Dongeng rambu-rambu kehidupan

images (43)

Sang Pencipta mengumpulkan makhluk-makhluk ciptaanNya dan berkata, “Aku ingin menyembunyikan sesuatu dari manusia sampai mereka siap untuk itu. Dan hal itu merupakan kesadaran bahwa mereka sendirilah yang menciptakan realitas hidup masing-masing.”

Elang berkata, “Berikan kepada saya, saya akan terbang tinggi dan membawanya ke bulan.”
Sang Pencipta menjawab, “Tidak. Suatu hari mereka akan pergi ke sana dan menemukannya.”
Ikan Salmon berkata, “Aku akan menguburnya di dasar laut.”

“Tidak. Mereka juga akan pergi kesana.”
Kerbau berkata, “Aku akan menguburnya di dalam tanah.” Sang Pencipta kembali menjawab, “Mereka bahkan akan sanggup masuk ke dalam kulit bumi dan menemukannya di sana.”

Nenek Mole, yang tinggal jauh di dalam bumi, dan yang tidak memiliki mata sebagai indera penglihatan tetapi mampu melihat dengan mata rohaninya, berkata, “Masukkan ke dalam diri mereka.”
Sang Pencipta berkata, “Hal itu baru saja terlaksana.”

Hikmah yang bisa kita dapat dari dongeng di atas adalah, bahwa hidup itu bagaikan sebuah jalan, dimana ada begitu banyak rambu-rambu. Namun ketika kamu sedang melaluinya di dalam sebuah rutinitas, janganlah mempersulit pikiran sendiri. Jangan biarkan pikiran kamu terkubur oleh hal-hal negatif, tempatkanlah visi dan tujuan kamu dalam suatu realitas, dan wujudkanlah itu menjadi sebuah kenyataan. Bangun dan hiduplah.

Apa pesan moral dari kisah tersebut?

SUMBER :

Memang benar kalau kita mengikuti aturan yang telah dibuat, hidup akan menjadi mudah dan terhindar dari ancaman. Tapi orang bijak pernah mengatakan “Jika ingin berhasil tanpa ada tekanan dari pihak manapun, kamu terkadang harus melanggar aturan yang ada”. Karena dengan kita selalu mengikuti aturan yang ada, maka kita akan tertekan dan akan dikejar oleh aturan itu sendiri. Akhirnya, pemikiran dan motivasi yang ada di dalam diri kita belum bisa maju dan luas sebab adanya aturan yang mengikat dari awal yang telah menguasai diri dan pikiran.