Ekonomi dan Kesehatan : Manakah yang Harus Didahulukan?

jokowi

Ketika virus corona pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 2020 yang lalu, muncul dorongan dari masyarakat dan tenaga medis kepada pemerintah agar melakukan “Lockdown”. Masyarakat berpendapat bahwa “Lockdown” efektif untuk mencegah penularan virus lebih jauh lagi sehingga kesehatan masyarakat dapat terjaga. Tapi nyatanya kebijakan ini kemudian tidak diberlakukan oleh pemerintah.

Alih-alih memberlakukan “Lockdown”, Presiden Joko Widodo mengambil langkah untuk melakukan PPKM Mikro dengan pertimbangan supaya tidak mematikan ekonomi rakyat. Adanya kebijakan PPKM Mikro mengizinkan mall, bioskop, cafe, dan lain sebagain$$ya untuk tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Beliau yakin bahwa “Lockdown” dan PPKM mikro memiliki esensi yang sama yaitu menghambat penyebaran virus. Apabila PPKM Mikro diterapkan secara menyeluruh pasti dapat mengendalikan laju penularan.

“Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat. Untuk itu tidak perlu dipertentangkan,” kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers virtual, Rabu (23/6).

Menurut teman-teman, berdasarkan keadaan saat ini, tepatkah kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah kita?

Referensi :

Image source :