Eduardo Saverin : Co-founders Facebook

Biografi, Eduardo Saverin


Pekerjaan
Internet entrepreneur, ekonom dan angel investor.

Afiliasi lainnya

  • Co-founders dari Facebook
  • Berinvestasi di Qwiki
  • Berinvestasi di Jumio
  • Pendiri Aporta

Tempat dan Tanggal Lahir
São Paulo, Brasil, 19 Maret 1982

Kewarganegaraan
Brasil

Pendidikan
Harvard University (B.A., Economics, 2006)

Total Kekayaan
$7.1 Billion (95,2536 Triliun Rupiah)

Peringkat Kekayaan berdasarkan Forbes

  • 28 Richest In Tech (2016)
  • 3 Singapore’s 50 Richest (2016)
  • 188 Billionaires (2016)
  • 5 in Brazil
  • 212 Forbes 400 (2011)

##Riwayat Hidup


Eduardo Saverin lahir di Sao Paulo, Brasil. Ia berasal dari keluarga keturunan Yahudi Brasil yang kaya raya. Ayahnya bernama Roberto Saverin merupakan seorang pekerja industri yang menjalankan berbagai bisnis seperti pakaian, pengiriman dan real estate. Ibunya bernama Paula yang merupakan seorang psikolog. Kakeknya, Eugenio Saverin, adalah keturunan Rumania yang juga pendiri Tip Top (rantai toko ritel dari “kidswear”).

Pada tahun 1993, ia sekeluarga pindah ke Amerika Serikat ke wilayah Miami, Florida.

Eduardo menempuh pendidikan Gulliver Preparatory School di Miami dan melanjutkan ke Harvard University dan mengambil jurusan ekonomi.

Selama menempuh pendidikan di Harvard, ia pernah menjadi presiden organisasi Harvard Investment Association. Selain itu Eduardo juga menjadi seorang penduduk Eliot House (Harvard College) dan anggota dari Phoenix S.K. Klub. Dalam menempuh pendidikan, Eduardo juga mampu mengambil keuntungan $ 300.000 dari peraturan insider trading Brasil yang longgar melalui investasi strategis dalam industri minyak.

Pada tahun 2006, ia lulus dari Harvard University dengan pujian (magna cum laude).

Eduardo tinggal di Singapura sejak tahun 2009.

Pada 2012, ia melepaskan status warga negara Amerika Serikat (AS).

Pada tanggal 27 Maret 2014, Eduardo bertunangan dengan seorang wanita Tionghoa Indonesia lulusan Raffles Girls 'School dan berasal dari keluarga yang menjalankan beberapa bisnis di Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada 25 Juni 2015, di Eduardo menikah di Riviera, Perancis.

##Riwayat Karir


Di tahun pertama di Harvard University, Eduardo bertemu dengan Mark Zuckerberg. Memperhatikan kurangnya situs jejaring sosial khusus untuk mahasiswa Harvard, mereka bekerja sama untuk meluncurkan Facebook pada tahun 2004. Sebagai co-founder dari Facebook, Eduardo memegang peran kepala keuangan dan manajer bisnis.

Pada tahun 2010, Eduardo dan Aldo Alvarez seorang pengusaha asal Meksiko mendirikan Aporta, sebuah portal online untuk amal.

Pada bulan Januari tahun 2011, Eduardo Saverin menginvestasikan dananya pada perusahaan produksi video Qwiki.

Pada tanggal 15 Mei 2012, Business Insider yang merupakan website berita memperoleh dan merilis email eksklusif dari Mark Zuckerberg yang merinci bagaimana ia mengeluarkan Eduardo dari Facebook dan mencairkan sahamnya. Melalui sebuah tindakan hukum, ia akhirnya memenangkan gugatan dengan penyelesaian di luar pengadilan dan ketentuan penyelesaian tidak diungkapkan dan perusahaan menegaskan bahwa Eduardo merupakan pendiri Facebook.

##Fakta-fakta


  1. Saat keluarga Saverin telah menjadi orang kaya pada tahun 1993, nama keluarga mereka-Eduardo- tercatat didalam daftar korban penculikan oleh kelompok-kelompok penculik yang menginginkan tebusan. Oleh sebab itu, keluarga Saverin pindah ke Miami untuk menemukan tempat hidup yang lebih aman
  2. Saverin menanggalkan kewarganegaraan AS pada bulan September 2011 dengan alasan merasa senang bekerja dan tinggal di Singapura
  3. Saverin senang menggunakan waktu luangnya untuk bermain catur dan membaca tentang meteorologi
  4. Sebelum tenar, Saverin mendapat uang dari investasi industri minyak
  5. Saverin digambarkan dalam film The Social Network oleh Andrew Garfield
  6. Pertama kali Saverin menjadi berita utama internasional adalah ketika berusia 13 tahun ketika ia mengalahkan grandmaster catur di Orlando
  7. Saverin kerap menolak undangan pertemuan, hanya beberapa saja yang ia hadiri
  8. Sekarang Saverin tinggal di Singapura
  9. Saverin mengungkapkan keinginannya untuk berinvestasi ke dapal operasi pertambangan di Brazil
  10. Salah satu investasi menarik Saverin adalah dalam bisnis kosmetik dari Rachel Kum

##Quotes


I do have a Bentley. I do go out. Eduardo Saverin

I am investing like a crazy person, mostly in internet start-ups. And I want to invest in Brazil as well, because I am Brazilian and that’s in my heart. Eduardo Saverin

Facebook wasn’t built out of a Harvard dorm window. Eduardo Saverin

_For charity purposes, how do I help? A lot of prospective levers and tools have come into my life. _
I don’t like showing my privacy online. Eduardo Saverin

People always try to put a title or a symbol on you. If you work in a bank, you are a banker. For me, they see a co-founder of Facebook. Eduardo Saverin

I am obligated and I will pay hundreds of millions of dollars in taxes to the American government. I already paid and I will keep paying whatever taxes I owe based on my time as a U.S. citizen. Eduardo Saverin

[details=Referensi]https://en.wikipedia.org/wiki/Eduardo_Saverin
http://www.forbes.com/profile/eduardo-saverin/
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/e/eduardo_saverin.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Qwiki
https://sussle.org/t/Eduardo_Saverin
https://www.linkedin.com/in/saverin
https://www.famousbirthdays.com/people/eduardo-saverin.html
https://worthly.com/richest/ten-things-didnt -know-eduardo-saverin/

[/details]

2586d80

Eduardo Luiz Saverin merupakan salah satu co-founders dari Facebook. Eduardo Saverin pun sekarang merupakan orang terkaya nomor 2 di tempat tinggalnya sekarang Singapore dan orang terkaya nomor 127 di dunia versi majalah Forbes. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari lika liku kehidupan Eduardo Saverin hingga menjadi sukses seperti sekarang.

Eduardo Saverin sendiri merupakan bocah cerdas dari Keluarga Kaya Raya Brasil. Ayahnya Roberto Saverin merupakan pebisnis handal. Sedangkan ibunya ialah seorang Psikolog. Saverin pun merupakan bocah cerdas yang bersekolah di Gulliver Preparatory School, Miami lalu ia melanjutkan studinya ke Universitas penuh gengsi yaitu Harvard. Berangkat dari sinilah karir Eduardo Saverin Dimulai.

Di Harvard ia bertemu dengan Marck Zuckerberg. Mark bercerita bahwa ia ingin membuat sebuah jejaring sosial guna membantu mahasiswa Harvard itu sendiri. Akan tetapi Mark tidak mempunyai biaya untuk itu. Eduardo Saverin yang terlahir dengan keluarga kaya ia pun melihat adanya peluang bisnis yang sangat besar di proyek Mark ini. Ia pun setuju untuk menjadi Investor di proyek yang diberi nama The Facebook.
Eduardo pun memegang jabatan sebagai Kepala Keuangan sekaligus Manager Bisnis The Facebook.

harvardkids415

Namun, Perkembangan Facebook sangat tak diduga duga, hingga tidak hanya warga harvard yang menggunakan The Facebook, namun juga merambah ke masyarakat. Disinilah pertentangan Mark dan Saverin dimulai. Saverin membuat sebuah iklan dan Joboozle yang merupakan laman lowongan pekerjaan. Mark pun marah karena tujuan utama facebook ialah membantu orang bukan mencari keuntungan sebesar besarnya. Hal tersebut sangat berbeda dengan prinsip Pengusaha Saverin yang selalu melihat kesempatan menghasilkan uang dan memanfaatkan sebesar besarnya peluang tersebut. Lalu Mark menganti nama The Facebook menjadi Facebook dan mengeluarkan Saverin.

Setelah ia dikeluarkan Saverin malah semakin gemar berinvestasi. Ia Berinvestasi ke proyek proyek yang sedang berkembang. Ia selalu bisa melihat peluang mana yang bisa berhasil dan mana yang gagal. Jiwa Pengusaha dari keluarga Saverin sungguh melekat di dirinya. Dan juga softskill berorganisasi dan memimpin yang membantu ia dalam kesuksesannya sebenarnya ia dapatkan ketika ia dapatkan saat menjabat sebagai Presiden di Harvard Investment Association. Selain itu Eduardo juga menjadi seorang penduduk Eliot House (Harvard College) dan anggota dari Phoenix S.K. Klub Kini Saverin tinggal di Singapore dan menikahi wanita cantik berdarah Indonesia di sana.

zuckerberg-right-circle-with-his-brothers-in-harvards-alpha-epsilon-pi-a-jewish-fraternity-including-spurned-facebook-co-founder-eduardo-saverin-left-circle

Quote : “Facebook wasn’t built out of Harvard dorm windows” Eduardo Saverin

Source :

https://www.bloomberg.com/billionaires/profiles/eduardo-l-saverin/

http://www.wealthx.com/articles/2015/eduardo-luiz-saverin/

Eduardo Saverin adalah pendiri pendamping Facebook bersama Mark Zuckerberg dan teman-temannya yaitu Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Jika kita mendengar kata facebook, pasti yang ada dipikiran kita adalah sosok Mark Zuckerberg. Tidak hanya Mark, padahal Eduardo Saverin sendiri memiliki peran yang penting pula di Facebook. Saverin memberi dana USD 1000 untuk perkembangan awal embrio Facebook dan memberi dana tambahan sampai USD 20.000 untuk membangun headquarter di Palo Alto, California. Saverin berasal dari keluarga yang kaya raya, ayahnya seorang pebisnis yang bernama Roberto Saverin.

gambar

Bersama dengan Mark, Saverin menjalani kuliah di Harvard University. Setelah bertemu dan melihat peluang, mereka mencoba untuk mendirikan Facebook dengan 3 teman yang lainnya. Beberapa lama setelah sukses mendirikan Facebook, terjadi perbedaan pendapat yang membuat Mark mengeluarkan Saverin secara perlahan-lahan dari Facebook. Tidak terima dengan itu, Saverin menuntut dan memenangkan tuntutan dengan mendapatkan 5% saham dari Facebook bernilai US$2,5 miliar. Tetapi dengan skill manajemennya, Saverin memilih untuk menjual saham tersebut untuk menghindari capital gain.

Dari kecil sosok Eduardo Saverin dikenal sebagai anak yang cerdas. Di Harvard, Saverin mengambil jurusan studi ekonomi. Dia terpilih menjadi presiden organisasi Harvard Investment Association dan lulus di 2006 dengan hasil baik. Selain pintar dalam akademik, saverin juga mempunyai hobi bermain catur dan sudah sering kali memenangkan perlombaan di tingkat internasional.

gambar

Meskipun Saverin lahir dari keluarga yang kaya, tidak membuat dia hanya bermalas-malasan dengan uang orang tuanya. Saverin memanfaatkan skill yang diturunkan oleh ayahnya kepadanya. Dia terus mengasah skill sebagai seorang pebisnis dengan menjadi pengembang Facebook dari segi bisnis. Dengan memanfaatkan skill yang ia punya, Saverin bisa dengan muda menarik investor untuk bekerja sama dengan Facebook. Berkat skill yang bagus dalam menjalin koordinasi, membuat Saverin dengan mudah menarik investor dan menambah pendapatan Facebook saat itu.

Setelah tidak lagi menjadi bagian dari Facebook, Saverin bisa dengan cepat mengatasi masalah itu dengan mencari peluang yang lain dalam berbisnis. Dia mencoba untuk menjadi orang dibelakang layar atau menjadi investor. Saverin mempunyai berbagai investasi besar di sejumlah startup yang mengantarkannya menjadi salah satu dari 50 orang terkaya di Singapura pada 2017. Dia berinvestasi di teknologi startup Amerika seperti Crowdmob, situs promotor aplikasi, ShopSavvy, Qwiki, dan Jumio.

Saverin tetap menjadi orang yang sukses meskipun telah keluar dari Facebook. Mematahkan pikiran orang-orang yang mengatakan ia akan bangkrut setelah keluar dari Facebook. Dia tetap berbisnis dan semakin meluaskan investasi-investasinya. Meskipun Saverin merasa pernah dicurangi oleh Mark, tetapi Saverin tidak memiliki dendam pada Mark. Sebaliknya, Saverin cukup senang dengan memberi selamat pada Mark karena Facebook berhasil melakukan Initial Public Offering.

I am investing like a crazy person, mostly in internet start-ups. And I want to invest in Brazil as well, because I am Brazilian and that’s in my heart.” -Eduardo Saverin

SUMBER:



https://inet.detik.com/cyberlife/d-2946037/eduardo-saverin-pangeran-flamboyan-facebook-yang-hilang

com_NUS_Eduardo

Pengusaha internet Eduardo Saverin adalah salah satu pendiri Facebook bersama dengan Marck Zuckerberg dan dengan kekayaan bersih sebesar $ 2 miliar, ia berada di antara 25 taipan teknologi terkaya di dunia. Eduardo Saverin lahir pada tanggal 13 Maret 1982 di São Paulo, Brasil. Mereka pindah ke A.S. pada tahun 1993 dan menetap di Miami, Florida.

Disini Saverin pergi ke Gulliver Preparatory School dan kemudian kuliah di Universitas Harvard di mana dia menjadi bagian dari banyak klub bergengsi seperti Phoenix S. K Club, persaudaraan Alpha Epsilon Pi dan Asosiasi Investasi Harvard yang juga dipimpinnya. Pada tahun 2006 ia lulus magna cum laude dengan gelar di bidang ekonomi. Sementara di Harvard dia juga menginvestasikan $ 300.000 di industri minyak. Di Harvard ia bertemu Mark Zuckerburg yang merupakan mahasiswa tingkat dua pada saat itu.

Sekitar tahun 2004, Mark dan Saverin membahas tentang bagaimana caranya agar memudahkan mahasiswa Harvard berkomunikasi walaupan sedang berjauhan. Karena Saverin keturunan pengusaha kaya dan melihat adanya peluang bisnis yang besar maka muncullah Facebook. Saverin sendiri berperan sebagai manajer bisnis dan chief financial officer Facebook. Karena skill manajemen dan bisnis yang baik, facebook semakin terkenal. Di saat puncak jayanya Facebook, ada perselisihan antara Saverin dan Mark. Perselisihan ini disebabkan karena perbedaan pendapat. Akhirnya, Saverin keluar dari Facebook dengan membawa saham sebesar 5 %.

Setelah keluar dari facebook ia pindah ke Singapura untuk menjalani bisnis. Karena skill berbisnis yang baik dan juga keturunan pengusaha kaya, ia dengan cepat berinvestasi dengan beberapa perusahaan terkenal di kawasan Asia. Memang usaha tidak mengkhianati hasil. Sekarang Saverin merupakan 10 orang terkaya di dunia. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah jangan pernah menyerah walaupun berada pada titik terendah.

Quote :

I don’t like showing my privacy online

Sumber :



https://id.techinasia.com/eduardo-saverin-tech-in-asia-singapore-2016