Efektifkah Penerapan Internet Marketing untuk Produk Pertanian?

Groceries bag

Perkembangan teknologi saat ini sedang meningkat secara signifikan. Salah satunya yaitu dengan adanya penerapan jaringan internet sebagai media promosi dan transaksi dalam pemasaran yang biasa disebut dengan internet marketing. Internet marketing merupakan bentuk kegiatan promosi baik untuk sebuah brand atau produk yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik.

Seperti yang kita ketahui bahwa internet marketing ini cukup efektif dan efisien dalam penerapannya sehingga mayoritas pelaku bisnis mulai mengandalkan sistem ini untuk melakukan kegiatan pemasarannya. Lalu bagaimana jika produk yang dipasarkan merupakan produk pertanian yang memiliki karateristik mudah rusak, musiman, fluktuasi harga dan rendahnya kualitas produksi yang termasuk dalam hambatan atau kendala dalam pemasaran produk pertanian. Apakah hal tersebut tidak menjadi masalah dalam penerapan internet marketing? Apakah internet marketing dapat dikatakan efektif untuk produk pertanian?

Untuk saat ini di zaman yang serba digital, tentu saja penerapan internet marketing dapat sangat membantu pemasaran produk hasil pertanian. Menurut Zarella dalam Irfan (2014), media sosial adalah paradigma baru dalam konteks industri pemasaran yang paling baik dijelaskan dalam konteks paradigma industri media tradisional. Namun, ke-efektifannya tergantung banyak hal, contohnya yaitu area penjualan, perilaku konsumen dan strategi pemasarannya.

Menurut aku, penerapan internet marketing untuk produk pertanian di perkotaan jauh lebih efektif dibandingkan di daerah. Gaya hidup masyarakat perkotaan sudah lebih mengalami modernisasi, banyak juga dari mereka yang terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi langsung membeli produk pertanian ke pasar. Oleh karena itu, penerapan internet marketing ini efektif.

Untuk masalah kualitas produk, mungkin hal tersebut memang menjadi salah satu hambatannya, namun saat ini perusahaan yang menjual produk pertanian melalui internet marketing biasanya sudah memiliki gudang penyimpanan sendiri yang dilengkapi oleh prosedur penyimpanan yang baik dan alat pendukung. Selain itu, untuk pengiriman mereka menggunakan box dan kurir instan untuk menjaga kualitas produk, sehingga hambatan-hambatan tersebut bisa diminimalisir.

Referensi

Irfan, M. (2014). Efektivitas penggunaan media sosial twitter sebagai media komunikasi pemasaran Strike! Courier di Samarinda. e-Journal Ilmu Komunikasi.

Saya setuju dengan pernyataan tersebut, apalagi di masa pandemi ini yang membuat masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah, tentu saja memasarkan produk pertanian melalui internet ataupun sosial media menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu asyarakat menjadi lebih mudah untuk mendapatkan produk pertanian tanpa harus datang langsung ke lokasi penjual. Selain itu dengan memasarkan produk pertanian melalui internet dapat memperluas pasar dari pembeli sehingga produk tersebut tidak hanya dikenal di lingkungan sekitar saja, tetapi bisa juga dikenal hingga keluar kota atau bahkan ke luar negeri. Apabila hal ini terjadi tentu saja akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi penjual.

Penerapan internet marketing produk pertanian efektif terutama di masa PPKM, namun jaringan internet di Indonesia belum meluas dan jaringannya kurang baik terutama didaerah pedalam untuk internet sangatlah minim. Kendala PPKM distribusi barang sangat sulit karena peraturan PPKM yag membuat perjalanan terhambat dan produk pertanian datang kurang fresh.

Harga produk pertanian yang akan dijual kepada masyarakat lebih mahal dan belum termaksud ongkos kirim, dengan kualitas belum tentu baik dan fresh. Sedangkan petani belum tentu mendapatkan penghasilan lebih tinggi dari biasanya.

2021-09-05T19:38:00Z

KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha