celah di pasar perangkat olahraga dimana produknya antara pedometer berteknologi rendah atau jam tangan olahraga berteknologi terbaru. Eric Friedman dan James Park mengumpulkan 400.000 dolar dari keluarga dan teman-temannya untuk memulai usahanya.

Ayah dari friedman, seorang profesor perangkat biomedis menyetujui untuk berinvestasi pada usaha mereka berdua, tapi sebelumnya, ayah dari Friedman memberitahu kepada mereka bahwa perangkat semacam itu tidak akurat dan tidak ada yang akan membelinya. Tapi mereka mampu mematahkan perkataan ayahnya tersebut dan menjadi pengusaha yang sukses di Fitbit.


KATA MUTIARA DARI ERIC FRIEDMAN

"Menjadi seorang pengusaha akan membuat anda menjadi seseorang yang optimis"


REFERENSI

https://www.linkedin.com/in/eric-friedman-b50772/
https://www.forbes.com/profile/eric-friedman/

Eric Friedman lahir di Amerika pada April 1977, Friedman kecil dibesarkan di San Fransisco. Meskipun ayahnya adalah Professor Perangkat Biodemik namun Friedman lebih menyukai game daripada profesi ayahnya seperti anak lelaki seumurannya yang kemudian hal itu yang menginspirasinya dalam menempuh karir hingga menjadi seperti sekarang ini.

Pendidikan dan Karir

Eric Friedman merupakan mahasiswa lulusan Yale University dan dia mendapatkan gelar Master serta Bachelor dalam bidang Computer Sciences. Setelah lulus, ia bekerja sebagai Software Engineering di perusahaan yang bernama Epesi Technologies pada tahun 2000. Meskipun sedikit yang tahu bahwa Eric Friedman sempat bergabung dengan Microsoft meskipun hanya 6 bulan lamanya. Sepeninggalnya dari Microsoft, Friedman menjadi salah satu co-founder perusahaan bernama WindUp Labs yang kemudian dibeli oleh CNEt karena perkembangannya yang menakjubkan.

CNET menunjuk Friedman menjadi Engineer Manager untuk WindUp Lab dan hanya bertahan selama 2 tahun karena Friedman memutuskan untuk mengundurkan diri untuk membuat perusahaan Start Up bersama James Park yang dikenal sekarang sebagai Fitbit. Hobi Friedman dan James Park bermain game membuatnya menjadi sangat sukses dikarenakan ide pembuatan gelang Fitbit yang terkenal terinspirasi dari sebuah remote control Nintendo Wii. Konsep rancangan prototype gelang Fitbit berasal dari konsep sensor jarak jauh yang terpancar dari Controller Nintendo Wii yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk kesehatan manusia.

Hal yang menginspirasi dari Eric Friedman adalah dia orang yang Inovatif dan tidak mudah puas dengan pencapaiannya. Hal ini dapat dilihat dari keluarnya dia dari perusahaan WindUp yang sudah sukses untuk membuat perusahaan baru bernama Fitbit

Skill yang dimiliki oleh Eric Friedman menurut World Economic Forum adalah Computer Sciences. Dia melatih kemampuannya tersebut dengan mempelajarinya di Yale University.

Quotes : “We expect to make about $500,000-$600,000 more. Our initial goal was one million, but in reality we will probably make a bit less

Sumber :
http://people.equilar.com/bio/eric-friedman-fitbit/salary/978398

Eric N. Friedman mendirikan Wind-Up Labs, Inc., pada tahun 2002. Mr. Friedman adalah Co-Founder of Fitbit Inc. dan menjabat sebagai Chief Technology Officer. Dia adalah seorang teknolog berpengalaman yang gemar membuat dan menyaring aplikasi konsumen yang inovatif. Di CNET / Webshots, dia memimpin tim teknik untuk salah satu situs pemotretan terbesar di dunia.

Sebelum Webshots, dia adalah co-founder Windup Labs, yang menciptakan HeyPix, salah satu aplikasi photosharing P2P pertama. Friedman menjabat sebagai Engineer Manager di CNET Networks. Dia menjabat sebagai Founding Engineer di Epesi Technologies, di mana dia membantu mengembangkan konten dan aplikasi sindikasi middleware.

Dia menjabat sebagai Software Engineer di Microsoft Real-Time Collaboration Group. Sementara di Microsoft, ia mengembangkan antarmuka pengguna dan kode sisi server untuk Exchange Instant Messaging dan Chat Servers. Dia menjabat sebagai Technical Member dari Real-Time Collaboration Group di Microsoft Corporation. Dia telah menjadi Direktur di Fitbit Inc. sejak Maret 2007. Friedman memegang sebuah B.S. dan M.S. di Ilmu Komputer dari Universitas Yale.

Quote : That was the end of snowboarding at mad river glen

Sumber : https://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=22475318&privcapId=49068649