Drew Houston : Pendiri Dropbox

BBC

Biografi, Andrew W. Houston


Pekerjaan

Cofounder and CEO, Dropbox

Tempat dan Tanggal Lahir

March 4, 1983

Kewarganegaraan

United States

Pendidikan

Bachelor of Science, Massachusetts Institute of Technology

Total Kekayaan

US$1.04 Billion Dollar - 13,52 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 1694 Richest In The World (2016)
  • 509 Richest In US (2016)
  • 18 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2015)

Riwayat Hidup


Drew Houston, lahir pada 4 Maret 1983 di Action, Massachusetts, Amerika Serikat. Ia adalah seorang pengusaha Amerika yang lebih dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Dropbox, sebuah layanan backup dan penyimpanan online.

Houston sudah mulai bermain di sekitar komputer sejak berumur 2 tahun dan terlibat diberbagai startup pada masa sekolahnya. Ia bersekolah di Action-Boxborough Regional High School pada tahun 1990. Kemudian ia lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dari Massachusetts Institute of Technology. Disana ia menjadi anggota dari persaudaraan Phi Delta Theta, dimana disanalah ia bertemu dengan Arash Ferdowsi yang kemudian menjadi pendiri dan CTO dari Dropbox. Ketika umurnya yang baru 24 tahun, ia telah mendirikan Dropbox dan juga pernah bekerja di beberapa startup seperti Bit9, Accolade dan Hubspot.

Konsep Dropbox ia dapatkan setelah seringkali melupakan flash disk ketika ia masih menjadi siswa di MIT. Ia mengatakan layanan yang sudah ada sering bermasalah dengan latency, ukuran, dan membuatnya berpikir terlalu banyak. Ia kemudian mulai membuat untuk dipakai pribadi, namun ia menyadari bahwa apa yang ia buat ini dapat berguna buat orang lain yang juga memiliki masalah yang sama. Kemudia pada bulan Juni tahun 2007 ia mendirikan Dropbox dan tidak lama setelah itu ia mengamankan dana benih dari Y Combinator. Dropbox secara resmi dirilis pada tahun 2008 dan memiliki 50 Juta pengguna terdaftar pada tahun 2011. Pada tahun 2015 pengguna terdaftar dari Dropbox telah meningkat dan mencapai 400 Juta pengguna.

Business Week menyebut Drew Houston sebagai salah satu pemain paling menjanjikan diumur 30 tahun kebawah. Dropbox sendiri disebut sebagai investasi paling sukses dari Y Combinator sampai saat ini. Inc.com menyebut Drew sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda terbaik yang berumur 30 tahun kebawah dan menyebut Dropbox sebagai salah satu dari 20 startup terbaik di Silicon Valley. Kini pada tahun 2016, berdasarkan majalah forbes kekayaan bersih Drew Houston mencapai 1.04 miliar dollar atau setara dengan 13.7 triliun rupiah.

Pada Juni 2013, ia diundah oleh MIT sebagai pembicara dan ia memberi nasihat: “Mereka mengatakan bahwa kamu adalah rata-rata dari 5 orang yang paling sering kamu habiskan waktu bersama. Pikirkan sejenak siapa yang akan berada diantara lingkaran 5 orang tersebut? Saya punya berita baik, MIT adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk membangun lingkaran tersebut. Jika saya tidak datang kesini, saya tidak akan pernah bertemu Adam, saya tidak pernah bertemu rekan pendiri Arash, dan tidak akan ada Dropbox. Satu hal yang saya pelajari adalah mengelilingi diri anda dengan orang yang menginspirasi sama pentingnya dengan memiliki talenta dan bekerja keras. Bisa kamu bayangkan jika Michael Jordan tidak berada di NBA, jika lingkaran 5 tadi hanya berisi beberapa orang dari itali? Lingkaranmu akan mendorongmu menjadi lebih baik, sama seperti Adam mendorongku.”

1 Like

Dari pengalaman yang saya alami, memang benar bahwa lingkungan, terutama pergaulan, mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap kesuksesan seseorang di masa yang akan datang.

Bentuk kecerdasan seseorang adalah selektif dalam memilih teman berjalan, teman bersama, dan teman duduknya. Sebab teman itu boleh dikatakan adalah teman akrab. Teman yang dalam perjalanan hidup nanti akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir, watak, perilaku, dan kebiasaan. Jika teman kita baik, insya Allah kita akan terkondisikan ikut baik dan sebaliknya. Abud Darda’ (Sahabat RasulAllah Muhammad SAW)

Beberapa quotes yang menginspirasi dari Drew Houston

Sumber gambar : azquotes.com

The hardest-working people don’t work hard because they’re disciplined. They work hard because working on an exciting problem is fun. Drew Houston

Sumber gambar : thequotes.in

The happiest and most successful people I know don’t just love what they do, they’re obsessed with solving an important problem, something that matters to them. Drew Houston

Sumber gambar : thequotes.in

Sumber gambar : quotesgram.com

image

Riwayat Hidup

Andrew W.Houston adalah seorang pengusaha Internet Amerika yang paling dikenal karena menjadi pendiri dan CEO Dropbox, sebuah layanan backup dan penyimpanan online dan mempunyai kekayaan sebanyak 1.04 Miliar USD (2017).

Drew Houston adalah anak dari seorang Ayah lulusan Universitas Harvard, pada saat kecil Drew Houston sudah mengenal Basic Programming dari Komputer pertama yang diberikan oleh Ayahnya.

Riwayat Karir

Setelah mengikuti Acton Boxborough Regional High School, Andrew W.Houston lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) bidang ilmu komputer. Di sinilah dia bertemu Arash Ferdowsi, seseorang CTO dan pendiri Dropbox juga. Andrew W.Houston belajar Basic Pemograman sendiri dan mendaftar ke sebuah permainan, menemukan beberapa bug keamanan dan memberitahu perusahaan tersebut. Pada usia 14 Andrew W.Houston diundang oleh perusahaan yang sama untuk bekerja sama dengan mereka.

Andrew W.Houston sering lupa membawa USB untuk menyelesaikan beberapa pekerjaannya dan hal inilah yang membuat menghambat pekerjaannya, dari sinilah dia mulai membuat system penggunaan DropBox dan bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi bisa berguna bagi orang lain yang mempunyai masalah yang sama.

Andrew W.Houston bergabung dengan Y Combinator pada Juni 2017 dan selanjutnya pada tahun 2008 Dropbox sudah resmi diluncurkan. Setelah itu Andrew W.Houston menjadi sorotan sebagai pemimpin layanan cloud yang berkembang sangat pesat. Perusahaan tersebut mengumpulkan lebih dari 1,1 miliar dari perusahaan modal ventura Sequoia Capital, Accel Partners dan setelah itu Perusahaan itu dihargai 10 miliar pada Januari 2014. Layanan ini menawarkan 500 juta pengguna dan telah mengalihkan fokusnya dari aplikasi konsumen ke bisnis hingga Dropbox menjadi sangat baik dengan menjadi peringkat 2 di Forbes Cloud

Quotes

“ If you have a dream, you can spend a lifetime studying, planning, and getting ready for it. What you should be doing is getting started and Don’t worry about failure, you only have to be right once ”

Referensi :


https://successstory.com/people/drew-houston

011217152crop
Sumber Gambar : www.businessinsider.com

Dropbox adalah sebuah layanan yang menawarkan cloud storage atau penyimpanan data berbasis web yang dapat di akses melalui situs web maupun aplikasi di smartphone. Tanpa kita sadari, Dropbox telah memecahkan masalah yang pernah dialami oleh pengguna. Mungkin kita pernah lupa membawa flashdisk atau hardisk yang berisi file-file penting kita. Dengan menggunakan Dropbox, semua file akan tersimpan didalam satu tempat yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun dengan keamanan file yang tetap terjaga.

Drew Houston adalah sosok dibalik penemuan Dropbox ini. Drew Houston lahir pada tanggal 4 Maret 1983 di Acton, Massachusetts. Drew Houston lulus dari bangku perkuliahan pada tahun 2006 dari jurusan Computer Science di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Drew Houston pernah bekerja dibeberapa perusahaan startup seperti, Accolade, Hubspot dan Bit9. Selain itu Drew juga merupakan anggota grup Phi Delta Theta Fraternity. Disanalah Drew Houston bertemu Arash Ferdowsi yang merupakan partner awal berdirinya Dropbox.

Awal mula berdirinya Dropbox dapat dibilang sederhana. Kejadian ini terjadi ketika Drew Houston bersekolah di Acto-Boxborough Regional High School. Pada saat itu, Drew sedang duduk santai diterminal bis. Pada saat itu juga, dia ingin menyelesaikan beberapa pekerjaan yang ada. Namun Drew baru sadar bahwa dia tidak membawa flashdisk berisi file yang akan dia kerjakan. Kejadian ini tidak terjadi sekali saja melainkan beberapa kali. Hal ini tentu membuat kesal Drew Houston. Akhirnya Drew Houston mempunyai ide untuk menciptakan sesuatu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Drew Houston mengajak Arash Ferdowsi untuk membuat konsep program Dropbox. Mereka berdua bekerja keras tak kenal lelah selama kurang lebih 3 bulan dari shubuh hingga tengah malam. Setelah mengembangkan konsep, mereka berdua mendatangi berbagai investor, salah satu yang mereka kunjungi adalah Sequoia Capital. Pada saat pitching, mereka sebagai usaha start up merasa rendah hati karena modal yang diajukan dapat dikatakan sangat rendah tidak seperti perusahaan teknologi seperti Apple dan Cisco. Tetapi mereka melakukan pitching dengan baik.

Mereka berdua awalnya pesimis dengan usaha yang mereka lakukan dan mencoba mencari investor yang lainnya. Namun beberapa hari kemudian, mereka terkejut ketika menerima email yang dikirim oleh Sequoia Capital dan meminta nomor rekening mereka. Mereka sangat bahagia tetapi mereka juga bingung karena tidak memiliki rekening bank. Akhirnya mereka langsung pergi ke Bank of America untuk membuka rekening bank. Dan dalam waktu yang singkat, uang senilai 1.2 juta langsung masuk ke rekening mereka. Pada bulan September, mereka memindahkan Dropbox ke San Fransisco. Mereka mendapat modal sebesar 7.2 juta dari berbagai investor seperti Sequoia Capital, Accel Partner, Y Combinator dan lain-lain. Hal tersebut merupakan momen penting dalam bisnis mereka. Tahapan penting lainnya adalah ketika video tutorial penggunaan Dropbox tersebar di internet. Padahal Dropbox masih belum secara resmi diluncurkan ke masyarakat. Namun sudah banyak yang pre-order versi beta dropbox. Jumlahnya meningkat dari 5000 pengguna menjadi 7500 pengguna dalam beberapa jam saja. Tentu saja Dropbox telah mendapatkan perhatian yang besar dari media dan publik. Pada tahun 2013, Dropbox mencatat terdapat 200 juta pengguna terdaftar dan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Drew Houston juga baik dalam beberapa hal seperti Startup, Enterprenurship, Mobile Application, Mobile Devices, E-commerce, Strategic Partnership, Online Advertising, Product Management, Python, Enterprise Software, Web Development, Venture Capital, Cloud Computing, Scalability, Guitar, Product Development dan Analytics.

Drew Houston pernah menuliskan 4 kunci sukses dalam bisnis. Ada 4 pelajaran yang dapat diambil dari kisah sukses Drew Houston :

  1. Risiko Terbesar adalah membuat produk yang tidak diinginkan orang.
  2. Menunda atau gagal merilis itu menyakitkan, tetapi tidak belajar itu fatal.
  3. Kembali pada pengguna, dengarkan kata pengguna dan dapatkan feedback segera.
  4. Kenali pengguna dan berkomunikasilah.

Quotes :

" Don’t worry about failure, you only have to be right once "

~ Drew Houston

Referensi :

https://www.linkedin.com/in/drewhouston/
https://successstory.com/people/drew-houston

Si Jenius Drew Houston


Sumber Gambar : tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk, begitulah yang dapat digambarkan dari sosok Drew Houston. Ilmu dan kesuksesan yang ia dapat tak pula membuat dia menjadi sosok yang angkuh. Justru sebaliknya, Drew Houston terkenal sebagai orang yang humble dan selalu memberi inspirasi dan motivasi kepada sesama manusia. “Surrounding yourself with inspiring people is now just as important as being talented or working hard,” begitu kata Drew Houston.

Bicara tentang Drew Houston, dia adalah Co-Founder dari Dropbox. Drew mulai mengenal tentang ckomputer sejak kecil yaitu pada saat usianya lima tahun. Di mana ayahnya-lah yang memberikan Drew sebuah PCjr untuk Drew bermain game. Namun rupanya, meskipun dia juga suka game, justru Drew jauh lebih tertarik dengan bagaimana cara game itu bekerja. Bahkan Drew belajar bahasa pemrograman C dari online game yang dia mainkan. Drew berhasil menemukan beberapa bug dari game yang ia mainkan, yang membuatnya dipanggil oleh pihak perusahaan tersebut untuk bekerja sama dengannya. Padahal saat itu usianya baru 14 tahun. Wah… coba Anda ingat, dulu saat usia Anda 14 tahun, apa yang sudah Anda lakukan? Kalau saya sih hanya bermain game saja tanpa mau tahu source code dan bagaimana game itu dibuat hehe.

Sedangkan minatnya untuk berbisnis sudah mulai terlihat saat dia dengan lantang menjawab pertanyaan, “ingin jadi apa sih kalau sudah dewasa nanti?” dengan jawaban, “Saya menyukai komputer dan saya ingin mendirikan perusahaan seperti yang Bill Gates— idolanya— lakukan.”

Namun ada satu sifat yang sangat patut diteladani dari Drew Houston, yakni tetap memiliki pendirian untuk tetap menyelesaikan studi lanjutnya dengan menjadi bagian dari MIT atau Massachusetts Institute of Technology jurusan Computer Science. Tidak hanya untuk menunjang bakatnya dalam bidang komputer, ketika kuliah di MIT, Drew Houston juga mencoba untuk belajar banyak tentang ilmu-ilmu bisnis yang dia dapat dengan bergabung ke entrepreneur club, mengambil mata kuliah bisnis, dan bertemu dengan para entrepreneur muda yang kuliah di MIT. Terlihat betul ya kalau Drew benar-benar memanfaatkan dunia perkuliahan sebagai tempatnya menambah pengalaman dan relasi. Setelah lulus dari MIT, Drew sempat bekerja di beberapa perusahaan startup seperti Accolade, Hubspot and Bit9.

Ide untuk membuat Dropbox sendiri muncul ketika dia bekerja. Di mana, dia bisa menyimpan dokumen-dokumennya pada sebuah program yang dapat diakses tanpa perlu membawa harddisk, flashdisk, maupun alat penyimpanan lain. Dan itu cukup memudahkannya ketika ia harus berpindah tempat. Berdasarkan hal itulah Drew memulai untuk merancang program awal cikal bakal Dropbox. Yang kemudian ia menyeret Arash Ferdowsi yang ia anggap sangat berbakat dan cocok untuk menjadi partnernya. Walaupun pada awalnya, sebelum Arash bersedia, Arash melihat untuk merealisasikan ide Drew sedikit sulit. Namun karena keberanian mereka dalam mengambil resiko dan keuletan mereka dalam merealisasikan ide tersebut, kini Dropbox menjadi salah satu perusahaan startup terbaik di San Francisco dan telah mempermudah pekerjaan dari jutaan pengguna di seluruh dunia.

Bahkan kesuksesan dari perusahaan yang dipimpinnya tersebut juga membuat nama Drew Houston disebut sebagai salah satu Top Entrepreneur dan satu-satunya milyader berusia 30 tahun. Menurut Drew Houston, kesuksesan Dropbox tercapai karena Dropbox fokus kepada kenyamanan pengguna dan bukan karena materi. Buktinya, dulu Steve Jobs pernah menginginkan untuk mengakuisisi Dropbox namun gagal karena Drew Houston ingin mempertahankannya. Baginya ia sangat menyukai produk dan segala hal yang berhubungan dengan perushaan startup yang ia pimpin. Begitu pula, menjadi poin plus bagi Drew Houston saat apa yang ia cita-citakan tercapai. Sehingga tidak ada alasan baginya untuk memilih menjual impiannya sendiri.

Nah, dari Anda tahu bahwa kerja keras adalah kunci dari kesuksesan yang dimilik Drew Houston. Selain itu, Drew Houston juga sangat memahami minat dan bakat apa yang ia pendam. Sehingga ia tahu kemana tujuan yang akan ia capai ketika dewasa nanti. Perjalanan menuju dewasa bukanlah perjalanan yang pendek, butuh pendirian yang kuat agar apa yang kita cita-citakan sejak kecil benar-benar terwujud, dan itu juga sudah dibuktikan oleh Drew Houston, bahkan hingga saat perusahaannya berkembang dan hendak diakuisisi oleh raksasa Apple. Hal lainnya adalah pandai melihat peluang. Di mana Drew menjembatani antara kebutuhannya— mungkin juga masyarakat luas— untuk mempermudah pekerjaan dan ilmu dan pengalaman apa yang telah ia dapat baik di sekolah maupun perguruan tinggi, hingga terciptalah Dropbox sendiri.

Referensi :


https://www.eecs.mit.edu/people/alumni/alumni-eecs-connector-2013/dropbox-founders-drew-houston-05-and-arash-ferdowsi


Drew Houston


Perjalanan karir :

Drew sudah mengenal komputer sejak umur 2 tahun. Bapaknya adalah lulusan Elektro dari Harvard. Ketika itu Drew membeli sebuah komputer yang membawanya kenal dengan pemrograman. Awalnya Drew hobi bermain game, lalu dia tertarik untuk tahu bagaimana game bisa berjalan di sebuah komputer. Dari ketertarikan itu drew lalu belajar lebih lanjut tentang bahasa pemrograman C lewat komputer milik ayahnya dan mencari celah celah (bug) dalam game lalu mengiformasikannya ke perusahaan game tersebut. Saat umur 14 tahun Drew diajak bergabung dengan perusahaan game tersebut.

Saat belajar di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Drew bertemu dengan Arash Ferdowsi. Lalu pada tahun 2007 dirilislah perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan online, sinkronisasi file, dan sarana berbagi file secara online yang dinamkan DROPBOX bersama Arash Ferdowsi. Dropbox kini telah mencapai 50 Juta pengguna di seluruh dunia.

Dibalik kisah suksesnya, Drew tentu pernah juga mengalami kegagalan. Sebelum mendirikan Dropbox, Drew lebih dulu mendirikan Accolade sebagai perusahaan startup pertamanya. Accolade merupakan sebuah layanan yang bergerak di bidang persiapan masuk ujian perguruan tinggi yang ada di Amerika. Namun, karena pangsa pasar yang kecil akhirnya Drew memutuskan untuk menutup Accolade.

Drew mengajarkan kepada kita banyak hal secara tidak langsung. Apabila Drew tidak bertemu dengan Arash maka tidak akan ada yang namaya Dropbox. Pertemuan Drew dengan Arash karena Drew dan Arash sama-sama menempuh gelar sarjana di MIT. Dari hal tersebut jelas terlihat bahwa lingkungan yang berpendidikan berperan besar untuk menentukan kepribadian kita, jati diri kita, karir kita, dan tentunya masa depan kita. Manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak dapat mencapai kesuksesan hanya dengan keringatnya sendiri. Maka dari hal itulah jangan sampai menjadi makhluk anti sosial.

Quotes by Drew Houston :

“No one is born a CEO, but no one tells you that. The magazine stories make it sound like Mark Zuckerberg woke up one day and wanted to redefine how the world communicates [by creating] a billion-dollar company. He didn’t.” –Drew Houston

Referensi :

Riwayat Hidup


Drew Hoston adalah anak dari seorang teknik elektris lulusan Harvard University. Pada masa kecilnya, ayahnya membeli PCjr untuk Drew Houston dengan tujuan memperkenalkannya pada basic programming. Ia termasuk orang yang rendah hati, selalu menginspirasi orang lain, dan memiliki tujuan yang kuat untuk sukses. Saat ini ia menjalin hubungan dengan CeCe Cheng.

Riwayat Karir


Drew Houston adalah salah satu pengusaha berbakat di industri teknologi sebagai pendiri Dropbox. Sebelum bekerja di Dropbox, Drew Houston bekerja di perusahaan startup Bitt9, Accolade dan Hubspot. Ia juga merupakan anggota grup Phi Delta Theta Fraternity, di grup inilah ia menemukan partnernya Arash Ferdowsi.

Disaat kuliah Drew Houston sering lupa membawa USB Flash Drive, dan ia merasa sangat sulit untuk menyebarkan atau membagi file kepada teman-temannya. Pada saat itu juga kondisi internet sangat buruk, hal inilah yang membuatnya selalu mengeluh. Dengan masalah tersebut, ia mencari solusi dan membuat suatu system untuk penggunaan pribadi yaitu dropbox. Namun ia berpikir bahwa solusi ini juga akan bermanfaat bagi orang lain dalam masalah yang sama.

Pada Juni 2007 ia bergabung dengan Y Combinator dan mendirikan Dropbox, dan pada tahun 2008 Dropbox resmi diluncurkan. Sejak itu ia telah menjadi sorotan sebagai pemimpin salah satu layanan cloud yang bertumbuh pesat di dunia. Pada tahun 2011 Dropbox memiliki lebih dari 50 juta pengguna. Pada April 2012 Dropbox meluncurkn fitur-fitur baru. Pada 26 September 2012 Dropbox bekerjasama dengan Facebook, yaitu berbagi file ke Facebook Groups menggunakan system penyimpanan berbasis cloud Dropbox. Pada tanggal 12 November 2012 Dropbox mencapai 100 juta pengguna, meningkat menjadi 400 juta pada Juni 2015 dan kini telah mencapai 500 juta pengguna. Dan Dropbox menduduki peringkat 2 di Forbes Cloud 100.

Fakta-Fakta


• Pada tahun 2013, Drew Houston salah satu pendiri FWD.us
• Drew Houston tinggal di San Francesco
• Mendapatkan ketenaran pada usia 30 tahun
• hobby menyanyi
• Sempat menjadi bagian dari band yang ada di kampusnya pada tahun 90-an.
• Gemar dengan video game.

Quotes


“If you have a dream, you can spend a lifetime studying, planning, and getting ready for it. What you should be doing is getting started.”
“Don’t worry about failure; you only have to be right once.”
“I actually don’t think it matters how early or late you are as long as you hit critical mass.”
“If you start your own thing, you can learn a lot really fast from doing things wrong.”

REFERENSI :
https://successstory.com/people/drew-houston
https://en.wikipedia.org/wiki/Drew_Houston
http://www.inc.com/30under30/2011/profile-drew-houston-and-arash-ferdowsi-founders-dropbox.html
http://www.businessinsider.com/how-drew-houston-grew-dropbox-into-a-10-billion-business-2016-12
http://www.forbes.com/profile/drew-houston/
https://en.wikipedia.org/wiki/Dropbox_(service)
http://www.inspiringquotes.us/author/7338-drew-houston