Dimanakan persebaran Bunga Bangkai Raksasa yang menjadi ikon nasional Indonesia?

bunga bangkai

Bunga ini merupakan bunga yang terkenal yang berasal dari indonesia. Dimanakah persebarannya dan apakah ada di negara lain selain Indonesia ?

Bunga bangkai raksasa yang juga dikenal dengan sebutan titan arum berasal dari Sumatera, Indonesia. Bunga yang dapat tumbuh hingga enam meter ini sering tertukar dengan bunga Rafflesia Arnoldi yang juga merupakan tanaman endemik Indonesia yang sama-sama berbau busuk.

Kini, bunga bangkai tak hanya dapat ditemui di Indonesia saja. Tak tanggung-tanggung, kita dapat menjumpai bunga berbau busuk ini di Dataran Amerika.

Trudy adalah salah satu bunga bangkai yang berhasil ditanam di Benua Amerika. Tepatnya di Taman Botani di University of California, Barkeley. Sejak ditanam pada tahun 2009 lalu, kuncup Amorphophallus Titanu**m ini akhirnya mekar pada Juli 2015. Sebagai tanaman langkah yang proses pertumbuhannya terbilang lama serta hanya mampu bertahan kurang lebih tiga hari sebelum akhirnya layu, tentu mekarnya Trudy berhasil menjadi daya tarik tersendiri lebih dari 2000 pengunjung disana.

Selain Trudy yang mulai di kembang biakkan di California, ternyata terdapat cerita unik lainnya dari sang bunga bangkai di tanah Nusantara. Sekitar empat tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 2013, Warjono dan Yunarsih menemukan tunas tumbuhan “aneh” di pekarangan rumahnya yang berada di Dusun Liyangan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.