Era 5.0 , Benarkah Indonesia sudah siap?

Society 5.0
Bicara tentang globalisasi terlebih di bidang teknologi memang tidak ada habisnya. Malah semakin kesini perkembangannya semakin massif. Pada 21 Januari 2019 Jepang meresmikan Society 5.0 sebagai resolusi atas 4.0. Revolusi industri 5.0 menggunakan AI atau Artifcial Intellegence, dan kecerdasan buatan sebagai komponen utamanya sedangkan Society 4.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.
Sedangkan di Indonesia sendiri belum begitu optimal dalam pengaplikasian teknologi 4.0, bahkan pada daerah tertentu Indonesia masih tertinggal pada teknologi 3.0. Sehingga hal ini menjadi fokus tersendiri dikarenakan pemanfaatan teknologi memiliki dampak yang besar dalam beberapa aspek negara terutama ekonomi. Sehingga hal ini pun dapat menghambat perkembangan Indonesia terutama dalam bersaing dengan Negara lain .
Jadi bagaimana menurut anda ? apakah Indonesia benar benar sudah siap? Ataukah Indonesia memang memutuskan untuk menjadi Negara pemilih atas teknologi yang muncul?

Refrensi :