[ Ekonomi ] “Support Local Small Business” #DictiolsUs #SpeakingUpwithDictio

Hai sobat Dictio! Gimana nih kabar kalian selama new normal? Baik-baik aja kann? Ingat yaa, jangan keluar rumah kalau nggak penting dan selama keluar rumah jangan lupa pakai masker serta patuhi protokol kesehatan yang ada. Stay healthy everyone!

Selama masa pandemi Covid-19 ini, kita semua menghadapi situasi perekonomian yang serba sulit. Jadi, tidak heran jika banyak pebisnis kecil yang mengalami masalah dalam menjalankan usaha nya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita melakukan kebaikan dengan cara membantu sesama, khusus nya bagi mereka yang mengalami kesulitan karena terkena dampak pandemi. Bantuan tersebut dapat berupa dukungan kita terhadap usaha kecil yang mereka lakukan, yaitu support local small business. Dengan mendukung usaha kecil tersebut, sama saja kita membantu mereka agar tetap bertahan di masa pandemi ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, apasih maksud dari support local small business itu? Support local small business adalah suatu bentuk dukungan terhadap usaha kecil dimana kita mendukung ekonomi lokal kita sendiri. Ada yang bilang “When you support a small business, you are supporting a dream”. Kata-kata itu bener banget karena bisnis kecil seringkali merupakan bentuk realisasi dari impian si pemilik. Produk yang mereka jual pun tidak jauh dari cerminan diri mereka sendiri dan tidak lupa ditambah dengan semangat, imajinasi, serta dedikasi pemilik yang mewakili produk yang mereka jual. Jadi tentunya akan ada pengalaman baru saat kita membeli barang dari usaha kecil ini.

Siapa saja pelaku small business? Setiap orang dapat menjadi pelaku small business. Baik itu perseorangan maupun bekerja sama dengan orang lain. Apalagi di masa pandemi sekarang, banyak sekali yang kehilangan pekerjaannya sehingga mereka tidak ada pilihan lain untuk mencari uang selain membuka usaha kecil. Selain itu, karena pandemi ini juga banyak usaha online bermunculan. Ada yang sekedar ingin mengisi waktu luang atau menambah penghasilan. Ada juga yang memanfaatkan peluang yang ada selama masa pandemi Covid-19 ini. Terutama pada saat masa karantina kemarin untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Dimana pasti banyak yang berpikir dan berencana ingin melakukan suatu hal yang menghasilkan daripada harus berdiam diri di rumah tidak melakukan apa-apa.

Kenapa sih kita harus mendukung usaha kecil? Ada banyak nih alasannya. Yang pertama seperti yang tadi sudah aku bilang, dengan mendukung usaha kecil itu sama saja dengan kita mendukung ekonomi lokal kita sendiri dan turut mempertahankan nilai mata uang yang ada. Yang kedua, kita juga mendukung adanya lapangan pekerjaan baru. Jadi, semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia bagi yang membutuhkan. Ketiga, mendukung usaha kecil berarti sama saja kita menghargai usaha si pemilik. Memulai bisnis pasti berisiko, walaupun bisnis kecil sekalipun. Oleh karena itu, dengan kita menghargai berarti kita menunjukkan kalau lebih memilih produk dari usaha kecil daripada produk dari pesaing yang lebih besar. Keempat, kita akan mendapat pengalaman baru dari membeli produk usaha kecil. Si pemilik yang memperhatikan kualitas produk nya, bahkan sampai ke packaging nya, dan terkadang ada free gift yang diberikan secara cuma-cuma, tentu nya membuat kita senang dengan produk yang kita terima. Apalagi jika produk itu sesuai dengan ekspektasi yang kita bayangkan. Kelima, karena banyak usaha kecil yang memasarkan usaha nya melalui platform online, tentu nya itu memudahkan kita dalam berbelanja. Jadi lebih hemat waktu, hemat tenaga, dan lebih praktis jika dibandingkan dengan belanja melalui offline store. Sebenarnya masih banyak lagi alasan lainnya, salah satunya seperti mendukung mimpi si pemilik usaha kecil yang sudah aku sebutkan di paragraf sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara kita mendukung usaha kecil? Pertama, kita bisa bantu mempromosikan apa yang mereka jual. Sekarang banyak lho para pengguna media sosial seperti twitter, instagram, tiktok, dll yang memberikan suatu wadah bagi para pebisnis kecil untuk mempromosikan produk nya. Dengan harapan akan ada orang yang melihat postingan tersebut dan tertarik lalu membeli produk yang ada di postingan itu. Berbuat baik itu sungguh mudah bukan? Yang kedua, jika kita telah membeli produk, sudah seharusnya kita memberikan suatu penilaian. Karena pemilik usaha kecil pasti akan senang jika kita puas dengan produk dan servis yang telah mereka berikan. Namun, jika produk yang kita terima tidak sesuai dengan harapan atau kualitas nya yang tidak cukup baik, kita cukup memberikan saran dan masukan dengan bahasa yang baik agar pemilik usaha kecil tahu apa yang harus mereka perbaiki. Ketiga, selain memberikan penilaian berupa kata-kata, kita juga bisa memberikan penilaian berupa review secara langsung dengan memposting foto atau video di akun media sosial kita. Dengan begitu, siapapun yang terhubung dengan kita dapat melihatnya juga.

Dimana sih para small business owner memasarkan produknya? Jawabannya adalah media sosial. Media sosial sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Karena salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Media sosial membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah. Pada era sekarang ini semakin lama semakin banyak yang menggunakan media sosial. Melihat jumlah pengguna yang semakin banyak, media sosial bisa menjadi lahan untuk menaikkan profit serta memperlebar sayap bisnis. Salah satu media sosial yang populer digunakan yaitu Instagram. Bahkan media sosial tersebut baru saja meluncurkan fitur baru yang dinamakan “Support Small Business”. Fitur berupa stiker ini diluncurkan sebagai bentuk dukungan bagi para pebisnis kecil yang menghadapi tantangan besar selama pandemi karena banyaknya perekonomian masyarakat yang menurun akibat merebaknya Covid-19. Dengan menggunakan stiker ini, pengguna dapat menunjukkan dukungannya secara langsung untuk para pebisnis kecil melalui Instagram Stories. Cara kerjanya pun cukup mudah, di mana para pengguna hanya menyebutkan akun bisnis yang didukungnya melalui stiker “Support Small Business”.

So, kapan kita harus support local small business? Nggak perlu nunggu lagi, kita bisa lakukan sekarang kok! Dengan cara-cara mudah yang sudah aku sebutkan diatas dan ada juga fitur dari Instagram yang sangat memudahkan kita untuk membantu small business agar tetap bertahan di masa pandemi ini. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda. Dengan poster ini, aku harap kita dapat saling membantu sesama dengan melakukan kebaikan. Ada baiknya juga jika kita ikut peduli terhadap kondisi sekitar. Apapun bentuknya, wujud kepedulian sangat berguna di masa sekarang ini. Sampai saatnya tiba, kita dapat melewati semua ujian ini dan kembali menjalani hidup normal seperti biasa. Tetap semangat untuk para pelaku bisnis yang sedang berjuang mempertahankan bisnis nya! Doa terbaik untuk kita semua agar pandemi ini dapat segera berakhir.

#DictiolsUs #SpeakingUpwithDictio