Elemen apa saja yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi?

Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk meningkat dalam jangka panjang.

Terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi, yaitu:

  1. Pembangunan sebagai suatu Proses. Artinya, pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalankan oleh setiap masyarakat. Setiap masyarakat harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera.

  2. Pembangunan sebagai suatu Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Per Kapita. Pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan suatu negara demi meningkatkan pendapatan per kapita. Sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat di dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Kenaikan pendapatan per kapita mencerminkan perbaikan kesejahteraan masyarakat.

  3. Peningkatan Pendapatan Per Kapita harus berlangsung dalam Jangka Panjang. Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan per kapita dalam jangka panjang cenderung meningkat.

Referensi:
Noviani, Leny. 2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.