Dustin Moskovitz : Jutawan Termuda Dalam sejarah

Biografi, Dustin Moskovitz


Pekerjaan

CEO dan Cofounder, Asana

Afiliasi Lainnya

Cofounder Facebook ( February 2004 - November 2008 )

Tempat dan Tanggal Lahir

Gainesville, Florida, U.S., 22 Mei 1984

Kewarganegaraan

American

Pendidikan

IB Diploma Program
Vanguard High School
Harvard University

Total Kekayaan

US$9,7 Billion Dollar - 129 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 2 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2016)
  • 44 Forbes 400 (2016)
  • 20 Richest In Tech (2016)
  • 124 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup


Dustin Moskovitz lebih muda 8 hari dari rekan kerjanya di facebook mark zurkenberg, ayahnya seorang psikiater dan ibunya adalah seorang guru sekaligus seorang artis. Di Havard University dia mengambil studi ekonomi selama 2 tahun.

2004 dia keluar dari Havard University dan pindah bersama mark zurkenberg ke palo alto untuk bekerja bersama facebook. Hal pertama yang dilakukan untuk facebook, dia mengatur email server.

2008 dia keluar dari facebook dan mendirikan perusahaan baru.

2011 dia mendirikan perusahaan amal yang bernama Good Ventures bersama pacarnya yang sekarang menjadi istrinya yang bernama cari tuna. dan ditahun ini juga forbes menobatkan dirinya menjadi jutawan termuda sepanjang sejarah.

2013 Dia menikah dengan cari tuna dan bekerja bersama - sama dalam membangun perusahaan Good Ventures.

2016 dia dan istrinya mendonasikan 20 juta dollar untuk mendukung Hillary Clinton dalam pemilihan presiden U.S.

Riwayat Karir


Facebook, februari 2004 bersama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Chris Hughes dia mendirikan facebook di kamar asrama mereka di Havard University, facebook dahulu bernama Thefacebook.com.

Juni 2004 Zuckerberg, Hughes and Moskovitz keluar dari Havard University dan mereka pindah ke markas facebook dan merekrut 8 pegawai. Moskovitz bekerja sebagai chief technology officer lalu dengan berjalannya waktu beralih menjadi vice president of engineering.

After Facebook, 3 oktober 2008 Moskovitz mengumumkan untuk berhenti bekerja di facebook karena dia telah membuat perusahaan baru bernama Asana bersama Justin Rosenstein. menjadi vice president of engineering tentu Moskovitz memiliki investasi besar di mobile photo-sharing site yaitu Path, dan path pernah ditawar google untuk dibeli seharga 100 juta dollar, tetapi Moskovitz menolaknya.

Fakta-fakta


  1. Memutuskan drop out dari Havard University untuk mendirikan startup Facebook.

  2. Dia adalah satu - satunya orang yang memberikan banyak kontribusi dalam perancangan arsitektur Facebook dan mengembangkan strategi mobile phone.

  3. Dia adalah jutawan termuda dalam sejarah, forbes.

  4. Memiliki aset 6% di Facebook, CEO Asana Company.

  5. Pernah menolak tawaran google untuk membeli path seharga 100 juta dollars.

  6. Dia menguasai classic programming language C, dia pernah mengatakan ke Mark Z. bahwa bahasa php terlalu mudah.

  7. Termasuk 2 orang terkaya di amerika yang berusia dibawah 40 tahun.

  8. Ketika keluar dari facebook dia hanya berkata “What if we could make every organization in the world 5% faster?”.

  9. Setelah 8 tahun ASANA menjelma menjadi satu - satunya perusahaan yang memimpin project management software.

  10. 140,000 bisnis menggunakan asana software (13,000 dibayar) dan 10,000 bergabung setiap bulan.

  11. Hidup sederhana meskipun menjadi jutawan.

Quotes


One of the purposes of life, and selfishly what makes people happy, is building things that are impactful.   Dustin Moskovitz

Mindfulness has helped me succeed in almost every dimension of my life. By stopping regularly to look inward and become aware of my mental state, I stay connected to the source of my actions and thoughts and can guide them with considerably more intention.   Dustin Moskovitz

The only reason you should be an entrepreneur is because that’s the only way the idea will come into the world.   Dustin Moskovitz

There are a lot of people building small ideas now. There’s an idealization of being an entrepreneur, but the most important thing is to have a really great idea.   Dustin Moskovitz

Facebook was founded on February 4, 2004. On February 5, we were feeling pretty confident, even from observing the first few hours of usage. Students used it like crazy. They’d sign up then spend the next 3-4 hours on it. Then we’d go to lecture hall and see it on every computer screen there.   Dustin Moskovitz

Referensi * http://www.forbes.com/profile/dustin-moskovitz/ * https://www.theguardian.com/technology/2011/mar/09/forbes-rich-list-facebook-six * http://www.azquotes.com/author/31800-Dustin_Moskovitz * http://www.forbes.com/2010/10/06/americas-youngest-billionaires-business-young-billionaires.html * http://www.jta.org/2010/12/10/fundermentalist/zuckerberg-among-nine-new-jewish-individuals-and-families-to-take-the-giving-pledge * http://www.eyerys.com/articles/people/social-media-killing-emails-dustin-moskovitz * https://en.wikipedia.org/wiki/Dustin_Moskovitz#cite_note-16 * http://mashable.com/2014/02/04/facebook-early-employees/#LZtf90dVYPqB * https://www.wired.com/culture/lifestyle/news/2005/07/68083 * https://techcrunch.com/2011/02/02/google-tried-to-buy-path-for-100-million-path-said-no/ * http://www.famousbirthdays.com/people/dustin-moskovitz.html * http://www.businessinsider.co.id/how-moskovitz-became-facebook-cofounder-2016-3/?r=US&IR=T#TIKp9CYGXSilahIs.97 * http://www.forbes.com/sites/alexkonrad/2016/09/15/with-track-anything-dustin-moskovitzs-startup-asana-makes-its-big-platform-play/#5f6d012d39b4
1 Like

Co- founder Facebook, Dustin Moskovitz, dikenal sebagai miliarder termuda pada tahun 2013 versi majalah Forbes. Kemudian digeser oleh seorang wanita bernama Perenna Kei. Dustin adalah salah satu otak berdirinya Facebook. Sukses menjadi co- founder membuatnya memiliki nilai kekayaan $13.7 B (dikutip dari forbes.com pada 6 September 2017). Sekarang dia bekerja di sebuah perusahaan lain setelah keluar dari Facebook, yaitu Asana.

Dustin menjelaskan di sebuah kelas di Stanford University. Kamu pasti terjerumus oleh penggambaran dari Hollywood dan media, tentang romantisme entrepreneur. Sekali lagi yang paling sangat utama adalah tau kenapa kamu mau memulai sebuah perusahaan. Hal - hal yang diinginkan seseorang dengan perusahaanya: satu diantaranya adalah keglamoran, kamu semestinya menjadi bosnya, punya fleksibilitas, terutama mengenai apa agenda kamu hari ini, dan kamu memiliki kesempatan membuat sebuah pengaruh besar dan menghasilkan lebih banyak uang.

“Kenyataannya adalah tidak begitu glamor, banyak sisi buruk menjadi seorang pengusaha, dan apa yang kamu benar- benar habiskan waktu kamu hanya pada lebih banyak kerja keras.” jelasnya.

Dustin Mokovitz beralasan bahwa ia ingin menjadi entreprenuer dalam bidang teknologi informasi karena ia mempercayai bahwa ia akan menjadi glamor, menjadi bos, fleksibel, dan memiliki banyak uang sehingga dapat menjadi orang yang berpengaruh. Namun, hal tersebut adalah sebuah kesalahan, yang ia dapat dari menjadi seorang intrepenuer adalah kerja keras.

Membangun startup dan menjalankannya adalah hal yang penuh dengan tanggung jawab. Kamu akan memiliki ketakutan akan kegagalan atas nama diri sendiri dan semua orang yang mengikutimu mengikutimu. Dustin beranggapan bahwa sebenarnya bukan kamu yang menjadi bos, namun semua orang yang bekerja dalam perusahaan itu adalah bos. Semua meliputi pekerja, pelanggan, patner, pengguna, media adalah bos kamu, bukan kamu. Ia juga menuturkan bila kamu ingin menjadi bos, ikutlah ke garis depan seperti tentara atau menjadi polisi, jangan menjadi entrepreneur. Karena seorang pemimpin bukanlah hanya menjadi penyuruh dalam semua hal, namun dapat menjadikan leader dari teamwork yang dapat bekerja maksimal dengan cara komunikasi dan menjadi contoh yang baik.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Dustin_Moskovitz (dikutip pada 6 Sepetember 2017)
https://www.forbes.com/profile/dustin-moskovitz/ (dikutip pada 6 Sepetember 2017)
Zapata, Dushka.
https://www.quora.com/What-is-Dustin-Moskovitz-like-in-person (dikutip pada 6 Sepetember 2017)
Pant, Niraj.
https://www.quora.com/What-is-Dustin-Moskovitz-like-in-person. (dikutip pada 6 September 2017)
Schleifer , Theodore.
http://edition.cnn.com/2016/09/09/politics/facebook-cofounder-gift-democrats/index.html (dikutip pada 6 Sepetember 2017)

“Success is very much the intersection of luck and hardwork”
~Dustin Mokovitz

Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz yang mempunyai nama asli Dustin Aaron Moskovitz lahir pada 22 Mei 1984. Ia adalah seseorang yang turut mendirikan Facebook bersama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes. Tetapi pada tahun 2008, ia mengundurkan diri dari Facebook dan membentuk perusahaan baru bernama Asana.

Di facebook, ia menjadi chief technology officer pertama perusahaan dan kemudian vice president of engineering. Pekerjaannya yaitu memimpin staf teknis dan mengawasi arsitektur utama situs ini, dan juga bertanggung jawab atas strategi dan pengembangan mobile perusahaan. Pada tahun 2011, Dustin Moskovitz menjadi miliarder termuda dalam sejarah.

Dustin Moskovitz lahir di Gainesville, Florida dan dibesarkan di Ocala, Florida. Ia bersekolah di Vanguard High Schooldan lulus dari IB program diploma. Ia juga menempuh pendidikan di Harvard University dengan jurusan ekonomi, tetapi hanya 2 tahun saja.

Pada awalnya, Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Chris Hughes, dan Dustin Moskovitz mendirikan facebook untuk pertama kalinya di asrama Harvard University. Pada saat itu, facebook masih mempunyai nama thefacebook.com yang dibuat hanya untuk membantu siswa mengetahui tempat tinggal siswa lainnya. Pada tahun 2004, basis operasi Facebook dipindahkan ke California dan mereka bergabung dengan Sean Parker. Namun pada tahun 2008, Dustin Moskovitz secara resmi mengundurkan diri dari Facebook dan membentuk sebuah perusahaan sendiri. Ia merupakan investor terbesar pada situs berbagi foto mobile Path.

Hal yang dapat diinspirasikan dari Dustin Moskovitz adalah ia berkata bahwa “SAYA tidak pernah merasa uang itu milik saya. Uang adalah resource, sesuatu yang bisa kita gunakan untuk membuat dunia lebih
baik”. Ia tidak tertarik dengan gaya hidup mewah. Ia pergi ke kantor dengan mengendarai sepeda dan ia bepergian masih dengan pesawat ekonomi. Ia tidak ingin uang mengubah gaya hidupnya yang sederhana. Dustin juga telah berkomitmen, bahwa jika ia meninggal, kekayaannya tidak akan diberikan kepada anak-anaknya tetapi ia menyumbangkannya sebagai amal ketika ia meninggal.

Skill yang dimiliki Dustin Moskovitz yaitu ia memiliki pikiran yang sangat kreatif untuk membangun sebuah perusahaan yang berguna untuk orang-orang disekitarnya. Ia juga mempunyai keahlian mengatur staff teknisi pada saat ia bekerja di Facebook.

Salah satu quotes dari Dustin Moskovitz yaitu “Success is very much the intersection of luck and hard work.” Yang artinya sukses yaitu sebuah pertemuan antara keberuntungan dengan kerja keras.

Sumber:
(https://en.wikipedia.org/wiki/Dustin_Moskovitz)
(http://www.kisuta.com/2014-05-07/orang-muda-terkaya-di-dunia-ini-sangat-bersahaja)
(http://www.azquotes.com/author/31800-Dustin_Moskovitz)

Dustin Aaron Moskovitz lahir di Gainesville, Florida, Amerika pada 22 Mei 1984 merupakan salah satu penemu atau Co- founder Facebook. Dustin adalah salah satu teknisi terkuat facebook. Di facebook, ia berperan sebagai chief technology officer pertama perusahaan dan kemudian vice president of engineering. tugasnya yaitu memimpin staf teknis dan mengawasi arsitektur utama situs ini, serta bertanggung jawab atas strategi dan pengembangan mobile perusahaan.

Awalnya, facebook dibuat hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Namun, dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, jumlah pengguna facebook semakin meningkat. Penggunanya mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker.
kesuksesan Dustin menjadi co- founder facebook menjadikannya jutawan muda dalam sejarah forbes. Kekayaan Dustin kini mencapai $13.7 B. Meskipun telah menjadi seorang jutawan, Dustin tetap hidup sederhana. Ia merasa bahwa uang yang ia miliki bukan sepenuhnya miliknya, melainkan harus digunakan untuk membangun dunia yang lebih baik. Dustin tetap mengamalkan hidup sederhana dan terus bekerja sangat keras, sebagaimana yang pernah dilakukannya membuat Facebook berhasil. Pada tanggal 3 Oktober 2008, Dustin mengumumkan untuk berhenti bekerja di facebook dan memulai petualangan startup baru bersama website project manajemen canggih yang digunakan oleh banyak orang bernama Asana.

Meskipun memiliki kekayaan berlimpah namun Dustin berkomitmen tidak akan mewariskan banyak harta ke anaknya saat meninggal nanti tapi ingin seperti Warren Buffet yang menyumbangkan 99 persen hartanya untuk amal ketika meninggal.
“There’s an idealization of being an entrepreneur, but the most important thing is to have a really great idea”- Dustin Moskovitz

Sumber:
(https://en.wikipedia.org/wiki/Dustin_Moskovitz)
(http://historysander.blogspot.co.id/2013/01/sejarah-berdirinya-facebook.html)
(https://www.forbes.com/profile/dustin-moskovitz/)
(http://hariansib.co/view/Sinar-Remaja/49589/-Perintis-Studentpreneur-Dustin-Moskovitz-Ajak-Orang-Kaya-Berbagi.html)
(http://edition.cnn.com/2016/09/09/politics/facebook-cofounder-gift-democrats/index.html)