Efek samping dan bahaya rho?


Rho atau immunoglobulin anti-D adalah obat yang berfungsi menekan respons imun seseorang dengan rhesus darah negatif saat menerima transfusi dari seseorang yang memiliki golongan darah sama, namun dengan rhesus darah positif. Obat ini juga digunakan untuk mencegah terjadinya pendarahan akibat penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Sama seperti obat-obat lain, obat ini juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi Rho, antara lain:

  • Demam
  • Urine yang lebih sedikit dan berwarna gelap
  • Pusing
  • Mual
  • Mengalami penambahan berat badan
  • Sakit punggung bagian bawah
  • Pembengkakan pada jari, kaki bagian bawah atau wajah
  • Susah bernapas
  • Reaksi anafilaksis

Segera temui dokter jika Anda merasakan gejala-gejala di atas ataupun gejala lain yang Anda curigai berhubungan dengan obat ini.

Sumber : www.alodokter.com

Rho atau immunoglobulin anti-D adalah obat yang berfungsi menekan respons imun seseorang dengan rhesus darah negatif saat menerima transfusi dari seseorang yang memiliki golongan darah sama, namun dengan rhesus darah positif. Obat ini juga digunakan untuk mencegah terjadinya pendarahan akibat penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah.

Obat ini umumnya juga diberikan kepada ibu hamil selama masa kehamilan atau sesudah melahirkan untuk mencegah timbulnya penyakit rhesus hemolitik. Rhesus hemolitik adalah penyakit yang berhubungan dengan pecahnya sel darah merah akibat ketidakcocokan jenis darah antara ibu dan anak atau saat transfusi darah. Rho juga bisa diberikan untuk mencegah pendarahan akibat insiden yang terjadi pada masa kehamilan, misalnya luka akibat terjatuh.

Obat ini juga digunakan untuk mengobati penyakit immune thrombocytopenic purpura (ITP), yaitu rendahnya jumlah platelet yang dimiliki seseorang sehingga mengganggu proses penggumpalan darah.

Sumber : www.alodokter.com

Rho diberikan dengan cara disuntikkan melalui alat infus atau langsung ke otot deltoid (lengan atas) atau di sisi luar bagian atas paha. Kedua jenis pemberian ini tidak diperbolehkan diberikan kepada bayi, melainkan hanya kepada ibu saja.

Jangan mengocok tabung yang berisi larutan Rho dan jangan memberikan obat ini bersamaan dengan obat lain.

Sumber : www.alodokter.com