Disaat kuliah lebih penting perbanyak pengalaman magang, lomba atau organisasi?

Menurut kalian disaat kuliah lebih penting perbanyak pengalaman magang, lomba atau organisasi?

Topik ini seru sekaliā€¦ menurut saya dari ketiga pilihan yang fisebutkan sama-sama penting dalam menunjang peningkatan kemampuan dan pengalaman bagi seseorang. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan yang besar. Sebagaian dari mereka ada yang terbelenggu dengan ketidakpercayaan diri sehingga menyebabkan penarikan diri dengan tidak mengikuti organisasi atau bahkan tidak ada kesempatan untuk magang.

Menurut saya pribadi yang lebih penting saat kuliah adalah magang. Karena dengan maganag mahasiswa secara langsung akan belajar dalam pengaplikasian materi perkuliahan dan real memahami di dunia kerja atau di lapangan. Selain belajar tentang pengorganisasian diri juga belajar tentang organisasi di luar diri misalnya lingkungan baru.

memang saat kuliah kita harus mencari pengalaman sebanyak mungkin, dan menurut saya pribadi saya lebih prefer ke magang. Kenapa? Karena dalam magang nanti kita akan merasakan real nya dunia kerja dan tentunya kita juga akan dapat pengalaman berorganisasi karena dalam dunia kerja kita harus dituntut bekerja secara tim, Jadi, otomotis kita akan mendapatkan pengalaman kerja dan organisasi. Kalau untuk lomba itu tergantung dari masing-masing individu, jika dia terbiasa mengikuti lomba maka akan prefer ke lomba tersebut. Akan tetapi ketiga hal tersebut sangat bagus untuk kita lakukan untuk menambah pengalaman.

Pertanyaan yang menarik nih kak @vivisabela99, terlebih bagi saya juga sedang mengenyam pendidikan tinggi nih. Jadi relate dengan kehidupan saya. Menurut saya, antara ketiga tersebut, semuanya penting dan dapat memberi banyak pengalaman juga. Kalau bisa ketiganya kenapa tidak? Kadang saya berpikir seperti itu karena sekarang masih kuliah, kenapa tidak dimanfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya? Ikut organisasi, magang dan voluntir di kala libur semester, ikut kepanitiaan juga. Saya sekarang juga sedang mengikuti magang, tergabung dalam organisasi, dan mengikuti kepanitiaan. Menurut saya, selagi masih bisa mengatur waktu dan mengerti prioritas pasti menghandle itu semua. Namun, semua kembali pada diri masing-masing ya. Saya mau membagi sedikit pengalaman untuk membagi waktu antara kuliah dan kegiatan diluar kuliah.

  1. Manajemen Waktu
    Tentu saja manajemen waktu sangat penting dalam hal ini. Ketika mengikuti banyak kegiatan, saya perlu untuk mengatur waktu sesuai dengan prioritas saya. Membuat jadwal selama satu minggu atau selama satu hari dapat membantu dalam mengatur jadwal saya, sehingga saya dapat menggunakan jadwal tersebut sebagai patokan.
  2. Skala Prioritas
    Ketika dihadapkan dalam berbagai kegiatan tersebut, perlu untuk membuat skala prioritas. Mana yang harus didahulukan dan mana yang tidak. Biasanya saya kalau urusan perkuliahan itu nomor satu, harus diprioritaskan menurut saya. Lalu, kegiatan lainnya menyesuaikan.

disaat kuliah merupakan masa dimana kita untuk mengembangkan sayap lebih lebar baik itu di minat maupun bakat. magang, lomba, maupun organisasi merupakan cara yang tepat untuk mengembangkan minat, bakat, dan koneksi. penting atau tidaknya itu tergantung kita memiliki bakat dan minat kita apa. jika memiliki minat bakat akan kompetisi ya bisa mengikuti lomba yang menunjang seperti karya tulis iilmiah, debat, maupun yang lannya dan harus berusaha untuk menjuarai-nya. jika memiliki bakat dalam leadership ya kembangkan lah di organisasi maupun di komunitas dengan menjadi ketua, sekretaris, bendahara, anggota maupun divisi lainnya., Magang merupakan hal wajib dilakukan sebelum lulus kuliah agar mengetahui bagaimana lingkungan kerja, tupoksi dari suatu jabatan itu apa, pergaulan di lingkungan kerja bagaimana, skills apa yang diperlukan untuk menunjang bidang yang diiginkan, dan kegiatan lainnya yang sekiranya membantu kita untuk mengembangkan minat, bakat, dan juga potensi diri.
namun dari semua kegiatan diatas yang paling penting adalah manajemen waktu yang baik ,tepat dan menjaga kesehatan untuk anak kuliah. dengan memiliki manajemen waktu yang baik, semua kegiatan akan mudah dilakukan dan terarah. salah satunya cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan time management yang baik adalah dengan membuat to-do-list, menyegerakan kegiatan yang penting dan dalam waktu dekat. menjaga kesehatan untuk performa yang baik dalam setiap kegiatan, ya walaupun sedikit susah untuk menjaga waktu tidur 8 jam dengan baik, tetapi bisa ditutupi dengan olahraga dan menjaga pola makan. terutama anak rantau yang semua kegiatan dilakukan sendiri, masak, mencuci, maupun pekerjaan rumah lainnya yang sangat memakan waktu. Tetapi semua itu dilakukan untuk mengembangkan diri menjadi prbadi yang lebih baik lagi.

Topik yang cukup oke untuk dibahas. Kalau menurut penilaian saya secara pribadi, semuanya memiliki keuntungan masing masing, semuanya juga memberikan dampak bagus kepada kita secara pribadi. Andai bisa dilakukan semuanya, kenapa tidak?. Namun, nyatanya melakukan semuanya tentu tidaklah mudah. Kita harus pandai dalam urusan membagi waktu antara kuliah sebagai yang utama, dan juga pengiringnya seperti magang, lomba atau organisasi. Namun apabila harus memilih, saya lebih memilih untuk memperbanyak pengalaman magang dibanding yang lain. Magang akan jauh lebih bermanfaat dalam dunia kerja dikemudian hari tentunya. Magang juga banyak manfaatnya seperti menambah pengalaman, menambah serta memperluas jaringan pertemanan dan juga relasi, dll. Dan tentunya, pengalaman magang akan lebih diperhitungkan didunia kerja. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kita dimasa mendatang.

Bagi individu yang berada dijenjang perkuliahan, pertanyaan ini kerap kali muncul yang tak jarang membuat mereka-mereka menjadi bimbang untuk memposisikan dirinya. Cukup sulit untuk memilih satu diantara tiga kegiatan penting bagi mahasiswa di atas, karena masing-masing memiliki porsi yang sama besarnya. Organisasi kita butuhkan untuk turut serta berperan aktif dalam kegiatan kampus. Lomba sendiri merupakan tempat dimana kita bisa mengekspresikan diri dan mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam suatu bidang jika dibandingkan dengan orang lain. Sehingga dengan mengiktui lomba, kita memiliki suatu pencapaian yang perannya adalah sebagai nilai tambah diri. Sedangkan magang merupakan kegiatan yang tak kalah pentingnya, dimana kita diperkenalkan dalam dunia kerja yang professional dan bisa mengimplementasikan secara langsung ilmi-ilmu yang telah kita pelajari di bangku perkuliahan. Dengan demikian dapat saya simpulkan bahwa ketiga kegiatan ini sifatnya penting, karena ketiganya sama-sama memberikan kita banyak pengalaman baru untuk mengembangkan diri dan memperluas relasi sebagai langkah awal sebelum nantinya kita benar-benar masuk dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk mengexplore diri sebanyak mungkin untuk mencoba berbagai kegiatan positif. Untuk dapat menjalankan ketiganya dengan seimbang, kita dituntut untuk memiliki time management yang baik, fokus terhadap apa yang sedang dilakukan, dan bertanggung jawab.

Menurut saya pribadi ketiga yang disebutkan sama pentingnya, tetapi saya pribadi lebih memilih organisasi dan magang untuk tingkat ahkir, mengapa begitu? karena dengan ber organisasi melatih softskill kita berkembang seperti public speaking dan lainnya juga membangun relasi dengan orang baru, dengan begitu memudahkan mendapatkan magang, dan dengan magang bisa langsung memiliki pengalaman kerja dengan menerapkan seluruh yang sudah didapat dalam perkuliahan juga ber-organisasi tersebut.