Eric C.Wiseman : CEO Genius Sang Pengontrol Fashion Masyarakat Jaman Sekarang

berita_people
entrepreneur

(Istighfarin Bahtiar Amry) #1

CEO Genius Sang Pengontrol Fashion Masyarakat Jaman Sekarang

  • Eric C.Wiseman Adalah ketua dewan atau Pimpinan Eksekutif dari perusahaan VF yang bergerak pada bidang pakaian atau fashion.

Eric C.Wiseman

merupakan ketua dewan atau pimpinan eksekutif dari sebuah perusahan ternama yang berjalan pada bidang industri pakaian,perusahaan tersebut bernama VF Coorporation. Merupakan pemimpin global dalam industri pakaian atau fashion life style yang ber merek,meliputi pakian,alas kaki atau sepatu,baju kerja,jaket maupun asesoris lainnya yang hingga saat ini memiliki pendapatan sekitar $12 milliar USD.Berkantor pusat di Greensboro, North Carolina.VF adalah perusahaan induk dari lebih dari 30 merek terkenal, termasuk WranglerĀ®, The North FaceĀ®, LeeĀ®, VansĀ®, NauticaĀ®, 7 For All MankindĀ®, JanSportĀ®, KiplingĀ® , NapapijriĀ®, ReefĀ®, dan John VarvatosĀ®. Wiseman memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri pakaian jadi.

Biografi

Eric C . Wiseman lahir pada tanggal 23 Januari tahun 1955 pada saat ini beliau berumur 61 Tahun.Pada umur 32 tahun dia menikah dengan istrinya yang bernama Susan Wiseman. Sepak terjang beliau dalam mengarungi masa-masa perintisan bisnisnya dimulai dengan menjadi pimpinan pada perusahaan Lowe's Companies Inc, CIGNA Corporation dan Retail Industry Leaders Association (RILA).

Tidak banyak riwayat beliau yang dapat kita peroleh di internet dikarenakan beliau lebih suka untuk mengatur di balik layar panggung perusahaan-perusahaan besar dunia. Karirnya bersama VF dimulai pada tahun 1995 saat ia bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai Executive Vice President JanSport. Dia telah memegang perkembangan peran kepemimpinan, menjabat sebagai Ketua VF Sportswear dan Outdoor koalisi.

Dia diangkat sebagai Executive Vice President, Global Brands pada tahun 2005, dan President and Chief Operating Officer VF Corporation pada tahun 2006. Dia terpilih menjadi anggota Dewan Direksi VF Corporation pada bulan Oktober 2006. Wiseman diangkat sebagai CEO pada bulan Januari 2008 dan Ketua Dewan di Agustus 2008

Wiseman memegang gelar B.S dalam bidang bisnis dan M.B.A. dari Universitas Wake Forest. Saat ini dia menjabat di Dewan Direksi CIGNA Corporation, Dewan Pengunjung Sekolah Bisnis Universitas Wake Forest, dan Dewan Direksi RILA (Asosiasi Industri Ritel).
Beliau pernah di muat pada majalah FORBES keluaran tahun 2012 dengan urutan nomer 43 pada compensasi yang dia dapat yakni :

PENDAPATAN NILAI
Gaji $1.10 juta
Bonus $2.46 juta
Lain-Lain $12.20 juta
Stock $8.28 juta
TOTAL $24.04 juta

MANAJEMEN PERUSAHAAN

Setelah kita mengenal beliau secara umum,kita akan membahas bagaimana orang seperti beliau dalam melakukan manajemen perusahaan-perusahaan yang beliau miliki dan bagaimana visi misi serta metode yang beliau terapkan.

Adakah beberapa metode atau naluri insting manajemen beliau yang dapat kita tiru?

Penggunaan Metode Strategic Growth Plan(Rencana Pertumbuhan Strategis)

Yakni dengan cara tumbuh secara konsisten dengan menciptakan produk dan pengalaman merek yang menakjubkan dan baik yang mengubah dan memperbaiki kehidupan konsumen di seluruh dunia. Rencana pertumbuhan strategis membahas prespektif pasar yang berubah dengan cepat dengan sasaran terukur untuk memberikan jumlah pemegang saham kuartil teratas.

Pemilihan Strategi bisnis : 1.DIMANA BERMAIN DAN BAGAIMANA MENANG DI PASAR
Terdapat 4 strategi bisnis yang menjadi dasar untuk pembuatan strategi-strategi baru karena mengingat perusahaan ini harus terus berkembang mengikuti jaman dengan cepat, 4 fondasi tersebut adalah :

  • Merubah bentuk porofolio dari brand perusahaan yang kurang kuat dan mempertahankan brand-brand yang kuat
    Maksud dari fondasi ini adalah bagaimana cara sebuah perusahaan menentukan perubahan-perubahan pada produk brand mereka yang baru dan kemudian bagaimana mereka menentukan brand mana saja yang kuat atau layak di gemari oleh konsumen sehingga dalam proses pembuatan produk brand baru mereka akan tetap memiliki produk-produk atau brand yang masih melekat di konsumen.
  • Transformasi ke model CONSUMER & RETAIL-CENTRIC
    Dalam hal ini adalah apa yang menjadi bagian penting atau entitas apa yang ingin di jadikan prioritas dalam proses produksi suatu brand baru,dalam hal ini beliau memerhatikan Konsumen sebagai pusat dari pengambilan keputusan(minat konsumen pada suatu produk).
  • Memprioritaskan investasi pada lahan pasar yang luas terutama di ASIA(CINA)
    Maksudnya adalah dalam berbisnis tentunya kita menginginkan perkembangan dari segi sektor wilayah yang dapat kita lingkup dalam perusahaan tersebut,begitu pula Eric C.Wiseman ini,beliau berusaha untuk memperluas jaringan investasi perusahaannya di wilayah bagian bumi timur atau ASIA terutama CINA yang mana merupakan negara dengan jumlah populasi yang tinggi.

Pemilihan Strategi bisnis : 2.KAPABILITAS
Dalam hal ini terdapat 6 hal yang di perhitung kan dalam hal mengenai kapabilitas yang beliau targetkan yakni adalah :

  • Desain dan Inovasi
    Sudah jelas bahwa perusahaan beliau merupakan perusahaan dalam bidang pakaian jadi,sehingga menuntut bentuk desain dan inovasi yang harus relevan sesuai dengan perkembangan zaman,tuntutan ini lah yang menjadi perhatian utama bagi CEO ini karena ini merupakan hal yang fundamental bagi berjalannya usaha bisnis tersebut.
  • Menciptakan permintaan dan pengalaman Brands
    Maksud dalam hal ini adalah bagaimana cara atau usaha perusahaan untuk memberikan dampak kepada konsumen agar konsumen mau atau menimbulkan suatu permintaan terhadap produk yang di hasilkan perusahaan dengan memperhatikan brand-brand yang telah lama dibuat.Dalam artian,perusahaan harus mampu untuk menggait konsumen-konsumen baik itu melalui advertising ataupun cara lain.
  • Insting dan Analisa
    Kadangkala dalam suatu bisnis atau usaha kita memerlukan sebuah insting dalam suatu analisa bisnis,ini pula yang diterapkan oleh CEO ini,dimana beliau selalu melakukan analisa terhadap pasar,perusahaan,dan konsumen yang kemudian sedikit insting bisnis dia curahkan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan.
  • Demand and supply chain agility
    Memperhatikan permintaan pasar dan rantai supplay dari bahan maupun hasil produk jadi ke konsumen merupakan hal yang perlu di perhatikan khusus,karena hal ini cukup vital bagi proses produksi produk dari perusahaan ini
  • Bakat dalam pembuatan brand
    Tidak bisa di pungkiri bahwa memang kadangkala seseorang harus memerlukan suatu bakat khusus yang sesuai dalam bidangnya ketika ingin melakukan suatu usaha, begitu pula dengan Eric C.Wiseman ini,dari pertama kali berangkat terjun ke bisnis,beliau selalu menuruti isi hati nya dan kecintaannya dalam fashion sehingga membuatnya sangat luwes dalam bisnis dibidang pakaian jadi ini.

Target Finansial
Pada bagian finansial, target ini terdapat beberapa poin yang ingin di raih pada setiap jangka waktu 10 tahun kedepan, seperti meliputi Revenue atau pendapatan yang mana harus meningkat 4-6% dari pendapatan di tahun sebelumnya.Kemudian juga pendapatan cash yang harus memenuhi jumlah antara stakeholder dengan pekerjanya yang harus lebih besar dari gaji umum sebesar 10% minimal.

Dengan kata lain,beliau memiliki strategi manajemen yang cukup matang dalam proses penggerakan uang dan aturan-aturan khusus agar perusahaannya tetap dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru mengingat beliau memiliki perusahaan yang berjalan pada bidang fashion sehingga menuntut untuk menghasilkan produk-produk yang dapat memaksa masyarakat secara tidak langsung untuk menikmati dan mengubah fashion mereka setiap 10 tahun kedepan.

Eric C.Wiseman
seorang CEO yang memiliki kemampuan atau kapabilitas dalam mengatur atau memanajemen sebuah perusahaan yang dia kelola dengan metode manajemen yakni dengan cara perencanaan pertumbuhan strategis dengan memperhatikan

  • 1.WHERE WE PLAY AND HOW TO WIN
    pertama dalam mengaturnya haruslah mengetahui bidang apa dan siapa target pasar yang dituju,lalu bagaimana langkah untuk mencapai keberhasilan dan penyebarluasan investasi ke berbagai daerah.
  • 2.CAPABILITY OF COORPORATION
    memperhatikan diantaranya pokok fondasi dimana perusahaan tersebut bergerak,jika dalam hal ini adalah perusahaan pakaian yang mengutakan perubahan dan inovasi maka harus memperhatikan Desain dan inovasi jangka panjang.Dan selain itu harus mampu untuk mempertahankan Demand dan Supplay chain yang mana merupakan hal paling penting dalam sebuah perusahaan yang menghasilkan suatu produk yang dipakai konsumen.

Dari bagaimana CEO VF Coorporation ini melakukan manajemen perusahaan tersebut memberikan kita ilmu yang bermanfaat bagaimana cara kita untuk menentukan metode yang cocok dalam mengatur perusahaan tersebut yang didasarkan atas 3 aspek penting yakni : 1.Waktu 2.Target pasar 3.Produk. Beliau menerapkan proses manajemen Perencanaan Pertumbuhan Strategis yang mana memiliki artian perusahaan ini harus di atur agar terus dapat berkembang dengan baik dan relevean dengan perkembangan jaman dengan mengandalkan perubahan-perubahan pada fondasi yang telah di sebutkan diatas.

ā€œSetiap institusi perlu terus berevolusi untuk tetap relevan dengan perkembangan jaman dan bertumbuh.Hal ini berlaku untuk bisnis, sekolah, dan masyarakat. Ini adalah harapan saya bahwa upaya peluang dari Greensboro akan membantu Greensboro, dan bisnis dan sekolah di komunitas kami, terus berkembang dan tumbuh dalam dunia yang selalu berubah, konstan dan cepat.ā€
- Eric C. Wiseman

Referensi

original posted by : Istighfarin Bahtiar Amry


(BastiaraCorp) #2

Memang kalau di bidang fashion, semua harus berdasarkan inovasi, ide,dan waktu. Manajemen yang baik memang harus di sesuaikan dengan kebutuhan khusus dari perusahaan tersebut.