Efek samping dan bahaya sulfamethoxaloze?

image
Sulfamethoxazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sulfamethoxazole umumnya dikombinasikan dengan trimethoprim (kotrimoksazol) yang merupakan jenis obat antibiotik lainnya. Apa saja efek samping dan bahaya obat ini?

Efek samping dari obat ini Mual, muntah, anoreksia, diare, reaksi hipersensitivitas, gangguan darah, sindrom yang menyerupai sakit serum, hypoglycaemia, hypothyroidisme, pseudomembranous colitis, kernicterus pada bayi-bayi prematur.
Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Sumber : hellosehat.com

Ikutilah anjuran dokter dan bacalah informasi yang tertera pada label kemasan obat sebelum menggunakan sulfamethoxazole.

Sulfamethoxazole oral sebaiknya dikonsumsi ketika perut kosong. Minumlah tablet sulfamethoxazole dengan air putih. Jika menyebabkan sakit maag, konsumsilah obat ini dengan makanan atau susu.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya, dan usahakan untuk selalu mengonsumsi obat pada jam yang sama setiap harinya.

Untuk sulfamethoxazole jenis sirup, kocok obat terlebih dahulu agar tercampur sempurna sebelum diminum. Gunakan sendok takar saat meminumnya dan jangan gunakan sendok makan agar dosisnya sesuai.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi sulfamethoxazole disarankan untuk segera melakukannya begitu ingat, apabila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Habiskan dosis obat yang telah diberikan dokter. Jangan berhenti menggunakan sulfamethoxazole secara mendadak atau ketika gejala yang Anda rasakan sudah mereda. Tindakan ini dapat menyebabkan bakteri muncul kembali.

Simpanlah sulfamethoxazole pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup, sehingga tidak terkena paparan sinar matahari, dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Sumber : www.alodokter.com

Gantanol (sulfamethoxazole) adalah obat sulfonamida antibakteri dengan fungsi untuk mengobati infeksi saluran kemih (Urinary Tract Infections/UTI), meningitis, infeksi telinga, dan infeksi mata. Nama merek obat ini sudah dihentikan produksinya, namun versi generiknya mungkin masih tersedia. Efek-efek samping yang umum termasuk pusing, sakit kepala, lemas, diare, anorexia, mual, muntah dan ruam.

Sumber : hellosehat.com