Douglas M. Baker, JR. : CEO of Ecolab

Douglas M. Baker, adalah ketua dewan pengurus serta CEO Ecolab Inc. Baker memulai karirnya di Ecolab pada tahun 1989, dan memegang peran penting dalam pemasaran, penjualan dan manajemen di U.S. dan Eropa. Pada bulan Juli 2004, Baker ditunjuk sebagai presiden dan Chief Executive Officer, dan pada bulan Mei 2006, Baker juga diamanahi sebagai ketua dewan untuk Ecolab Inc . Perlu kalian ketahui, Ecolab Inc. menyediakan teknologi dan layanan pengelolahan air, kebersihan pangan, dan energi untuk customer di seluruh dunia. Perusahaan beroperasi di tiga segmen: Industri Global, Institusi Global, dan Energi Global. Segmen Industri Global menyediakan aplikasi pengolahan air, dan solusi pembersihan sanitasi terutama untuk pelanggan industri berskala besar dalam pemrosesan manufaktur, makanan & minuman, kimia, pertambangan, pembangkit listrik, pulp dan kertas, dan industri laundry. Segmen Institusi Global menawarkan produk pembersih dan sanitasi khusus untuk layanan makanan, perhotelan, penginapan, perawatan kesehatan, pemerintahan, pendidikan dan industri retail.

Baker banyak berbagai penghargaan dan pengakuan sepanjang karirnya. Baru-baru ini, dia diangkat menjadi CEO Forbes Global 2000 : Hall of Fame, dan diangkat sebagai CEO paling Bertanggung Jawab di Tahun 2014 oleh Majalah Corporate Responsibility. Sebelum bergabung dengan Ecolab, Baker menghabiskan tujuh tahun dengan Procter & Gamble dalam berbagai posisi manajemen merek. Selain tanggung jawab Ecolab-nya, Baker menjabat sebagai anggota dewan direksi A.S. Bancorp dan Target Corporation. Dia juga merupakan wali amanat dari National Restaurant Association Educational Foundation.

  • Keterlibatan komunitas

Baker aktif dalam kehidupan sipil Kota-Kota Kembar di Minneapolis dan St. Paul, Minn. Ia melayani di komite eksekutif Kemitraan MSP Tinggi, sebuah kemitraan publik-swasta yang misinya adalah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di wilayah ini. Baker juga bertugas di dewan pengawas Carlson School of Management di University of Minnesota dan komite eksekutif Minnesota Business Partnership, sebuah organisasi CEO dari 100 perusahaan teratas di Minnesota yang berfokus untuk meningkatkan kualitas hidup di wilayah ini. Dia adalah anggota dewan Parent Aware for School Readiness (PASR), sebuah organisasi nirlaba untuk mendukung perluasan Parent Aware, the Minnesota Quality Quality and Improvement System. Baker dan istrinya Julie juga memimpin kampanye penggalangan dana Twin City United Way tahun 2012.

Menurut Douglas Baker, metrik bisnis terpenting yang harus ditonton adalah penjualan yang tidak memperhitungkan dampak mata uang dan marjin operasi. Kombinasi tersebut memberinya pandangan tentang bagaimana perusahaan, yang membuat produk pembersih dan pengolahan air untuk industri seperti makanan, energi, perawatan kesehatan dan perhotelan, yang saat ini dijalankan pada pangsa pasar.

"Pelanggan memilih dengan dompet mereka,"

kata Baker. “Jika solusi kami tidak mendorong pertumbuhan atau pelanggan tidak mau membayarnya, kami perlu melakukan pembayaran ulang atau kami tidak akan membuat perbedaan yang mampu kami lakukan.”

Baker juga tidak malu untuk melangkah ke depan untuk pertumbuhan, yaitu dengan menghabiskan $ 5,4 miliar untuk perusahaan pengolahan air Nalco pada tahun 2011. Cara pandang Baker adalah berani mengambil resiko terhadap investasi dalam peningkatan layanan produk, karena Baker percaya bahwa dengan menggelontorkan Dana yang tidak sedikit maka, apa yang didapatkan juga tidak sedikit pula. Satu hal yang dapat memastikan tetap berjalannya Ecolab Inc, adalah banyaknya sektor service yang mereka jalankan, Hal ini tentu saja bisa mengurangi resiko apabila terjadi penurunan pendapatan pada kuartal tertentu di salah satu sektor.

Douglas Baker juga dinilai sebagai orang yang sangat humble dan loyal terhadap pegawainya. Dia berpendapat bahwa “dunia ini tidaklah rata”. Jadi pada awal dia memulai karirnya dia sangat tidak pilih pilih pegawai. Contohnya adalah pegawai dari keturunan Amerika – Afrika (yang pada tahun tahun tersebut cukup deskriminasi). Salah satu faktor mengapa Baker menjadi pribadi yang demikian adalah Orang tua-nya. Orang tua-nya bahkan membuat lembaga khusus untuk menampung dan memberikan pelatahihan untuk para mantan napi. Satu hal yang dapat menjadi contoh dari Douglas Baker ini adalah jangan pernah takut mengambil resiko apapun, sekecil apapun pencapaian kita, kita wajib bersyukur dan terus berkembang dalam menjalankan bisnis.

-K1D

Sumber :

Steve Schaefer. (6 Mei 2015). “Global 2000: Hall Of Fame CEOs On Growth, Good Advice And The Next Decade” https://www.forbes.com/sites/steveschaefer/2015/05/06/global-2000-american-tower-gilead-ryanair-nrg-energy/#6ee80b3b2246 / (03 September 2017)

http://www.ecolab.com/about/leadership/douglas-m-baker-jr / (03 September 2017)

Dyan Machan. (7 Februari 2015). “Cleaning Up the Planet” http://www.barrons.com/articles/ceo-spotlight-doug-baker-of-ecolab-1423278923 / (03 September 2017)

1 Like