Efektifkah Berjemur di bawah Sinar Matahari untuk Membunuh COVID-19

berjemur
Halo Youdicts !

Seperti yang kita tahu, kegiatan berjemur pagi banyak dianjurkan oleh orang-orang untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kegiatan berjemur pada pagi hari dinilai dapat memberikan asupan Vitamin D bagi tubuh kita. Manfaat Vitamin D diantaranya adalah menjaga sistem imun tubuh, menguatkan otot, memperkuat tulang, dan masih banyak lagi.

Kegiatan berjemur pagi umumnya dilakukan pada saat jam 08.00 hingga jam 09.00 dengan durasi 10 sampai 15 menit. Berjemur pagi tidak dianjurkan dilakukan terlalu lama karena dapat merusak kulit. Namun, kenyataannya masih banyak orang yang enggan menyisihkan sebagian dari waktu paginya untuk berjemur. Banyak alasannya, yaitu malas, bangun kesiangan, dan lain sebagainya. Padahal, kegiatan berjemur pagi ini dianjurkan oleh para ahli kesehatan dalam rangka menjaga tubuh dari paparan COVID-19 lho. Bahkan, beberapa orang bahkan percaya dengan berjemur pagi dapat membunuh COVID-19 yang ada di dalam tubuh kita! Apakah hal ini benar? Bagaimana menurut kalian, Youdicts? Wajibkah kita berjemur setiap pagi?

7 Likes

Saya setuju bahwa berjemur dapat membunuh virus COVID-19 yang terdapat dalam tubuh kita, karena sinar matahari pagi khususnya sebelum pukul 10.00 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sebab akan merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan menurut Lucas et al., (2018) dalam Elya et al., (2021) yang menyatakan bahwa vitamin D yang diproduksi oleh tubuh melalui proses menjemur bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan demikian, kegiatan berjemur sangat diperlukan untuk tubuh kita.

1 Like

kalau menurut saya berjemur dibawah sinar matahari yang baik pada jam 09.00 dan selama sekitar 10-15 menit saja karena paparan sinar UV yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Mengenai membunuh virus covid-19, dari beberapa artikel yang saya baca, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa sinar UV dan suhu panas di atas 56 C dapat membunuh virus corona, tetapi dapat membunuh sejumlah virus seperti SARS, flu burung, dan influenza. Dan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan bagi kalian yang berjemur diluar rumah yaa.

1 Like

Aku termasuk orang yang melakukan kegiatan berjemur setiap pagi karena sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa sinar matahari membantu produksi vitamin D dalam tubuh kita. Menurut aku pribadi, kegiatan ini akan lebih efektif lagi jika kita juga menjalankan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi suplemen dan makanan dengan gizi yang seimbang. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum berjemur untuk mencegah kerusakan kulit kita dari paparan sinar matahari.

1 Like

Saya setuju, menurut saya, dengan berjemur kita mencegah dari berbagai penyakit, tidak hanya virus corona, dan juga berjemur sehat untuk tubuh.Namun, kita tetap harus memtuhi protokol kesehatan yang berlaku dan tetap menjaga kebersihan agar terhindar dari virus corona

Saya setuju, karena sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, dari referensi yang saya baca dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

1 Like

Menurut saya, berjemur dibawah sinar matahari ini hanya sebagai tindakan untuk pencegahan penularan virus Covid-19 karena sinar matahari terutama saat pagi hari memiliki manfaat yang salah satunya, untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga kekebalan tubuh. Dari referensi yang saya baca, belum ada studi yang membuktikan bahwa sinar UV dan panas dari sinar matahari dapat membunuh virus tersebut, baik di udara maupun di dalam tubuh. Jadi jika dikatakan efektif untuk membunuh virus covid-19 menurut saya kurang tepat.

Referensi

Mitos dan Fakta Seputar Berjemur Saat Pandemi COVID-19 - Alodokter

Berjemur di waktu pagi hari sebelum pukul 10.00 selama 15 menit dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh. Sehingga berjemur jelas baik dilakukan saat keadaan pandemi saat ini maupun tidak. Di saat pandemi COVID-19 kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita serta meningkatkan daya imun tubuh kita, berjemur di pagi hari akan sangat membantu.

Apakah dengan berjemur saja kita dapat tercegah dari COVID-19? Tentu tidak, selain dengan berjemur kita juga harus melakukan kegiatan lain untuk menjaga kesehatan tubuh kita serta melaksankan protokol kesehatan dengan 3M.

1 Like

Dari beberapa sumber yang saya baca, informasi yang menyatakan bahwa virus Corona akan musnah di bawah sinar ultraviolet (UV) atau pada suhu panas. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sinar UV dan suhu panas di atas 56oC dapat membunuh sejumlah virus, seperti virus SARS, flu burung, dan influenza.

Meski demikian, hingga saat ini, belum ada studi yang membuktikan bahwa sinar UV dan panas dari sinar matahari dapat membunuh virus Corona, baik di udara maupun di dalam tubuh. Akan tetapi, alangkah baiknya kita berjemur karena manfaat yang didapat banyak sekali.