[Diskusi TOGA] Dampak Herbisida Alami terhadap Tumbuh Kembang Tanaman TOGA

Dalam perawatan tanaman TOGA tentunya terserang oleh hama-hama baik dari serangga, jamur maupun gulma. Pada Gulma tentunya berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya tanaman TOGA karena tidak menyerap nutrisi dari media tanah yang ditanaminya.

Selain itu pula gulma gulma dapat menutupi berkas sinar matahari sehingga proses fotosintesis tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu diperlukan solusi berupa herbisida untuk membasmi gulma. Herbisida alami dapat berupa tanaman yang mengeluarkan zat alelopati seperti sukun atau pinus. Apakah dengan penanaman tanaman tersebut dapat mendukung tanaman TOGA tersebut?.

Mari diskusikan !!!

Saya rasa penanaman tanaman yang mengandung alelopati seperti sukun dan pinus tidak berpengaruh untuk menghalau gulma di sekitar tanaman TOGA karena jika dilihat dalam kehidupan nyata saja saya masih sering menemui rumput-rumputan di sekitar pohon sukun dan pinus. Kemungkinan herbisida alami yang terbuat dari pinus akan efektif jika diberikan dalam bentuk ekstrak daun pinus. Berikut ini adalah salah satu metode pembuatan ekstrak daun pinus untuk herbisida alami (Sumber: http://journal.unhas.ac.id/index.php/perennial/article/download/175/pdf )
image