Earphones wireless dan wired. Manakah yang memiliki kualitas lebih baik?

Kita sudah memasuki zaman yang semakin maju dari tahun ke tahunnya. Bertahun-tahun kita memakai wired earphone (berkabel), sekarang sudah hadirlah earphone yang tidak perlu memakai kabel (wireless) dan hanya bermodalkan bluetooth saja. Namun, bluetooth butuh diisi daya baterai untuk bisa digunakan. Ini memberikan keterbatasan dalam jangka waktu mendengarkan. Itu berarti kamu harus memperhatikan baterai pada headphone -mu dan juga ponsel, MP3 atau perangkat elektronik yang kamu gunakan sebagai penyimpan lagu, dan juga, Kita tidak perlu bingung atau sebal untuk membenarkan kabel yang kusut, terlebih ketika kita memliki aktifitas yang menuntut untuk bergerak sangat cepat, seperti berolahraga. Namun di sisi lain itu juga menakutkan karena sebenarnya kabel bisa menjadi penjamin agar earphone -mu itu tidak jatuh ke tanah.

Bagaimana, Youdics, jenis earphones mana yang menurut kalian memiliki kualitas yang lebih baik, dan manakah yang kalian sukai?

Mungkin aku bakal bandingkan headphone kabel vs nirkabel dari beberapa faktor seperti harga, kualitas suara, kepraktisan, compatibility dan keawetan.

Dari segi harga, sudah jelas headphone kabel pemenangnya. Jika memiliki dana terbatas dan tidak memasalahkan antara kabel atau nirkabel, maka wired bisa menjadi pilihan yang pas. Headphone nirkabel memiliki teknologi Bluetooth yang lebih mahal diproduksi.

Mengenai kualitas suara, lagi-lagi headphone kabel pemenangnya. Banyak audiophile yang berpendapat kualitas suara headphone kabel lebih bagus. Sinyal analognya mampu memuat data lebih banyak ketimbang sinyal Bluetooth.

Soal kepraktisan kedua jenis headphone ini punya kelebihannya masing-masing, walaupun menurut saya yang nirkabel lebih unggul. Headphone nirkabel sejak awal diciptakan untuk kepraktisan. Kita tidak perlu terikat dengan perangkat. HP bisa kita taruh di ruang tamu misalnya, dan kita mendengar lagu sambil berjalan-jalan ke dapur. Berurusan dengan kabel kusut? No way. Headphone nirkabel kalah praktis ketika ia harus mengisi daya, tidak seperti versi kabelnya yang bebas digunakan kapan saja.

Hal compatibility, wireless headphone menang telak karena bisa disambungkan ke perangkat apapun yang memiliki fitur Bluetooth. Sementara headphone kabel memerlukan perangkat yang memiliki audio jack 3.5 mm. Zaman sekarang tidak semua HP memilikinya, kadang harus menggunakan kabel dongle 3.5 mm.

Teakhir mengenai keawetan. Berdasarkan pengalamanku headphone maupun earphone kabel lebih awet daripada yang nirkabel. Aku punya earphone kabel dari tahun 2014 yang masih berfungsi baik sampai sekarang. Sementara wireless earbuds yang pernah kupakai cuma awet tidak sampai 2 tahun.

Jadi,pilih yang mana? Kembali lagi ke preferensi masing-masing.

2 Likes

Menurut saya untuk menentukan kualitas mana yang terbaik, itu semua tergantung dengan brand dan harga. Kalau saya sendiri lebih suka yang Wired (berkabel) karena bisa dipakai kapan saja tanpa ketakutan kehabisan batrai, untuk mengatasi kabel yang kusut saya biasanya menyimpannya pada tempat yang kecil, atau penyimpanan khusus untuk earphone.

Compare antara earphone wireless dan wired memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sesuaikan saja dengan budget yang kita punya ketika membutuhkannya. Earphone wireless dinilai lebih praktis karena cukup menyambungkannya melalui bluetooth tetapi harganya cenderung lebih mahal dibandingkan earphone wired, sedangkan earphone wired seringkali dinilai lebih terjangkau namun dinilai kurang praktis karena harus menyambungkan melalui kabel dan sering kali ketika hendak digunakan kabel pada earphone bundat. Selain itu brand dan harga juga berpengaruh terhadap kualitas mereka.

Kualitas dari airphone wireless maupun earphone wired tergantung dari pribadi atau individu masing-masing. Kalau saya pribadi, lebih prefer menggunakan earphone jenis wired. Selain lebih mudah untuk digunakan hanya dengan mencolokkan kabel tersebut di device kita, kita tidak perlu khawatir terjadinya hambatan/gangguan jika menggunakan jenis wireless seperti bluetooth yang tidak bisa ter-connect, baterai yang cepat habis, dan jika terjatuh atau terselip di suatu tempat agak susah untuk mencari karena bentukan yang kecil dan tidak nampak kabel dar earphone tersebut. Selai itu, dari sisi harga, wired juga lebih terjangkau dan dapat ditemukan dimana-mana.