Drama Mengurus Paspor yang Harus Dijalani


(Fasa Amelia) #1

Mengurus paspor ternyata ada seninya, karena tanpa seni tersebut rasanya akan seperti makan sayur tanpa garam. Begitu juga dengan drama mengurus paspor, pasti beberapa pemohon paspor memiliki kesulitannya masing-masing.

Agar tidak ditolak mentah-mentah ketika datang ke kantor imigrasi, sebaiknya kamu selesaikan terlebih dahulu berbagai permasalahan sebelum membawa semua berkas-berkasnya untuk mengajukan permohonan paspor.

Anda punya pengalaman serta tips saat pengurusan paspor ini? Yuk diskusikan!


(ahyarm) #2

Salah satu persoalan umum yang mungkin dialami oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia adalah Tidak Punya E-KTP. Gara-gara korupsi, banyak pemohon paspor yang kesulitan. Itulah sebabnya kita tidak boleh apatis dengan penyakit masyarakat seperti ini. Jangan pula gara-gara susah mendapatkan kuota, kamu jadi mencari solusi dengan menggunakan jalur belakang untuk mengurus paspor. Itu sama saja dengan merawat korupsi yang sudah akut merusak negeri ini.

Jika belum mempunyai e-KTP jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi atau surat pengantar dari Disdukcapil setempat yang sesuai dengan domisili KTP kamu saat ini. Dengan menggunakan surat rekomendasi atau surat keterangan tersebut, kamu dapat mengajukan permohonan paspor tanpa permasalahan dan akan dilayani seperti halnya penduduk yang memiliki e-KTP.