DIY membuat Sugar Wax

image

Sugar wax merupakan sebuah teknik yang telah lama digunakan oleh orang Mesir kuno. Cara alami menghilangkan bulu ini menggunakan pasta gula yang terbuat dari madu, gula, dan air lemon.

Bahan-Bahan Sugar Wax:

  • 1/4 cup gula putih atau gula merah
  • 2 sdm air putih
  • 1 1/2 sdm air lemon
  • Garam (tidak wajib)

Bahan Lain yang Diperlukan:

  • Sehelai kain (kaos bekas, kain katun)
  • Spatula kecil untuk mengoleskan wax (bisa dari bekas pegangan es krim)

Langkah-langkah Membuat Sugar Wax:

  1. Campur seluruh bahan di wadah yang aman untuk diletakkan ke dalam microwave dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik.
  2. Aduk seluruh bahan hingga merata dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik lagi. Hati-hati saat mengaduknya karena panasnya campuran bahan-bahan ini.
  3. Keluarkan dari microwave dan biarkan hingga temperaturnya turun dan terasa tidak menyakitkan ketika dioleskan ke kulit.
  4. Kamu akan membutuhkan sehelai kain sebagai alat untuk mencabut bulumu. Jadi, gunakan kaos bekas yang tidak terpakai, atau sehelai kain katun.
  5. Oleskan wax secara tipis ke area yang diinginkan (catatan: hindari pemakaian di wajah) dan aplikasikan searah dengan arah tumbuhnya rambut. Setelah itu, langsung letakkan sehelai kain ke atas wax yang telah dioleskan tadi.
  6. Tekan kain dengan lembut dan pastikan bahwa kain telah merekat ke wax. Angkat secara perlahan dan tarik secara cepat kain yang menempel dan berlawanan arah dengan arah tumbuhnya rambut.
  7. Bersihkan area dengan air saja dan kamu dapat menyimpan sisa wax di dalam kulkas. Untuk menggunakannya kembali, gunakan microwave atau kucurkan air panas di luar wadahnya hingga wax dapat dioleskan kembali.