Efektifkah Belajar Bahasa Inggris Melalui Video Game Ataupun Film?

Untitled-22

Di era globalisasi ini, orang dituntut untuk bisa menguasai Bahasa global, salah satunya adalah Bahasa inggris. Untuk belajar Bahasa Inggris pun tidak harus dari sekolah formal, kita juga bisa belajar dari mana-mana, misalnya adalah melalui video game ataupun film.

Nah menurut Youdics, efektifkah belajar Bahasa inggris melalui video game ataupun film? Atau kalian punya sumber belajar lain? Apa alasan kalian memilih sumber tersebut?

Image Source

https://unsplash.com/photos/mfB1B1s4sMc

1 Like

Menurut saya efektif,karena belajar bahasa Inggris melalui film memberikan hal-hal yang tidak didapatkan di kelas. Melalui film, kita bisa mendengar bagaimana suatu kata dilafalkan oleh penutur aslinya. Film dibuat memang bukan untuk para pembelajar bahasa melainkan untuk para penutur asli sehingga bisa terbiasa mendengar kalimat-kalimat bahasa Inggris diucapkan oleh para penutur asli, kecepatannya, bahasa gaulnya, aksennya dan bahkan konteksnya. dengan film juga belajar bagaimana dan kapan suatu kata atau frasa digunakan. Jika di kelas diberikan serentetan daftar vocabularies untuk dihafal, melalui film, tidak hanya hafal arti suatu kata tapi juga makna, kapan, bagaimana kata tersebut digunakan dan bahwa suatu kata yang sama dapat memiliki arti yang berbeda tergantung konteks pembicaraannya. begitu pun dengan video game.

2 Likes

Dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan konteks untuk mempelajari speaking dan listening, dari medium seperti film maupun untuk video game sangat disarankan. Sebuah penelitian dilakukan oleh Hanifah (2019) mengenai peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui media film, hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa sudah mengalami peningkatan yang cukup optimal. Sehingga selama menonton film mahasiswa sangat termotivasi dan antusias dalam membuat dialog ataupun mempresentasikan isi film. Oleh sebab itu, bealajar bahasa Inggris melalui film maupun video game secara tidak langsung memberikan mahasiswa motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Referensi

Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram , 16 (2), 149–158. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229

2 Likes

Menurut saya efektif karena video game atau film yang menjadi banyak favorit orang adalah yang dari luar negeri, jadi film atau game tersebut menggunakan bahasa inggris. Jadi mau tidak mau, kalau game, kita harus menyesuaikan bahasanya agar bisa memainkannya. Sehingga banyak sedikit dari game kita mengenal beberapa kosakata seputar game.

Film juga begitu, aktof dari film itu menggunakan bahasa inggris dan mereka juga sudah fasih. Sehingga pengucapan atau pronunciation tidak perlu diragukan lagi. Dari film kita bisa belajar pengucapan yang benar untuk beberapa kata yang kita dengar. Ataupun yang sering saya dengar adalah lelucon-lelucon ala orang luar, yang mana hal itu lucu karena memakai bahasa inggris, kalau di translate ke indo jadi tidak lucu. Jadi menurut saya efektif.

Menurut pegalaman saya pribadi belajar bahasa Inggris melalui video game ataupun film memang sangat efektif. Mengapa saya katakan demikian, karena dengan bermain game maka seolah-olah kita sedang menghilangkan penat dan menimbulkan kesenangan. Isi dalam game berupa perintah, petunjuk, dan pengaturan dalam game secara tidak langsung memaksa kita untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Kita bisa mencoba game ini untuk memperkaya vocabulary, seperti Pictionary, Scrabble, dan Apples to Apples.

Hampir sama halnya ketika kita menonton film khususnya film barat, kita cenderung mendengar dialog sang actor atau actress dalam bahasa Inggris. Ketika kita mendengarkan perbincangan mereka, secara tidak langsung kita mencoba meresapi kata-kata asing dalam bahasa Inggris yang kemudian menyebabkan vocabulary kita menjadi bertambah. Terlebih lagi ketika kita tidak menggunakan subtitle, maka akan lebih cepat untuk kita bisa berbahasa Inggris. Hal ini desebabkan karena dengan subtitle Inggris kita akan lebih konsentrasi dan berusaha mengerti jalan cerita film karena kamu harus benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan setiap tokoh dalam film.

Sangat efektif sekali belajar bahasa inggris melalui video game atau film. Biasanya orang lebih mudah belajarnya kalau mereka suka dengan model pembelajarannya. Menonton film ataupun bermain game merupakan hobi dari penikmatnya masing-masing. Orang-orang suka bermain game ataupun menonton film. Rata-rata game jaman sekarang yang bagus danseru menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. Tidak hanya itu game jaman sekarang juga memberikan fitur subtitle jadi orang bisa paham dengan alur cerita dan apa yang diomongkan oleh karakter dalam game tersebut. Selain sebagai hiburan bermain game juga bisa sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Belajar bahasa inggris pun menjadi semakin mudah dan menyenangkan karena model pembelajarannya sambil bermain game. Tak jarang seseorang fasih berbahasa inggris karena sering bermain game

Efektif atau tidaknya tergantung dari gaya belajar masing-masing orang. Bagi orang yang gaya belajarnya visual atau auditori, mungkin cara ini akan sangat efektif. Namun, bagi orang yang gaya belajarnya selain visual atau auditori mungkin akan kurang efektif. Jadi, bagaimanapun cara belajarnya, apapun medianya, saya kira sah-sah saja asalkan ada kemauan yang kuat.

Menurutku hal tersebut tergantung dari masing-masing individu. Hal ini karena setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda, sehingga tentunya mereka cenderung akan memilih metode yang sesuai. Sebagian orang mungkin senang jika belajar melalui video game atau film, namun ada juga yang hanya bisa fokus ketika mereka mempelajarinya melalui buku dalam bentuk fisik.

Namun, aku pribadi cukup senang jika belajar Bahasa Inggris melalui film karena menurutku dengan kita melihat dan mendengar praktiknya secara langsung akan lebih mudah untuk diingat. Terutama jika kata atau kalimat yang digunakan seringkali diucapkan oleh pemeran dari sebuah film. Dengan begitu nantinya akan membuatku mulai terbiasa mendengarnya dan juga dapat langsung dipraktikkan. Aku sendiri lebih suka belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris dibandingkan dengan Bahasa Indonesia, sehingga ketika aku tidak dapat menangkap kata atau kalimat yang diucapkannya maka dapat melihat subtitle dan mencari tahu artinya. Hal tersebut didukunng oleh Pusat Teknologi Inovatif Nasional dan Pusat Pelaksana Teknologi dalam Pendidikan (2010) dalam Mulyadi & Mumainnah (2015), bahwa penggunaan film dengan subtitle telah terbukti lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman pendengaran secara keseluruhan daripada movies. Siswa yang menonton film bersubtitle menunjukkan peningkatan dalam membaca dan mendengarkan pemahan, pengenalan kata, keterampilan decoding, motivasi dan penguasaan kosa kata.

Sumber

Mulyadi, Dodi. Mutmainnah, Yulia. 2015. Penggunaan Film Berbahasa Inggris Dengan English Subtitle Dalam Meningkatkan Keterampilan Listening. The 2nd University Research Coloquium

Menurut saya, cara ini efektif sekali dibandingkan hanya belajar di dalam kelas saja. Karena sampai saat ini, pembelajaran bahasa inggris di sekolah-sekolah itu terlalu kaku dan terlalu terpaku kepada modul dengan fokus kepada grammar saja, sehingga sulit untuk anak-anak cerna. Para guru harus memutar otak menciptakan pembelajaran semenyenangkan mungkin agar pembelajaran dapat diterima oleh otak mereka. Dan kebiasaan dengan menonton film-film dengan subtitle bahasa inggris, membaca artikel atau berita dalam website internasional, akan sangat membantu untuk belajar vocabulary baru dan cara pengucapannya, dan kemampuan mendengarkan dimana hal ini sangat-sangat penting dalam pembelajaran dasar dalam belajar bahasa inggris.

Selain dari film, saya juga biasa menonton acara dan podcast dari tedtalk, karena selain belajar bahasa inggris ada ilmu lain juga yang disampaikan oleh pembicaranya. Dan untuk menerapkannya sehingga semakin efektif, cari teman belajar bersama sehingga kalian bisa mengaplikasikan apa yang sudah kalian pelajari, because practice makes perfect.

Efektif atau tidaknya belajar bahasa Inggris melalui video game ataupun film sepertinya berganti pada setiap individu. Saya pribadi merasa terbantu dalam belajar bahasa Inggris dengan adanya video game dan film. Penggunaan istilah sehari-hari dan bahasa gaul yang lebih familiar digunakan oleh native speaker dapat dipelajari dengan cukup baik dibandingkan dengan bahasa Inggris versi akademik dari sekolah.

Selain video game dan film, beberapa media yang biasa saya gunakan adalah dengan mendengarkan podcast di Spotify atau Google dan juga TED Talks. Membiasakan diri dengan penggunaan bahasa Inggris dalam keseharian pun sangat membantu dalam memperkaya kosa kata. Mengatur bahasa ponsel dengan bahasa Inggris dan juga bermonolog dalam bahasa Inggris misalnya.

Saya setuju dengan pendapat kakak. Karena apabila kita hanya terfokus belajar grammar tanpa sering menggunakannya juga tidak efektif. Yang paling penting dalam belajar bahasa adalah kebiasaan. Kebiasaan kita gunakan, akan semakin cepat hafal dan mudah menguasai bahasa tersebut.

Menurut saya, platform game ini merupakan platform yang cukup mumpuni ketika ingin belajar bahasa terutama bahasa Inggris karena kebanyakan game sekarang berbahasa Inggris. Ketika sering dimainkan, kita sering melihat kata-kata yang digunakan, kemudian kita menjadi hafal.

Efektif, tetapi akan lebih efektif jika dibarengi dengan belajar lewat buku. Belajar lewat video game, film, musik akan membantu melatih pronounce atau pengucapan kita dan membiasakan telinga kita untuk mendengar kalimat-kalimat dalam bahasa inggris. Tetapi untuk melengkapi hal itu akan lebih baik ketika anda menemukan kalimat yang tidak anda mengerti, anda bisa mencarinya di kamus untuk menambah kosa kata. Selain itu, jika ingin belajar grammar anda bisa mempertimbangkan opsi lain seperti mengikuti kursus online. Perlu diingat, jika kita memiliki semangat belajar maka belajar dimanapun dan di media apapun akan efektif. Semua tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru.

menurut saya efektif tidaknya itu tergentung dari diri kita sendiri, ada yang dengan mudah belajar bahasa inggris dari game atau film ada juga yang tidak. karena mereka melakukan hal yang disukai sepeti bermain video game atau menonton film jadi lebih mudah untuk mempelajari bahasa inggris, karena ada yang mudah bosan jika hanya belajar melalui buku.

menurut saya, efektif atau tidaknya tergantung dari sudut pandang yang belajar. kebanyakan teman-teman saya belajar bahasa inggris otodidak, dari menonton film atau bermain game yang berbahasa inggris. tapi kalau saya pribadi saya lebih paham jika belajar secara langung dalam memahaminya.

Saya lewat pengalaman pribadi berpendapat bahwa belajar Bahasa Inggris dari film atau video game itu efektif.

Untuk kasus saya terutama datang dari youtube. Saat saya masih kelas 1 SMP saya sering sekali video Youtuber, yaitu Pewdiepie, yang videonya dalam bahasa Inggris. Karena saya suka konten Pewdiepie dan bukan konten lain dari Youtuber lokal mau tidak mau saya harus menonton dalam Bahasa Inggris yang saya tidak mengerti. Konten Pewdiepie biasanya merupakan video gameplay judul-judul game kocak atau horor sehingga saya hanya menonton gamenya saya ketimbang mengerti apa yang dibicarakan dalam video. Namun lama kelamaan setelah 3 tahun menonton Youtube dan terutama Pewdiepie setiap hari saya menjadi familiar dengan kosakata bahasa Inggris, dan begitu saya SMA saya memiliki keunggulan dalam berbahasa Inggris dibanding teman-teman yang lain. Karena konten yang saya nikmati selalu menggunakan Bahasa Inggris saya cepat terbiasa dan tidak terasa capek seperti belajar biasa.

Saya berterima kasih kepada Pewdiepie karena membantu saya untuk bisa berbahasa Inggris XD

Efektif jika ditambah dengan suplemen atau sumber yang akurat juga. Kita tidak akan efektif mengerti bahasa inggris hanya dengan nonton film, maupun hanya dari membaca buku, film menurut saya hanyalah bukti bahwa pembelajaran dibuku itu memang ada digunakan dalam kehidupan berbahasa inggris sehari-hari. Akan tetapi beberapa ilmu seperti kata-kata slang atau kata sebutan bahasa inggris itu beda-beda, itu yang tidak diajarkan di dalam buku, harus kita pelajari lewat media lain, contohnya film ini. Saya sendiri termasuk orang yang dapat ilmu bahasa inggris dari film maupun serial dokumentasi luar negeri. Banyak grammar baru serta kata-kata konotatif yang saya dapatkan lewat media layar luar negeri ini.

Saya rasa efektif karena dengan menonton film tidak hanya melihat video saja, juga bisa belajar sebuah bahasa dengan mendengarkan dialognya, dengan begitu bisa mengetahui bagaimana pengucapan yang benar dari sebuah kata. Selain itu juga bisa melalui text-nya yang berbahasa inggris supaya selain mendengarkan juga bisa membaca. Jika menemukan kata yang tidak dimengerti membuat kita harus mencari tahu supaya paham apa yang sedang dibicrkan pada diolog filmnya. Dengan begitu juga dari film yang kita tonton dapat terus menambah kosa kata baru yang dipelajari.

Saya pribadi sangat setuju, akan kefektifan belajar bahasa inggris melalui video game ataupun film. Saya sendiripun bisa bahasa inggris karena belajarnya melalui menonton film. Dari film tersebut, banyak sekali kata-kata yang bisa kita artikan untuk menambah vocab. Lalu, belajar bahasa inggis melalui video game ataupun film juga sangat mengasikan, karena bisa sekaligus sebagai hiburan. Dengan begitu, apa yang kita pelajari jadi masuk keotak.

Saya rasa kurang efektif jika hanya menggantungkan pembelajaran dari video game dan film, walaupun mereka bisa membantu kita secara efektif dalam mempelajari Bahasa Inggris. Hanya membantu, bukan membuat menjadi jago berbahasa Inggris.

Karena saya percaya Bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang sesederhana dialog dan narasi dalam game dan film. Untuk menguasai Bahasa Inggris kita tetap harus mempelajari teori dan prinsip-prinsip dasarnya, yang bisa kita dapatkan melalui pendidikan formal, non formal dan juga buku-buku pembelajaran. Tata bahasa Inggris / grammar bukanlah sesuatu yang bisa dikuasai hanya melalui game dan film.

Justru sebaiknya jika kita hendak mengasah kemampuan bahasa Inggris melalui film maupun game, kita sudah harus memiliki bekal teori Bahasa Inggris yang cukup. Supaya kita benar-benar memahami dan tahu apa yang mereka katakan dengan memperhatikan kontekstual nya. Jadi kita hanya perlu fokus mengasah listening dan menambah vocabulary.

Menurut saya sendiri cukup efektif, karena saat kita mengikuti sebuah alur cerita yang tersaji dalam game, secara tak sadar kita akan mencoba menelaah cerita yang disajikan tersebut melalui perkataan, adegan, dan subtitle. Bahkan, saat kita tak mengerti arti sebuah kosa kata baru yang muncul dalam game tersebut, kita akan coba mencari kosa kata yang tak dimengerti lewat kamus. Tujuannya cuma 1, agar makin mengerti dengan alur cerita dari game tersebut. Selain itu, video game juga bisa meningkatkan skill listening dan writing kita dalam bahasa inggris.

Di samping video game, saya rasa belajar bahasa inggris melalui film juga cukup efektif, jika menggunakan subtitle bahasa Inggris dan memang niat nonton film tesebut untuk belajar. Bagi saya pribadi, menonton film berbahasa Inggris menggunakan subtitle Bahasa Inggris melatih pendengaran serta pengucapan saya. Namun, meskipun sudah belajar melalui keduanya kita juga harus sering mempraktekkan atau berdialog dengan menggunakan bahasa inggris dan sering-sering membaca.