Dimanakah tempat misteri di Depok?

Tempat dengan misteri-misteri yang terjadi di suatu tempat seringlah terjadi, entah karena hal mistis atau sesuatu. Lalu menurut anda, dimanakah tempat misteri di kota Depok?

Universitas Indonesia (UI)

  • Parkiran Stadion UI. Keangkeran parkiran stadion UI dituturkan oleh seorang satpam yang bertugas di Pusgiwa. Saat itu kebetulan saya sedang menjalankan suatu kepanitiaan dan harus berunding dengan satpam gara-gara masalah lokasi jelajah malam yang hendak saya jalankan itu. Satpam menolak lokasi pos sekitar parkiran stadion UI. Alasan ia menolak cukup sederhana. Menurutnya, di lokasi parkiran stadion UI itu angker. Belum lama ini, ada orang yang kesurupan di lokasi tersebut. Saya akhirnya menuruti sarannya karena tidak mau mengambil risiko jika tetap memaksakan pelaksanaan acara di tempat itu. Lokasi parkiran memang terkesan angker pada malam hari. Meskipun pada siang hari pohon-pohon besar di lokasi itu memberi kesan teduh, namun pada malam hari pohon-pohon besar berubah jadi menyeramkan seakan dihuni oleh berbagai makhluk gaib. Kadang-kadang kita bisa menemui orang yang pacaran di sekitar sini, andai mereka tahu seramnya tempat itu, mungkin tak akan berani berbuat macam-macam.
  • Gedung VI FIB UI. Gedung VI dipercaya angker oleh banyak orang. Memang jika dilihat secara kasat mata, tak ada yang istimewa dari gedung ini. Bahkan, gedung ini sama sekali tak memiliki kesan angker. Namun, berbeda dengan apa yang dituturkan oleh satpam di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ini. Ia pernah mengalami kejadian aneh di lokasi ini. Katanya, pada suatu malam ia pernah melihat meja-meja bergerak sendiri saat mengintip bagian dalam ruangan dari pintu kaca gedung ini. Sejak saat itu, satpam kerap enggan berlama-lama ketika berkeliling jaga malam di sekitar gedung ini. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, penulis tidak pernah mengalami kejadian aneh di gedung ini meskipun kerap latihan teater hingga tengah malam.
  • Ruang Gamelan. Ruang gamelan yang berada di gedung IX FIB-UI juga cukup angker. Kali ini cerita dituturkan oleh pak Edi, seorang penjaga ruang gamelan. Ia menjelaskan bahwa pada waktu-waktu tertentu, gong yang terdapat di ruangan ini kerap berbunyi sendiri. Tidak jelas siapa yang memulkulnya. Ia bercerita panjang lebar tentang kejadian-kejadian aneh lainnya. Pada sekitar tahun 2011, gamelan di sini sedang menjalani proses perawatan. Beberapa orang menginap di tempat ini. Pada saat itu ada salah seorang tukang pelaras gamelan yang melihat penampakan wanita yang duduk di sudut ruang ini. Sosok tersebut cukup menakutkan hingga membuatnya tidak bisa tidur. Ruang gamelan turut berhubungan dengan ruang backstage auditorium. Konon, lokasi tersebut dihuni oleh nenek yang sering menampakan diri. Belum lama ini usut punya usut ada salah seorang mahasiswa yang terjatuh dari atas langit-langit auditorium ketika hendak memasang banner. Ia sempat di rawat di rumah sakit karena perkara itu. Menurut penuturan beberapa orang, ia melihat sosok wanita tua yang membuatnya kaget hingga akhirnya terjatuh sekitar 7 meter.
  • Jembatan Penyebrangan di Gerbang Utama. Lokasi ini terletak di dekat pintu utama kampus UI. Jembatan penyebrangan ini menghubungkan sisi kampus dengan sisi sebrangnya yang melintas di atas jalan raya Depok-Pasar Minggu dan rel kereta Jakarta-Bogor. Keangkeran lokasi ini hingga sempat membuatnya masuk di acara Mister Tukul Jalan-jalan di Trans 7. Keangkeran tempat ini dipaparkan oleh salah seorang tukang ojek yang biasa mangkal di bawah jembatan. Menurutnya, diatas jembatan itu kerap muncul penampakan makhluk gaib pada tengah malam. Dalam acara Mister Tukul Jalan-jalan, dijelaskan pula bahwa keangkeran tempat itu disebabkan sering terjadinya peristiwa kecelakaan di sekitar perlintasan kereta itu. Faktanya, memang sudah berkali-kali terjadi kecelakaan di lokasi itu. Nah, rekaman peristiwa-peristiwa kecelakaan itulah yang membuat tempat ini jadi angker.
  • dan lain sebagainya

baca artikel